CV-GEN News

Menarik! 4 Fakta Bekerja di Kapal Pesiar Yang Perlu Diketahui

Fakta bekerja di kapal pesiar – Kapal pesiar adalah akomodasi pariwisata yang semakin di gemari oleh turis dari berbagai dunia. Tidak sedikit orang yang menyebut kapal pesiar sama seperti kota terapung atau hotel di atas kapal. Hal itu tidak berlebihan, karena memang fasilitas yang di hadirkan sangatlah lengkap. Di balik pelayanannya yang memuaskan, tentu ada peran dari para awak kapal.

Mengingat ada berbagai macam bidang pelayanan kapal pesiar, lowongan pekerjaan di sini juga sangatlah beragam. Meliputi banyak bidang, mulai dari yang ringan seperti tenaga pembersih sampai bidang khusus seperti tenaga medis.

Awak kapal yang di butuhkan oleh perusahaan kapal pesiar sangatlah banyak. Kira-kira Anda sudah tahu belum beberapa fakta tentang bekerja di kapal pesiar? Kalau belum paham, simak artikel di bawah ini.

Bekerja di Kapal Pesiar Berbeda dengan Pelayaran

Karena sama-sama bekerja di atas kapal, sebagian besar orang menganggap bahwa awak kapal pesiar itu sama seperti pelayaran. Padahal, kedua bidang ini sangat berbeda. Anda perlu memahami hal ini jika tertarik untuk bergabung ke awak kapal pesiar.

Ketika bekerja di Pelayaran, berarti seseorang menjadi karyawan di kapal-kapal perniagaan. Sementara itu, kapal pesiar merupakan sebuah akomodasi pariwisata. Tugas seorang karyawan adalah melayani para tamu yang datang layaknya di hotel.

Bagaimana, sekarang Anda sudah paham bukan bahwa kapal pesiar itu lebih ke bidang pariwisata sedangkan pelayaran identik dengan perniagaan.

Peluang Besar Untuk Karyawan Negara Berkembang

Perusahaan kapal pesiar menyukai calon karyawan yang berasal dari negara berkembang. Pasalnya, mereka bisa di gaji dengan nominal yang relatif lebih terjangkau. Sehingga biaya operasional di sisi pengelola semakin kecil.

Inilah kesempatan yang di miliki oleh masyarakat di Indonesia, Myanmar, Filipina dan Thailand. Mereka berpeluang untuk berkarir di kapal pesiar dengan ketersediaan lowongan dalam jumlah besar.
Kapal pesiar sendiri akan mengangkut turis-turis dari berbagai belahan dunia. Tentu mereka membutuhkan tenaga pelayan untuk berbagai bidang.

Ada banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa Anda lamar. Baik itu tenaga kebersihan, asisten chef, chef utama, tenaga kesehatan, hiburan dan lain-lain. Apabila mengambil karyawan dari negara Eropa, pihak kapal pesiar harus membayar mahal.

Potensi Gaji Yang Besar Bahkan Untuk Pemula

Anda pasti sudah sering mendengar bahwasannya gaji karyawan di bidang pelayaran itu menjanjikan. Hal ini ternyata juga berlaku ketika Anda bekerja sebagai awak kapal pesiar.

Meskipun sebelumnya di katakan gaji karyawan dari negara berkembang lebih murah dari karyawan Eropa, namun masih tergolong besar, lho!

Sebagai tanda kontrak pertama, seorang karyawan akan di beri gaji sekitar $700-$900. Untuk kontrak selanjutnya tentu bernilai lebih besar.

Silakan Anda hitung sendiri dengan kurs dollar saat ini yang menyentuh angka Rp. 14.000 lebih. Jika bekerja di perkantoran, itu sebanding dengan gaji manager.

Kesempatan Terbuka Lebar Bagi Lulusan Perhotelan

Teruntuk Anda yang ingin bekerja di kapal pesiar, kesempatan terbuka lebar bagi mereka alumni perhotelan. Tenaga kerja di bidang ini sangatlah di butuhkan oleh setiap kapal pesiar.

Hal itu tidak mengherankan, karena memang julukan kapal pesiar adalah hotel terapung. Sistem pelayanan yang mereka hadirkan sama seperti di hotel.

Selain menempuh pendidikan di bidang perhotelan, apabila Anda memiliki pengalaman bekerja di hotel berbintang maka lebih baik. Kesempatan bekerja di kapal pesiar semakin terbuka lebar.

Dari sekian banyak lowongan yang di buka oleh perusahaan kapal pesiar, paling banyak membutuhkan orang yang memiliki kompetensi di bidang perhotelan.