CV-GEN News

Tips Membuat CV Bahasa Jerman

Melamar kerja tentu tak lepas dari berbagai persyaratan dari perusahaan. Salah satu syarat yang patut Anda siapkan adalah Curriculum Vitae (CV). Pembuatan CV harus teliti karena dokumen tersebut merupakan langkah awal menarik perhatian perusahaan, khususnya jika Anda berencana bekerja di Jerman. CV bahasa Jerman akan menentukan apakah Anda lolos ke tahap lamaran kerja selanjutnya atau tidak.

Ulasan lengkap berikut ini akan membantu Anda membuat CV bahasa Jerman secara efektif agar peluang mendapatkan pekerjaan semakin besar.

CV Bahasa Jerman Juga Bermanfaat untuk Pendaftaran Universitas

2 CV bahasa Jerman
Sumber: iStock

Faktanya, CV bahasa Jerman atau Lebenslauf bukan hanya berfungsi untuk melamar kerja. Dokumen tersebut juga menjadi syarat wajib ketika Anda hendak melakukan pendaftaran universitas. Secara garis besar, jenis CV Jerman dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  • Tabellarischer Lebenslauf: CV berbentuk tabel yang isinya berupa informasi dalam poin-poin singkat.
  • Schriftlicher Lebenslauf: CV berbentuk tertulis yang isinya berupa deretan paragraf.

Pada umumnya, CV berbentuk tabel lebih diutamakan karena orang yang memindai CV dapat memeriksanya secara cepat. Pengisian tabel CV harus dilakukan dengan cermat agar tidak ada informasi yang tertinggal. Dengan demikian, orang tersebut bisa lekas menentukan apakah pengirim CV bisa lolos ke tahap berikutnya atau tidak dalam waktu kurang lebih 15 detik saja.

Foto Sebagai Nilai Tambah pada CV

Sama seperti Indonesia, CV bahasa Jerman sebaiknya juga dilengkapi pas foto pada sisi kanan atas lembaran CV. Namun, jangan menampilkan pas foto yang terkesan kaku seperti halnya pas foto khas pelamar kerja tanah air. Alangkah lebih baik jika Anda mencantumkan foto dengan pakaian rapi dan pose yang luwes tetapi tetap bernuansa profesional. Ekspresi senyum pada foto juga sangat bermanfaat untuk menampilkan kesan ramah.

Sertakan Nama Staf Pengampu HRD Secara Jelas

3 nametag staf kantor ID card perusahaan
Sumber: Kitakasi Lanyard

Frasa Sehr geehrte Damen und Herren kerap digunakan dalam CV Bahasa Jerman jika tidak mengetahui atau mengenal nama staf pengampu HRD. Alangkah lebih baik jika Anda tidak menggunakan frasa tersebut sebab memberikan kesan ketidakjelasan. Sebagai gantinya, Anda bisa langsung mencantumkan nama staf pengampu HRD sewaktu perusahaan merilis lowongan pekerjaan, misalnya Sehr geehrte Fr. Ehrlichmann/ Sehr geehrter Hr. Ehrlichmann. Meskipun sepele, hal ini akan membuat CV Anda terkesan lebih profesional.

Jumlah Lembar CV yang Optimal

Idealnya, jumlah lembaran CV bahasa Jerman sebaiknya berkisar pada 1 hingga 2 halaman saja, mirip dengan ketentuan CV berbahasa Indonesia. Karena CV yang terlalu panjang akan menyulitkan staf HRD ketika memeriksa CV tersebut. Sebaiknya Anda menggunakan jenis huruf yang simpel dan terkesan profesional, seperti Arial, Calibri, dan Verdana dengan ukuran antara 11 hingga 12.

Perhatikan Bagian Penutup CV

4 tanda tangan dokumen perusahaan
Sumber: Juno Legal

Hal penting lainnya yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah bagian penutup CV bahasa Jerman. Pada umumnya, penutup CV harus terdiri dari tempat dan tanggal pembuatan CV, tanda tangan, serta nama lengkap Anda. Elemen penutup tersebut sangat krusial karena menunjukkan bahwa seluruh info yang Anda cantumkan pada CV adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu, Anda patut memeriksa keseluruhan CV hingga beberapa kali untuk memastikan isinya bebas kekeliruan.

Jika Anda sudah menguasai bahasa Jerman dengan baik, niscaya Anda tak akan kesulitan membuat CV bahasa Jerman secara profesional. Jangan lupa pula melakukan update CV secara berkala untuk menunjukkan sisi profesionalitas Anda ketika melamar pekerjaan.