CV-GEN News

Persiapan Magang di Luar Negeri untuk Menambah Pengalaman Kerja

Aktivitas magang bukan sekadar syarat utama untuk lulus kuliah. Lebih dari itu, magang sangat berperan penting menambah pengalaman kerja sebelum akhirnya mahasiswa yang sudah lulus benar-benar menjadi seorang profesional. Magang di luar negeri merupakan salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang berkesempatan menjalaninya.

Faktanya, magang di luar negeri memang tidak semudah kegiatan magang biasa di dalam negeri. Namun, kesempatan magang di negara orang selalu terbuka lebar, termasuk negara Eropa seperti Jerman, Belanda, dan lainnya. Anda harus melakukan beberapa persiapan berikut ini bila ingin menjalani kerja praktik di negara lain:

Memiliki Wawasan Luas dan Indeks Prestasi Memadai

2 mahasiswa teladan belajar
Sumber: University of Sussex

Hal pertama yang patut Anda miliki jika ingin magang di luar negeri adalah wawasan luas dan indeks prestasi yang memadai. Nilai menjadi salah satu syarat utama seorang mahasiswa terpilih untuk magang, khususnya magang di negara lain. Bila Anda berniat magang di negara lain sejak awal kuliah, berarti Anda harus berupaya mencapai indeks prestasi yang baik secara maksimal dan telaten menambah wawasan supaya siap bekerja di luar negeri.

Mengajukan Permohonan di Situs Lamaran Kerja

Magang di luar negeri juga dapat terwujud dengan mengajukan permohonan di situs lamaran kerja. Saat ini, banyak sekali perusahaan asing yang mencari karyawan magang melalui situs lamaran kerja yang tersedia di tanah air. Kalau ingin melakukan upaya ini, Anda harus telaten dan mengirimkan banyak permohonan supaya peluang mendapatkan kesempatan magang makin besar. Ajukan permohonan magang sejak jauh hari agar bisa melakukan persiapan memadai bila Anda menjadi kandidat terpilih.

Menyempurnakan Kemampuan Berbahasa Asing

3 belajar bahasa asing
Sumber: Ciklopea

Jangan lupa bahwa kesempatan magang di luar negeri juga erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa asing. Setidaknya Anda harus berusaha menguasai bahasa Inggris dan bahasa Mandarin bila ingin magang di negara lain. Jika Anda memiliki tujuan spesifik ke negara tertentu seperti Jerman, maka alangkah lebih baik bila Anda mempelajari bahasa negara tersebut. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyempurnakan kemampuan berbahasa asing, antara lain:

  • Mengikuti kursus bahasa asing serta ujian kelulusan agar mendapatkan sertifikat.
  • Membiasakan diri untuk bercakap-cakap dalam bahasa asing.
  • Mendengarkan lagu atau menonton film berbahasa asing.
  • Mempelajari kosakata asing baru setiap hari secara konsisten.

Mengandalkan Koneksi untuk Magang di Luar Negeri

Keinginan magang di luar negeri pasti mudah direalisasikan bila Anda punya koneksi, misalnya kenalan orang tua yang tinggal di luar negeri. Anda tak perlu ragu mengandalkan privilege ini supaya kesempatan magang di negara lain semakin terbuka lebar. Kendati demikian, jangan lupa bahwa Anda juga harus memiliki kualifikasi yang memadai supaya dapat menjalani magang secara lancar. Kombinasi antara koneksi berkualitas dan inteligensi yang baik adalah modal awal yang efektif untuk menjadi seorang profesional.

Menyiapkan Kelengkapan Dokumen yang Dibutuhkan

4 paspor indonesia persiapan magang
Sumber: Kompas

Keinginan magang di luar negeri membuat Anda harus ekstra cermat menyiapkan berbagai kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Beberapa jenis dokumen yang wajib ada bila ingin pergi ke negara lain untuk magang selama jangka waktu tertentu adalah sebagai berikut:

  • Paspor dan visa (jika hendak magang di negara wajib visa).
  • Resume dan Curriculum Vitae.
  • Surat pengantar yang terdiri dari beberapa jenis, yaitu surat pengantar standar, surat pengantar rujukan, dan surat minat.
  • Surat rekomendasi untuk mahasiswa magang.
  • Transkrip nilai yang sudah dilegalisir universitas.

Jika ada kesempatan yang tersedia di depan mata, tak ada salahnya bila Anda berupaya mengajukan izin magang di luar negeri. Niscaya Anda akan menjadi fresh graduate yang profesional dan punya banyak nilai tambah bila berhasil menjalani magang di negara lain.