CV-GEN News

Mengintip Uniknya Tren Kapal Pesiar 2023

Berwisata dengan kapal pesiar selalu menjadi momen menarik bagi setiap orang yang berkesempatan merasakannya. Bahkan, kapal pesiar kini tak lagi identik dengan wisata yang hanya cocok bagi segelintir orang. Pandemi Covid-19 dan tren kapal pesiar 2023 telah mengubah pandangan tentang wisata kapal mewah tersebut. Sehingga makin banyak orang yang dapat menikmati serunya berlayar dengan kapal pesiar.

Apakah Anda berencana menghabiskan waktu liburan dengan naik kapal pesiar tahun depan? Jika iya, maka ulasan tentang tren kapal pesiar 2023 berikut ini tentu bermanfaat bagi Anda.

Permintaan Tinggi untuk Mengunjungi Destinasi Favorit

2 kapal pesiar marina bay sands singapura
Sumber: Focus Gaming News

Pandemi yang terjadi sejak awal tahun 2020 sangat mempengaruhi perkembangan sektor pariwisata dunia. Ketika pandemi mulai reda dan berubah menjadi endemi, minat masyarakat terhadap pariwisata mulai meningkat. Bahkan, tren kapal pesiar 2023 memprediksi bahwa sejumlah calon penumpang kapal pesiar mengajukan permintaan untuk mengunjungi berbagai destinasi favorit (bucket list) yang belum pernah ada dalam rute-rute sebelumnya. Sensasi mengunjungi destinasi impian sambil naik kapal pesiar diyakini memberikan pengalaman liburan yang istimewa dan tak terlupakan.

Fokus terhadap Isu Lingkungan Hidup

Ternyata tren kapal pesiar 2023 juga mencakup isu lingkungan hidup serta penerapan konsep Environmental, Social, dan Governance (ESG) dalam menjalankan bisnis. Pengelola kapal pesiar tidak hanya fokus pada destinasi liburan yang disukai wisatawan, melainkan juga inovasi yang penting untuk menjaga kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, pengelola kapal pesiar senantiasa berusaha menghadirkan teknologi terbaru yang ramah lingkungan dan futuristik demi meminimalkan risiko kerusakan alam akibat bisnis di sektor pariwisata tersebut.

Fasilitas Kesehatan di Kapal Pesiar Terus Berkembang

3 dek kapal pesiar megah luas
Sumber: Travel Agent Central

Sama seperti sektor lainnya, sektor pariwisata juga mengalami banyak perubahan pasca pandemi. Tren kapal pesiar 2023 akan fokus terhadap peningkatan fasilitas kesehatan dari segi kualitas maupun kuantitas. Pihak pengelola kapal pesiar mengaku makin menyadari pentingnya kesehatan wisatawan selama maupun setelah menikmati pengalaman berwisata via jalur laut. Kesadaran tersebut memicu banyak perubahan positif di kapal pesiar, mulai dari area lebih luas untuk membuat wisatawan nyaman sekaligus meminimalkan kerumunan hingga pengalaman kuliner yang lebih higienis dan sehat.

Kesan Formal Mulai Berganti dengan Prioritas Kenyamanan

Dahulu, wisata kapal pesiar identik dengan tamu-tamu yang berkelas dan berpakaian mewah. Namun, tren kapal pesiar 2023 mulai mengubah hal tersebut. Wisatawan kelas atas justru lebih menyukai kenyamanan dengan gaya pakaian lebih santai sepanjang hari. Fenomena tersebut juga membuat sejumlah kapal pesiar berukuran kecil terkesan lebih eksklusif karena tetap mempertahankan kemewahan fasilitas sekaligus memfasilitasi wisatawan dengan keleluasaan gaya berpakaian. Kenyamanan wisatawan tak akan berkurang hanya karena kewajiban mengenakan pakaian formal.

Ketersediaan Fasilitas yang Semakin Lengkap

4 restoran di kapal pesiar
Sumber: Luxuo

Wisatawan modern kini semakin memprioritaskan kepraktisan saat menyusun rencana liburan. Hal tersebut tentu sangat mempengaruhi tren kapal pesiar 2023 yang membuat paket perjalanan wisata super lengkap (inclusive everything). Para wisatawan dapat memperoleh fasilitas lengkap mulai dari internet gratis, fasilitas hiburan anak-anak, sajian kopi berkualitas sepuasnya, hingga tiket pesawat untuk perjalanan pergi dan pulang sewaktu memesan paket wisata kapal pesiar. Kemajuan ini jelas membuat wisata kapal pesiar semakin membuat banyak wisatawan penasaran ingin mencobanya.

Semoga tren wisata laut tersebut membuat Anda berkesempatan merasakan pengalaman liburan mewah yang terasa sempurna. Yuk, cari dulu wisata kapal pesiar ke destinasi favorit Anda dan bersiaplah menikmati sensasi liburan terbaik tahun depan.