CV-GEN News

Cara Mengatasi Homesick saat Bekerja di Jerman

Bekerja di Jerman tentu menjadi impian banyak orang di zaman modern. Maklum saja, merantau ke luar negeri memang terasa lebih menjanjikan karena membuat Anda berkesempatan memperoleh gaji besar dan banyak pengalaman. Namun, kenyataannya homesick senantiasa mengintai ketika berada jauh dari kampung halaman. Anda harus cermat melakukan berbagai cara mengatasi homesick supaya tetap produktif saat merantau.

Sebelum mengenal berbagai cara mengatasi homesick, mari kenali dulu definisinya secara jelas!

Apa Itu Homesick?

2 homesick rindu rumah kesepian depresi
Sumber: The Soothe

Homesick adalah kondisi yang terjadi pada diri seseorang ketika berada jauh dari rumah atau kampung halaman, meninggalkan kebiasaan hidup yang lama, atau merasa asing selama berada di lingkungan baru. Seorang profesor sekaligus psikolog klinis University of Alabama’s School of Public Health bernama Josh Klapow menyatakan bahwa homesick tergolong hal wajar tetapi harus tetap mendapatkan penanganan intensif agar tidak berlarut-larut.

Beberapa gejala yang dialami ketika homesick antara lain:

  • Suasana hati (mood) mudah berubah.
  • Merasa gelisah, cemas, dan berlebihan.
  • Susah tidur dan fokus terganggu.
  • Malas beraktivitas dan kepercayaan diri cenderung menurun.
  • Menjadi penyendiri dan pemurung.
  • Kondisi homesick yang lebih serius dapat memicu gejala-gejala depresi.

Bagaimana Cara Mengatasi Homesick?

3 komunitas Indonesia kerja sama setia kawan mengatasi homesick
Sumber: Tech in Asia

Jangan biarkan homesick mengganggu kenyamanan dan produktivitas Anda selama bekerja di Jerman. Lakukan beberapa hal berikut ini supaya suasana hati kembali membaik dan produktivitas kerja terjaga:

Menghubungi Orang-Orang Terdekat yang Dirindukan

Cara mengatasi homesick yang pertama kali patut Anda lakukan adalah menghubungi orang-orang terdekat yang kini tinggal berjauhan dengan Anda. Luangkan waktu untuk menghubungi keluarga, sahabat, atau pasangan secara teratur. Jika komunikasi via telepon belum cukup mengobati rasa rindu, jangan lupa memanfaatkan fitur video call supaya momen komunikasi terasa lebih menyenangkan. Nikmati momen tersebut sehingga rasa rindu yang mengganggu kenyamanan Anda lekas berkurang.

Menekuni Aktivitas Baru yang Anda Sukai

Homesick biasanya terasa sangat menyiksa ketika Anda sering melamun dalam kesendirian. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika Anda melakukan aktivitas baru yang Anda sukai ketika memiliki waktu senggang. Gunakan waktu kosong untuk menekuni hobi, berjalan-jalan keliling kota, atau melakukan hal-hal seru yang baru bagi diri sendiri. Temukan berbagai cara menyenangkan agar tidak selalu merasa kesepian ketika merantau jauh dari kampung halaman.

Menjalin Hubungan dengan Komunitas Khusus

Tak perlu khawatir akan kesepian dan kesulitan selama merantau. Ada cara mengatasi homesick berikutnya yang sangat ampuh, yaitu menjalin hubungan dengan komunitas khusus. Carilah informasi tentang komunitas masyarakat Indonesia yang bermukim di Jerman. Selain menemukan teman-teman satu negara, Anda juga berkesempatan mengikuti berbagai acara menarik bila bergabung dalam komunitas tersebut. Dengan demikian, Anda tak akan merasa sendirian sebab ada teman-teman asal Indonesia yang siap menjadi keluarga baru bagi Anda.

Membawa Barang-Barang dari Kampung Halaman

Trik lainnya yang terbilang efektif mengatasi homesick yaitu membawa barang-barang dari kampung halaman. Usahakan untuk membawa barang favorit seperti perlengkapan ibadah, bantal, boneka, makanan, dan lainnya ketika hendak merantau. Jika telanjur lupa membawa barang-barang tersebut, mintalah bantuan dari keluarga atau sahabat untuk mengirimkannya. Meskipun terkesan sederhana, barang-barang kesayangan dari daerah asal akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Jika nantinya berbagai cara mengatasi homesick tersebut tidak mampu mengembalikan semangat Anda, alangkah lebih baik kalau Anda berkonsultasi dengan psikolog. Psikolog profesional akan membantu Anda menemukan solusi terbaik sehingga masalah homesick tidak berlarut-larut hingga mengakibatkan depresi. Tunjukkan bahwa Anda adalah seorang pekerja profesional yang siap berkarier di Jerman walaupun harus menghadapi banyak tantangan selama merantau.