CV-GEN News

Tips Sebelum Menyewa Apartemen di Singapura Yang Harus Diketahui Pemula

Mencari pekerjaan di Singapura menjadi goals bagi sebagian orang. Sebab, mereka tahu bahwa di sana bisa mendapat gaji yang besar, pajak rendah dan beragam fasilitas penunjang lain. Belum lagi suasana di Singapura yang terkenal nyaman sebagai tempat tinggal, apapun yang di butuhkan tersedia. Terlepas dari kenyamanan dan kemewahannya, Anda harus memahami tips sebelum menyewa apartemen di Singapura.

Sebab, apartemen inilah yang akan menjadi tempat tinggal Anda selama bekerja di Singapura. Pengeluaran untuk apartemen menjadi salah satu yang paling tinggi sebagai biaya hidup selama di sana.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami beberapa hal penting supaya bisa menentukan pilihan dengan tepat. Tips sebelum menyewa apartemen di Singapura bisa Anda simak selengkapnya berikut.

Tips Sebelum Menyewa Apartemen di Singapura Bagi Pemula

tips sebelum menyewa apartemen di singapura

1. Mengenali Macam-Macam Tempat Tinggal di Singapura

Selama hidup di Singapura, Anda bisa menemukan beberapa macam tempat tinggal yang terdiri dari:
HDB Flat adalah tipe apartemen subsidi yang di sediakan oleh pemerintah Singapura.

Apartemen atau sering di sebut Condo, di dalamnya tersedia fasilitas cukup komplit seperti GYM dan kolam renang.

Landed House atau yang biasa di kenal dengan istilah rumah setapak.

Jika ingin menyewa apartemen, maka bisa memilih yang model sewa satu kamar atau satu unit. Sewa satu unit apartemen masih d ibedakan lagi menjadi one bedroom apartement, apartement studio dan two bedroom apartement.

Untuk mendapatkan harga lebih murah, Anda bisa memilih tipe satu kamar. Yang berarti tinggal bersama orang lain. Minimal mengambil kontrak selama 6 bulan dan sudah include semua biaya. Seperti WiFi, gas, air dan biaya listrik. Enaknya lagi sudah full furnished.

Namun, dari segi privasi dan kebebasan kurang. Mengingat Anda harus berbagi ruangan dengan orang lain.

Jika menginginkan kebebasan dan privasi, maka bisa menyewa satu unit studio. Namun konsekuensinya adalah biaya sewa lebih mahal, belum termasuk biaya lain-lain dan bertanggung jawab penuh terhadap kondisi apartemen.

2. Mencari Apartemen lewat Listing Online

Anda tidak perlu pusing dan bingung ketika hendak mencari apartemen buat di tinggali. Sebab, sekarang ini sudah banyak platform online yang membantu Anda menemukan pilihan dengan cepat.

Beberapa platform online yang bisa di pakai untuk mencari properti antara lain Carousell, forum jual beli Facebook, iproperty.com, 99.co atau propertyguru.com.sg.

Pemilik apartemen biasanya tidak melisting sendiri, melainkan melalui bantuan agen pihak ketiga. Sehingga, ada fee khusus buat agen. Fee tersebut bisa di bayarkan oleh pembeli atau pemilik properti. Anda harus mengecek bagian ini dan perlu memahaminya.

Setelah melihat ada unit yang cocok, maka bisa menghubungi kontak si agen. Kemudian membuat janji temu untuk melihat apartemen. Anda juga bisa lho meminta rekomendasi apartemen lain kepada agen di daerah yang sama.

3. Harga Sewa Apartemen dan Beberapa Biaya Lain

Jika bicara soal harga sewa apartemen, maka tergantung di mana lokasinya. Estimasi budget yang perlu Anda siapkan menurut lokasi adalah sebagai berikut.

  • Apartemen tipe one bedroom (pusat kota) : SGD 3.000-4.000 per bulan.
  • Apartemen tipe one bedroom (agak pusat kota) : SGD 2.000 per bulan.
  • Apartemen tipe one bedroom (daerah pinggiran) : SGD 1.200-1.500 per bulan.
  • Sewa per kamar apartemen di daerah pinggiran SGD 800 per bulan, dekat pusat kota SGD 1,200-1,500 per bulan dan pusat kota SGD 2.000 per bulan.

Di bulan pertama sewa apartemen, maka harus membayar deposit (harga sewa sebulan) dan uang sewa.
Ketika Anda hendak tanda tangan kontrak, maka perlu memakai jasa duty stamp yang di tawarkan oleh notaris. Layanan ini berbiaya SGD 150.

Anda yang mengambil unit sendiri, maka perlu membayar biaya WiFi sebesar SGD 50 per bulan (tarif umum). Selain itu, perlu juga deposit Public Utilities Board sebesar SGD 500.

Demikianlah pembahasan mengenai tiga tips sebelum menyewa apartemen di Singapura yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda bisa mempersiapkan budget dengan matang untuk memperoleh tempat tinggal selama di sana.

Sementara itu, bagi Anda yang hendak mencoba peruntungan dengan gaji besar bekerja di Singapura bisa mampir ke cv-gen.com. Sebuah website yang akan memberitahu kepada Anda segala informasi seputar dunia karir di mancanegara, salah satunya Singapura. Baik itu nominal gaji, budaya kerja sampai lowongan pekerjaan yang sedang tersedia.