CV-GEN News

5 Fakta Unik di Jerman Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Cek!

Jerman adalah negara yang identik dengan perkembangan teknologi, klub sepak bola dan pendidikannya. Negara ini menjadi salah satu tujuan TKI yang merantau ke mancanegera. Jerman semakin santer didengar setelah beberapa orang Indonesia yang menetap di sana ramai menjadi obrolan di sosial media. Salah satunya adalah bunda Corla yang sangat populer di IG. Yuk, ketahui beberapa fakta unik di Jerman yang mungkin belum Anda ketahui.

Dari segi perekonomian, pada 2021 lalu Jerman menempatk posisi ke-20 sebagai negara terkaya di dunia. Disana bisnis berjalan dengan sangat dinamis dan mampu memberikan gaji layak kepada para pekerja.

Salah satu fakta unik di Jerman adalah Ferienjob untuk para pelajar. Mulai dari 15 tahun, anak-anak sudah bisa mengambil pekerjaan selama musim panas atau liburan.

Ferienjob ini terbuka lebar untuk umum, sehingga pelajar dari Indonesia bisa ikut serta. Apabila merasa tertarik mengikuti, maka bisa menyimak informasi seputar lowongan pekerjaan, syarat pendaftaran, tata cara melamar dan sebagainya di Ferienjobs CV-GEN.

Selain itu, masih ada beberapa fakta unik lainnya tentang Jerman seperti berikut ini.

Berbagai Fakta Unik dan Menarik Tentang Jerman

fakta unik di jerman

1. Angin Luar Adalah Musuh Besar

Orang Jerman memiliki hubungan yang cukup rumit dengan angin. Mereka terbiasa membuka jendela rumah meskipun suhu di luar pada saat itu kurang dari 0 derajat celcius. Alasannya adalah ingin memperoleh udara segar.

Namun, jika ada angin yang masuk kedalam rumah dianggap sebagai sesuatu berbahaya. Orang Jerman menyebutnya sebagai Durchzug.

Durchzug berarti ketika ada angin yang masuk melalui salah satu dari dua jendela di rumah dan keluar lewat jendela lain. Yaitu jendela yang posisinya saling berhadapan satu sama lain.

Ketika ada angin yang masuk mereka menganggap sebagai sesuatu mengkhawatirkan. Sebab, angin tadi bisa menyebabkan pneumonia, pilek atau bahkan leher kaku.

2. Tidak Ada Pembatasan Kecepatan

Setelah menetap di Jerman selama beberapa hari, Anda pasti akan segera menyadari fakta tentang kecepatan masyarakatnya dalam berkendara.

Di autobahn atau jalan bebas hambatan tidak ada yang namanya batas kecepatan berkendara. Jika ada pihak yang memberlakukan pembatasan kecepatan, maka segera mendapat kritik lantang. Menurut statistik yang ada, 60% kecelakaan yang berakhir dengan kematian tidak terjadi di Autobahn. Melainkan di jalan-jalan biasa yang menerapkan batas kecepatan.

3. Segala Sesuatu Membutuhkan Dokumen Kertas

Menurut data statistik pada tahun 2018 lalu, setiap orang di Jerman rata-rata menggunakan 241,7% kg kertas. Sehingga, membuat Jerman masuk sebagai salah satu pengguna kertas terbesar di dunia.
Ketika Anda berniat untuk bekerja atau menempuh pendidikan di Jerman, maka bersiaplah menulis surat keterangan untuk sebagian besar kepentingan.

4. Kerja Tidak Lebih Dari Kerja

Orang Jerman terbiasa untuk tidak mengobrol hal lain di luar pekerjaan ketika sedang bekerja. Di tempat kerja mereka adalah orang-orang yang bertanggungjawab terhadap tugasnya dan menjadi hal tabu membicarakan kehidupan pribadi.

Kalaupun ada mungkin hanya sebagian kecil saja. Mungkin berbeda ketika Anda bertemu sesama perantau, mereka akan dengan senang hati untuk mengobrol hal lain selain pekerjaan.

Jadi, Anda tidak boleh kaget jika sesama karyawan hanya mengobrol seperlunya dan itupun tentang pekerjaan.

5. Hari Minggu Sangatlah Sakral

Satu hal menarik dari Jerman adalah ketika masuk hari Minggu. Sebagian besar masyarakat memutuskan untuk berhenti sejenak dari aktivitas yang berbau bisnis dan menghasilkan uang, mereka lebih menyukai untuk bersantai.

Bisa di katakan sakral karena banyak toko yang tutup setiap hari Minggu. Kecuali kafe dan restoran yang mungkin masih buka. Namun, secara keseluruhan aktivitasnya berhenti sementara selama hari Minggu.

Semua sektor kehidupan berjalan cukup lambat, bahkan di kota Berlin sekalipun yang terkenal dengan kesibukan aktivitasnya. Hari Minggu benar-benar di jadikan waktu untuk istirahat oleh masyarakat Jerman.

Itu tadi adalah pembahasan mengenai lima fakta unik di Jerman yang mungkin belum Anda tahu. Informasi semacam ini penting untuk diketahui, supaya tidak terlalu kaget setelah menetap di sana.

Buat kamu yang tertarik untuk bekerja di Jerman ataupun kuliah di sana, kamu bisa mencoba melihat lowongan dan membuat CV yang relevan di CV-GEN atau bisa akses alamat www.cv-gen.com.