CV-GEN News

6 Syarat Bekerja di Kapal Pesiar Yang Harus Dipersiapkan

Syarat bekerja di kapal pesiar harus dipenuhi oleh setiap calon karyawan. Apabila Anda berencana ingin melamar lowongan yang tersedia dan memulai karir sebagai kru kapal pesiar, maka harus mempersiapkan diri. Khususnya mengenai kualifikasi yang perlu di penuhi semua. Apabila ada salah satu persyaratan yang tidak Anda penuhi, maka bisa jadi penghambat untuk diterima.

Kapal pesiar seringkali di sebut sebagai hotel terapung sebagai akomodasi rekreasi bagi para turis asing. Didalamnya berisi wisatawan dengan latar belakang berbeda dari seluruh penjuru dunia.

Mengingat ada banyak pelayanan yang harus di penuhi, maka kebutuhan karyawannya juga cukup besar. Kira-kira apa saja syarat bekerja di kapal pesiar? Langsung simak selengkapnya berikut.

Beberapa Syarat Bekerja di Kapal Pesiar Yang Perlu Dipersiapkan

syarat bekerja di kapal pesiar

1. Lancar Berbahasa Inggris

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, penumpang kapal pesiar adalah turis dari berbagai negara dan memiliki latar belakang berbeda. Oleh karena itu, skill bahasa Inggris sangat di butuhkan oleh setiap kru.

Sebagai bahasa Internasional, bahasa Inggris akan memudahkan komunikasi antara awak kapal pesiar dan penumpang. Bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana jadinya kalau seorang yang bekerja di lingkungan internasional tidak bisa bahasa Inggris.

Sehingga tidak mengherankan apabila syarat bekerja di kapal pesiar yang pertama adalah bisa bahasa Inggris.

2. Pendidikan Minimal SMA dan Sederajat

Tidak seperti berkarir di perkantoran yang mengharuskan Anda memiliki ijazah perguruan tinggi. Untuk mulai berkarir di kapal pesiar Anda cukup berijazah SMA/SMK dan sederajat.
Karena kualifikasi pendidikannya tidak spesifik, maka semua orang bisa melamar menjadi awak kapal pesiar.

Kendati demikian, apabila Anda memiliki ijazah dengan pendidikan lebih tinggi maka berhak mendapat posisi bagus. Salah satunya menjadi tenaga medis di kapal pesiar.

3. Lulusan Jurusan Perhotelan

Sebagaimana hotel berbintang di darat, kapal pesiar pastinya memprioritaskan setiap pelamar yang sudah memiliki pengalaman bekerja atau minimal lulusan jurusan perhotelan.

Ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda, sehingga kesempatan di terima sebagai awak kapal pesiar semakin terbuka lebar.

Sebagai alumni sekolah perhotelan, mereka sudah mengetahui hal-hal dasar mengenai palayanan terhadap tamu. Berbeda dengan karyawan dari latar pendidikan berbeda, maka harus belajar sambil praktek langsung.

Karena tidak ingin mengecewakan para penumpang, pihak kapal pesiar tentu lebih memprioritaskan lulusan perhotelan atau mantan karyawan di hotel.

4. Memiliki Dokumen Pelengkap

Tidak jauh berbeda dengan melamar di perusahaan, untuk memperlancar kesempatan Anda berkarir di kapal pesiar harus memiliki dokumen pelengkap.

Beberapa dokumen yang perlu anda persiapkan antara lain:

  • Buku Pelaut.
  • Sertifikat Basic Training Safety.
  • Paspor.
  • Visa.
  • Medical Checkup.
  • Marine Test Dokumen.
  • Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri.

5. Berusia 21-35 Tahun

Tidak semua usia bisa di terima bekerja di kapal pesiar. Adapun batas minimal adalah 21 tahun dan maksimal berusia 35 tahun. Anda harus berada di antara usia tersebut supaya bisa lolos seleksi.

Jika di bawah 21 tahun, maka itu di anggap terlalu muda menjadi awak kapal pesiar. Sedangkan usia 35 tahun lebih di khawatirkan kurang prima selama bekerja.

Hal ini mempertimbangkan bagaimana jadwal kerja di kapal pesiar yang tidak menentu. Bahkan seorang karyawan bisa bekerja 14 jam sehari, meskipun jarang dan tidak selalu seperti ini.

6. Sehat Jasmani dan Rohani

Ini dia syarat mutlak yang harus di penuhi setiap orang untuk bekerja di kapal pesiar. Di luar sana, banyak calon karyawan yang gagal lolos seleksi karena mengidap penyakit tertentu.

Demikianlah pembahasan mengenai lima syarat bekerja di kapal pesiar yang perlu dipersiapkan oleh setiap calon karyawan. Jika Anda sudah memiliki kualifikasi seperti di atas, maka bisa yakin untuk melamar pekerjaan di kapal pesiar.

Bagi Anda yang ingin memperbanyak referensi di bidang pekerjaan, maka bisa langsung membaca beragam informasi menarik di cv-gen.com. Di sana Anda bisa lebih mendalami apa yang di butuhkan agar bersaing di jenjang karir.