CV-GEN News

Tips Bertahan Hidup Agar Sukses Ikuti Program Ausbildung Jerman

Tips bertahan hidup supaya berhasil mengikuti kegiatan Ausbildung di negara Jerman ada beberapa hal. Cara-cara semacam ini menjadi sesuatu yang perlu anda ikuti agar berhasil mengikuti prosedur Ausbildung Jerman.

Tips bertahan hidup atau survive kala mengikuti Ausbildung di negara Jerman perlu anda lakukan. Karena tentunya beberapa orang tidak ingin tiba-tiba pulang ke kampung halamannya karena gagal mengikuti kegiatan Ausbildung di Jerman. 

Program Ausbildung sendiri adalah kegiatan magang yang secara resmi pemerintah Jerman buat. Dari program ini anda akan mendapatkan kewajiban untuk belajar dan langsung mempraktikan ilmu yang sudah anda miliki.

Baca Juga: Cara Mengatasi Homesick saat Bekerja di Jerman

Untuk melakukan kegiatan ini seseorang haruslah mengenyam pendidikan di level SMA atau sederajat. Program ini bersifat gratis bahkan nantinya akan mendapatkan uang saku setiap bulannya.

Tips Bertahan Hidup Ketika Ausbildung

Meski gratis dan mendapatkan berbagai kesempatan hingga uang saku dalam program ini, nyatanya tak semua orang sanggup menyelesaikan Ausbildung ini. Bagi para pendatang khususnya Indonesia, perbedaan budaya dan bahasa jadi kendala yang cukup umum. Bila tak bisa menyelesaikan program tersebut, orang-orang ini dengan terpaksa harus keluar dari negeri tersebut.

Karenanya untuk menghadapi hal itu semua perlu ada upaya-upaya khusus. Supaya bisa bertahan dan bahkan mendapatkan pekerjaan impian setelah mengikuti kegiatan Ausbildung yang lamanya tiga tahun itu.

Lima Hal Agar Sukses Ausbildung

  1. Bahasa Adalah Batu Sandungan Utama

Tidak sedikit orang-orang pendatang dari luar Jerman kesulitan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari ketika mengikuti program Ausbildung. Umumnya hal itu karena bahasa Jerman yang seseorang kuasai masih dalam level minimal.

Karenanya sangat disarankan meskipun memang sudah masuk dalam program Ausbildung supaya tetap melatih bahasa Jerman ketingkat lanjut. Karena beberapa orang di Jerman kadang memiliki aksen berbeda dengan kecepatan pengucapan yang cukup susah para pendatang mengerti.

  1. Jangan Gampang Tersinggung

Watak dari orang-orang Jerman ada diantaranya yang cukup kritis bahkan terlihat seperti mengumpat bila anda melakukan kesalahan. Melihat hal ini sangat disarankan untuk anda tidak cepat tersinggung karena hal tersebut.

Memang butuh waktu untuk beberapa orang menemui ucapan kritis seperti ini, tapi bila sudah lama hidup di Jerman anda akan terbiasa dengan hal-hal semacam ini.

  1. Wajib Atur Waktu dengan Cermat

Sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia mengalami hari-harinya dengan yang namanya ngaret atau molor. Namun wajib anda ingat bila sudah masuk dalam program Ausbildung, anda harus mengubah kebiasaan ini.

Hal ini karena warga di Jerman sangat disiplin dengan yang namanya manajemen waktu. Bagi mereka waktu sangat berharga, karenanya untuk anda yang terbiasa tidak disiplin wajib mengubah kebiasaan buruk tersebut.

  1. Jangan Malas

Ketika mengikuti kegiatan Ausbildung jangan pernah malas dalam melakukan semua hal di program tersebut. Sering bertanya terkait banyak hal, jadi sesuatu yang perlu anda lakukan agar mendapat wawasan yang berguna untuk kedepannya.

  1. Manfaatkan Hari Libur Sebaik Mungkin

Meski orang-orang Jerman terkenal akan tepat waktunya mereka, namun bukan berati jika mereka adalah orang kaku dan haus untuk terus bekerja. Kultur di Jerman terkenal dengan kerja keras dan juga liburan yang maksimal.

Liburan ini perlu ada supaya badan dan jiwa seseorang tetap tangguh ketika menghadapi kegiatan pada esok harinya. Karenanya meski anda dalam projek Ausbildung, tetap ingat untuk memaksimalkan hari libur.