CV-GEN News

Ini Dia 4 Bidang Pekerjaan di Kapal Pesiar Yang Harus Diketahui

Memiliki pekerjaan dengan benefit yang menjanjikan tentu menjadi impian banyak orang. Terlebih lagi pekerjaan tersebut memberikan pengalaman menarik, dengan lingkup kerja bertaraf internasional. Itulah salah satu alasan mengapa bekerja di kapal pesiar senantiasa di minati oleh banyak orang. Sudah tahu belum beberapa bidang pekerjaan di kapal pesiar?

Sebagai akomodasi liburan para turis, kapal pesiar memiliki banyak bidang pelayanan. Ini di kenal juga dengan istilah hotel terapung tempat berlibur bagi banyak orang. Sehingga wajar apabila karyawan yang di butuhkan sangat banyak.

Bekerja di kapal pesiar memang tampak menyenangkan, karena bisa berkeliling dunia secara gratis. Namun sebelum itu, beberapa bidang pekerjaan di kapal pesiar perlu diketahui supaya tidak bingung harus mendaftarkan diri kemana.

Berbagai Bidang Pekerjaan di Kapal Pesiar

bidang pekerjaan di kapal pesiar

1. Pelayan Kabin

Pelayan kabin bertanggungjawab terhadap kebersihan kabin tamu dan area umum di kapal pesiar. Ia berada di bawah naungan departemen housekeeping and communication.

Selain bertugas membersihkan area di kapal pesiar, pelayan kabin biasanya juga di tugaskan untuk melayani laundry ketika ada tamu yang meminta bantuan.

Pengalaman sangatlah di butuhkan oleh pelayan kabin, sekaligus skill berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Keseharian Cabin Attendant atau Cabin Steward bertanggungjawab langsung kepada Housekeeper Assistant Housekeeper.

Bicara soal gaji per bulan, pendapatan pelayan kabin sekitar US$1800- US$ 2200 ( Rp. 26 juta – Rp. 31 juta).

2. Pelayan Bar

Pelayan bar bertugas untuk menyajikan minuman sekaligus berkoordinasi dengan pengawas bar. Ini berada di bawah naungan departemen food and beverage.

Banyak orang yang bilang profesi ini cukup menyenangkan. Selain itu, pelayan bar juga di beri gaji lumayan besar sekitar US$ 1800 – US$ 2800 ( Rp. 26 juta – Rp. 40 jutaan).

Pelayan bar yang bekerja dengan baik juga berkesempatan mendapat tip lumayan besar. Bonus seperti ini bisa di berikan oleh para tamu kapal pesiar.

3. Manajer Restoran

Masih berada di satu depertamen yang sama seperti pelayan bar, manajer restoran merupakan bagian dari food and beverage. Mereka bertugas mengendalikan operasional restoran, sekaligus berkoordinasi dengan hotel manager atau general manager kapal pesiar.

Agar bisa menjadi seorang manajer restoran, Anda perlu memiliki pengalaman terlebih dahulu yang cukup lama di bidang restoran.

Jika di lihat lebih spesifik lagi, manager kapal pesiar melayani dan bertanggung jawab terhadap seluruh aktifitas di restoran tematik, ruang makan dan seluruh outlet makan di kapal pesiar. Bahkan ia juga bertugas untuk mengatur meja makan penumpang.

Manager restoran bisa di bilang menjadi posisi yang memiliki tugas sangat kompleks. Sebab, ia juga bertanggungjawab untuk mengatur jadwal libur dan kerja karyawan restoran.

Mengawasi latihan juga menjadi jobdesk manager restoran. Pelatihan ini mencakup aspek pendidikan menu, pelayanan dan attitude.

Ia juga bertugas memastikan persediaan dan mencatat inventaris seluruh perlengkapan yang di butuhkan oleh restoran kapal pesiar.

4. Life Guard

Profesi di kapal pesiar selanjutnya adalah Life Guard. Ia bertugas untuk memantau dan mengawasi para tamu kapal pesiar yang berada di area aquatic dan kolam renang. Life Guard akan menolong dan membantu tamu yang membutuhkan bantuan ketika bermain di kolam. Tenaga mereka dibutuhkan karena di sekitar kolam renang banyak hal buruk yang memungkinkan terjadi.

Demikianlah pembahasan mengenai empat bidang pekerjaan di kapal pesiar secara umum. Setelah memahami beberapa lowongan pekerjaan yang bisa Anda lamar, sehingga lebih mudah untuk menentukan pilihan dan melamar kerja di kapal pesiar.

Tertarik dengan informasi seputar kapal pesiar lain? Kalau begitu, silahkan berkunjung ke cv-gen.com. Anda bisa menemukan artikel yang mengulas tentang karir dan bagaimana mengembangkannya seiring berjalannya waktu.