CV-GEN News

Inilah 5 Tips Menghindari Mabuk Laut Yang Ampuh Buat Pemula

Bekerja di kapal pesiar memiliki cukup banyak tantangan bagi para pemula, salah satunya mabuk laut. Karena tidak semua orang memiliki daya tahan yang sama, kemungkinan mabuk laut pasti tetap ada. Yang membedakan mungkin seberapa parah gejala mabuk tersebut. Sebelum memutuskan untuk bergabung sebagai crew kapal pesiar, simak dahulu tips menghindari mabuk laut berikut.

Mabuk laut adalah permasalahan yang cukup serius lho. Karena membuat kondisi tubuh seseorang menjadi tidak nyaman dan hanya pusing yang dirasakan. Apalagi jika seseorang tersebut harus bekerja dan berada diatas kapal laut untuk waktu lama.

Untuk meminimalisir kejadian tersebut, langsung simak saja beberapa tips menghindari mabuk laut yang paling ampuh buat pemula berikut di bawah ini.

Tips Menghindari Mabuk Laut yang Ampuh

tips menghindari mabuk laut yang ampuh

1. Menghirup Udara Segar

Ketika Anda mulai merasa agak mual, sebaiknya segera mencari udara segar supaya kondisi lebih baik. Sebab, terlalu lama berada di ruangan tertutup menjadi faktor mengapa seseorang bisa mabuk laut.

Cobalah melihat pemandangan sekeliling untuk mengalihkan perhatian Anda dan mendapat udara segar. Langkah sederhana seperti ini akan membantu mata Anda menyesuaikannya dengan stimulus sistem Vestibular.

Salah satu tips ampuh untuk menghindari mabuk laut adalah duduk santai di bagian tengah kapal.

2. Jangan Biarkan Perut Kosong

Perut kosong adalah kondisi yang bisa meningkatkan risiko mabuk laut, karena pada saat itu asam lambung naik. Pada akhirnya, kondisi ini membuat seseorang semakin ingin muntah dan merasa pusing.

Dari sinilah pentingnya menjaga perut agar tetap terisi. Disarankan supaya Anda memilih makanan yang rendah lemak. Jangan lupa juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh supaya kondisi semakin fit dan terjaga.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya sampai merasa kekenyangan. Perut yang terlalu penuh juga bisa mempercepat mabuk laut. Sehingga, konsumsi makanan secukupnya saja.

3. Mengunyah Permen Karet

Permen karet adalah salah satu jajanan yang cukup efektif untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa mual dan pusing. Silahkan mencobanya, kemudian buktikan sendiri keampuhan permen karet dalam menghindari mabut laut.

Permen karet bisa menjadi teman Anda selama bekerja di kapal pesiar. Mengunyah permen karet sekaligus bisa membuat Anda lebih rileks dan tigang hanya fokus pada pekerjaan yang itu-itu mulu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasannya kondisi tegang dan berkutat pada satu pekerjaan bisa meningkatkan risiko mabuk laut.

4. Menghisap Permen Jahe

Selain permen karet, solusi untuk mencegah mabuk laut berikutnya adalah permen jahe. Sebelum berangkat bekerja, Anda mungkin bisa menyetok permen jahe sebagai makanan sehari-hari di kapal pesiar.

Permen jahe dipilih karena mampu mengurangi rasa mual atau muntah sekaligus mempercepat pengosongan lambung. Tidak hanya itu, dengan mengunyah permen jahe bisa menjadi distraksi tersendiri untuk Anda.

5. Menempelkan Koyo

Langkah terakhir yang tidak kalah efektif adalah dengan menempelkan koyo. Anda bisa menempel koyo di belakang telinga dan bagian leher.

Pasti Anda akan bertanya-tanya, mengapa perlu menempel di bagian belakang telinga? Karena salah satu pemicu mabuk laut adalah mekanisme keseimbangan di telinga dalam yang terganggu.

Koyo yang Anda tempelkan bisa mencegah terganggunya keseimbangan di bagian dalam telinga tadi. Sehingga, langkah-langkah seperti ini cukup ampuh untuk menghindari mabuk laut.

Selain mengetahui tips agar tidak mudah mabuk laut, sebagai calon crew kapal pesiar Anda harus mengetahui informasi rekrutmen sebanyak-banyaknya. Salah satu website terpercaya yang bisa Anda kunjungi adalah cv-gen.com. Di sana tersedia informasi secara lengkap seputar karir di kapal pesiar.

Itu tadi adalah lima tips menghindari mabuk laut yang ampuh dan efektif. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin bekerja di kapal pesiar.