CV-GEN News

Terlihat Sepele, Pekerjaan Ini Bergaji Tinggi di Kapal Pesiar

Pekerjaan yang terlihat sepele namun bergaji tinggi? Ternyata ada, loh. Salah satunya, yaitu menjadi menjadi seorang Fotografer di kapal pesiar. Fotografer sendiri merupakan seorang juru foto yang tugasnya adalah mengambil gambar yang menarik. Tak hanya sebagai hobi saja, profesi ini juga bisa kalian tekuni hingga menghasilkan uang.

Jika kalian tertarik dengan pekerjaan ini, berikut adalah syarat, tugas, dan gaji per bulannya.

Baca Juga : Teknologi Kapal Pesiar Terbaru yang Bikin Traveling Makin Seru

Syarat Bekerja Menjadi Fotografer di Kapal Pesiar

Biasanya, sebuah agen mensyaratkan harus sudah berpengalaman. Namun, mungkin saja ada agen lain yang tidak mutlak untuk memberikan syarat tersebut. Jadi, harus perhatikan dengan baik apa yang sudah tertera di brosur atau sejenisnya. Kemudian, dokumen-dokumen yang perlu kalian siapkan hampir sama dengan melamar di pekerjaan lain di kapal pesiar. Seperti CV (Curiculum Vitae), surat lamaran, portfolio, surat rekomendasi atau surat referensi kerja, pasport, sertifikat kesehatan, dan lain-lain.

Bahasa inggris sangat penting. Karena saat di dalam kapal kalian akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara, maka kemampuan berbicara bahasa inggris harus lancar. Jika tidak, itu bisa jadi akan merepotkan pekerjaan kalian nanti. Hal itu juga kalian ikuti dengan kepribadian yang baik, mudah bergaul dan dapat berkomunikasi dengan baik.

Untuk umur, baik pria maupun wanita kurang lebih minimal dua puluh satu tahun dan maksimal tiga puluh lima tahun.

Tugas atau Pekerjaan Fotografer Kapal Pesiar

Tugas yang pertama adalah ketika penumpang yang baru datang, kalian akan melakukan pengambilan gambar di semacam terminal kapal atau gangway. Lamanya sekitar kurang lebih tiga jam. Kalian juga akan mengambil foto para penumpang kapal, foto pemandangan yang akan ia temukan saat kapal berlayar dan foto jika ada acara-acara yang formal atau tidak formal diatas kapal. Kemudian, foto akan dicetak dan diolah di sebuah laboratorium foto. Pekerjaan ini ternyata hanya untuk yang ahli saja dan biasanya ada pelatihan khusus. Saat sudah dicetak, foto dapat kalian jual di galeri kapal.

Tugas-tugas Fotografer ini ternyata tidak begitu mudah, walaupun terlihat sepele. Karena gambar yang kalian peroleh harus benar-benar sempurna agar laku untuk kalian jual.

Gaji Fotografer Kapal Pesiar

Semakin banyak kalian menjual foto-fotonya, maka komisinya akan semakin besar. Untuk satu foto, biasanya berharga 7 USD ( Rp. 109.000). Misalnya, jika kalian berhasil menjual 50 foto, maka komisi yang kalian dapatkan sekitar 13 USD (Rp. 200.000). Terkadang, untuk Fotografer sendiri ada bonusnya dan itu berbeda-beda di setiap kapal.

Untuk gaji per bulannya, saat masih training gaji kalian kurang lebih 760 USD ( Rp. 11.000.000). Sedangkan, jika sudah lepas training sekitar kurang lebih 1.800-2.800 USD ( Rp. 27.000.000-42.000.000).