CV-GEN News

Transportasi Umum Jerman untuk Dukung Mobilitas Masyarakat

Banyak indikator yang digunakan untuk menentukan kemajuan suatu negara, salah satunya yaitu transportasi umum. Perkembangan moda transportasi umum sangat penting untuk mendukung mobilitas masyarakat tanpa menyebabkan kemacetan lalu lintas. Transportasi umum Jerman menjadi salah satu teladan bagi negara-negara lain karena sistemnya sangat efisien.

Penasaran dengan transportasi umum Jerman yang selalu jadi andalan masyarakat lokal maupun wisatawan? Inilah ulasan selengkapnya!

Kereta

2 kereta transportasi umum Jerman
Sumber: Euractiv

Transportasi umum Jerman yang satu ini memiliki rute paling lengkap dan paling sering digunakan. Klasifikasi kereta Jerman berdasarkan lokasinya adalah sebagai berikut:

  • Untergrundbahn (U-bahn): kereta bawah tanah yang memiliki rute keberangkatan setiap 5 menit sekali pada jam ramai dan 10 menit sekali pada jam normal.
  • Stammstrecke bahn (S-bahn): kereta atas tanah yang menghubungkan bagian dalam kota maupun luar kota (suburban). Cakupan area kereta ini jauh lebih besar daripada tram atau bus karena membuat pusat kota tersambung dengan daerah pinggiran yang agak terpencil.
  • Tram: kereta listrik pada bagian jalan raya kota yang memiliki rute keberangkatan setiap 10 menit sekali.

Semakin besar suatu kota Jerman, maka semakin lengkap pula jenis keretanya, misalnya Berlin dan Munich memiliki u-bahn, s-bahn, dan tram. Selain luas kota, pengadaan jenis transportasi umum pada negara industri tersebut juga bergantung dengan topografi wilayah. Misalnya, kota Aachen hanya memiliki moda transportasi bus karena kontur tanahnya tidak rata.

Bus

3 bus Jerman
Sumber: Sustainable Bus

Biasanya transportasi umum Jerman ini menjadi andalan para pelajar atau masyarakat lokal yang ingin bepergian dengan jarak tempuh dekat. Bus juga sangat disukai karena dapat menjangkau kawasan yang tidak memiliki rute kereta api. Dengan kata lain, jangkauan bus Jerman mampu mencapai pelosok kota-kota kecil.

Taksi

4 taksi Jerman
Sumber: Secret Classics

Masyarakat lokal sebenarnya sangat jarang menggunakan transportasi umum Jerman yang satu ini. Sebab fasilitas transportasi umum massal lainnya sudah sangat lengkap dan mencakup mayoritas kebutuhan mobilitas, baik untuk bekerja maupun aktivitas lainnya. Kendati demikian, taksi adalah transportasi alternatif yang cocok ketika Anda membawa banyak barang dan hendak bepergian ke tempat yang jauh dari jangkauan moda transportasi umum.

Sepeda

5 naik sepeda
Sumber: Nomad And In Love

Mayoritas masyarakat Indonesia menganggap sepeda adalah alat transportasi yang ketinggalan zaman. Namun, tidak demikian halnya dengan Jerman. Sepeda justru menjadi salah satu primadona transportasi umum Jerman. Banyak sekali tempat penyewaan sepeda yang bisa diakses secara mudah. Jika sedang ingin bepergian dengan jarak dekat dan tidak sempat menunggu kereta atau bus, naik sepeda bisa menjadi opsi yang paling efektif. Kondisi udara Jerman yang bersih tentu membuat Anda tak perlu ragu mengendarai sepeda ketika bepergian. Jangan lupa untuk selalu berada pada jalur khusus sepeda dan memarkirkannya pada tempat yang tepat agar tidak mengganggu ketertiban.

Mobil Umum (Car Sharing)

6 Car Sharing di Jerman
Sumber: China Daily – Global Edition

Fasilitas car sharing ala Jerman ternyata makin populer dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Para pengguna moda transportasi ini mayoritas tidak memiliki mobil pribadi. Mereka memilih untuk menyewa mobil umum lalu mengambil dan mengembalikannya pada stasiun khusus sesuai ketentuan perusahaan car sharing. Sayangnya, jumlah mobil listrik pada moda transportasi ini masih sangat minim. Pemerintah maupun perusahaan Jerman penyedia layanan car sharing berencana menghadirkan lebih banyak mobil listrik untuk meminimalkan dampak buruk terhadap lingkungan pada masa mendatang.

Jerman akan membuat Anda lebih terbiasa menggunakan moda transportasi umum. Tak hanya lebih hemat, penggunaan transportasi umum juga baik untuk mengurangi risiko pencemaran lingkungan akibat residu kendaraan bermotor.