CV-GEN News

Membandingkan Hak Menjadi Pembantu di Jerman dan Manajer di Indonesia

Membandingkan Hak Menjadi Pembantu di Jerman dan Manajer di Indonesia

Membandingkan Hak Menjadi Pembantu di Jerman dan Manajer di Indonesia. Haruskah ada perbandingan perbandingan seperti ini? Artikel ini terinspirasi oleh tidak sedikitnya adik adik kita dari Indonesia yang memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan dan atau pelatihan ke Jerman. Namun memutuskan untuk tidak melanjutkan. Melepas semua pengorbanan pengorbanan, baik dari segi waktu, biaya, emosi, dan masih banyak lagi, karena merasa sulit beradaptasi ketika sudah di Jerman.

Apa Saja Hak Hak Seorang Pembantu di Jerman?

Dari pengalaman saya, satu kata jika ingin menggambarkan hak setiap manusia yang hidup di Jerman. SETARA. Dari segi hak hak dasar hidup dari negara, cenderung adil dan merata, untuk setiap manusia yang hidup di Jerman (baik merupakan warga negara Jerman maupun orang asing). Baiklah, perlakuan perlakuan individu saat bersosialisasi dan mencoba membaur dengan masyarakat kita kesampingkan dulu. Itu lain cerita.

secara garis besar, perlakuan hukum terhadap warga negara maupun pendatang di Jerman adalah sama. Nah, hak hak apa saja kah itu jika menjadi pembantu di Jerman?

  • Hak untuk hidup layak (Baik dari segi gaji, tunjangan, dll)
  • Hak mendapatkan layanan kesehatan gratis
  • Hak mendapatkan layanan pendidikan gratis
  • Hak mendapatkan akses ke tempat tempat umum
  • Hak mendapatkan layanan yang merata oleh negara. regardless warga negara, ras, dan agama.
  • Dan masih banyak lagi….

Apa Saja Hak Hak Seorang Manajer di Indonesia?

Jangan kaget, semua hak untuk pembantu juga sama untuk seorang manajer. Dan, dari segi penyebutan, di Jerman, istilah pembantu, house assistant, jarang sekali digunakan.

Sesulit Apa Beradaptasi di Jerman Bagi Orang Indonesia?

Membanding Jerman dengan negara negara lain, seperti Timur tengah, Malaysia, Brunei, Cina, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Jerman merupakan negara tujuan yang paling recommended untuk berkarir dan melanjutkan pendidikan. Mengapa?

  1. Isu perbudakan dan pelanggaran HAM terhadap orang asing hampir tidak pernah terdengar atau menjadi isu konflik ke dua negara (Indonesia dan Jerman)
  2. Fasilitas pendidikan gratis bukan hanya berlaku bagi Warga Negara sendiri.Pun juga bagi orang asing di Jerman
  3. Hak hak sebagai pekerja dan pelajar di Jerman sebagai orang asing cenderung sama dengan hak hak yang orang Jerman sendiri di negaranya.

Lalu? Apa yang terasa sulit bagi orang Indonesia ketika di Jerman?

  1. Homesick
  2. Merasa gagal ketika tidak mengerti bahasa. Jadi baperan
  3. Homesick lagi
  4. Merasa dicuekin. Baper
  5. Terus homesick lagi
  6. Dan begitu seterusnya…

Isu sebagai orang Indonesia di Jerman, selalu di seputaran isu ini. Bukan isu karena perlakuan ekstrim perbudakan.

Sesulit Apa Bekerja di Indonesia?

Satu hal paling crucial sebelum bertanya tentang sesulit apa bekerja di Indonesia. Adalah pertanyaan sesulit apa mencari kerja di Indonesia. Perbandingannya Jerman dan Indonesia dalam hal mencari pekerjaan:

  • Pemerintah Jerman memiliki satu badan khusus yang membantu dan memastikan usia produktif di Jerman memiliki pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Namanya arbeitsagentur/arbeitsamt
  • Pemerintah Indonesia memungut bayaran kalau ada warga negara produktifnya ingin bekerja layak. Sumbernya silahkan searching internet bagaimana PJTKI memproses kandidat kandidatnya
  • Pemerintah Jerman secara sistematis dan terorganisir bertanggungjawab memastikan lingkungan kerja aman bagi siapa saja
  • Pemerintah Indonesia menganggap sepele setiap pengaduan. Sumbernya? Tidak perlu jauh jauh mencari nasib orang lain di internet. Jika tinggal di Indonesia, silahkan lihat ke sekeliling di lingkungan tempat kerja, lihat sendiri ke situasi bekerja.
  • Dari segi gaji.

Kesimpulannya, Lebih Terjamin Mana, Menjadi Pembantu di Jerman atau Menjadi Manajer di Indonesia?

Percakapan online berikut semoga dapat menjadi kesimpulan tulisan ini.

Kesimpulannya, Lebih Terjamin Mana, Menjadi Pembantu di Jerman atau Menjadi Manajer di Indonesia?
Kendala orang Indonesia di Jerman

Komentar yang bisa penulis berikan:

Pertimbangan Logis

you are strong kak.. sy tdk bs bantu banyak tntg perasaan, tp tntg pertimbangan2 logis berikut, semoga bs beri kekuatan bg kakak..

1. sbg Auslander/orang asing di Jerman, hak hak kita di sini terlindungi negara. Dibandingkan d negara sendiri, harus diakui di Jerman lbh fair dan adil dalam banyak hal.

2. Tentu saja penghasilan, gaya hidup, mental, dan gaji juga harus diakui jauh lebih berkualitas di Jerman.

3. Ibaratnya hak cleaning service di Jerman bahkan masih lebih mewah dibanding hak manajer di Indonesia, baik dr sisi claim pajak, fasilitas kesehatan, pendidikan, transportasi umum, jaminan hari tua, dan masih banyak lagi…

4. Dari segi birokrasi pun, di Jerman jelas aturannya, gk banyak drama (paling yaah since corona they took longer time processing things. kita sbg auslander hargai sj lah standar mereka). Kelebihannya birokrasi Jerman adalah, selama kita komunikatif dan update info, keep asking politely, selalu dikasih jalan keluar kok. Beda dgn Indonesia, dalam pengalaman saya, yg penerapan birokrasi tidak bisa ditebak, banyak celah, dan seringkali menguras keringat air mata biaya dan ujung2nya kita stucked bingung tanpa solusi.

5. Jerman termasuk salah satu negara paling berpengaruh di EU, yang friendly dgn auslander, dibanding dgn negara2 EU lainnya. Baik dr sisi proses buat dapetin permanent resident, pindah kewarganegaraan, hak hak pajak, dan masih banyak lagi..

Kita sbg org Indonesia mmg suka gak enakan, misal merasa gk ngerti bahasa mereka terus merasa kita gk ngerjain jobdesc. kita dengan benar dan down. It’s ok kak. di Indonesia jg seringkali sbg anak baru, kita gugup gk karuan. But perfection takes time

Kakak sudah sampai di sini. Bahkan bs langsung Ausbildung. Gut gemacht banget. Saran2 lain di komen di atas bisa diikutin ut sempurnakan bahasanya. Gabung komunitas2 positif dan membangun… 😉

You can do it… 👍

Pembantu di Jerman

Ingin rasanya highlight hal berikut bahwa, istilah pembantu tidak lumrah di Jerman. Jerman memiliki system terstruktur untuk memberikan pelatihan bagi mereka yang memiliki passion di bidang pelayanan, gastronomi, hotel, customer service, restaurant, food and beverage, kitchen, dan sejenisnya.

Contoh seperti program Au Pair, yang oleh banyak negara lainnya adalah sama sebagai ‘pembantu’. In real, hak dan pekerjaan Au Pair benar benar terjaga terlindungi oleh negara, terikat kuat oleh kontrak, dan sangat beradab dan manusiawi.

Apa Yang Harus Saya Lakukan Sebagai Orang Indonesia Yang Hendak ke Jerman

Penulis susun berdasarkan prioritas:

  • Bahasa Jerman
  • Skill, pengalaman kerja, yang masuk highlight di Resume/CV
  • Menjadi bagian dari komunitas komunitas positif orang Indonesia di Jerman

More info? kita siap membantu. Semua informasi dan belajar bahasa jerman kita sediakan gratis loh…