CV-GEN News

Teknologi Kapal Pesiar Terbaru yang Bikin Traveling Makin Seru

Apakah kamu berencana pergi berlibur dalam waktu dekat? Jika iya, maka berwisata dengan kapal pesiar dapat menjadi salah satu alternatif menarik. Sama seperti tempat wisata populer lainnya, kapal pesiar juga terus berbenah diri demi menyuguhkan pengalaman liburan yang kian sempurna. Bahkan, teknologi kapal pesiar mengalami perkembangan pesat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Usai menyimak ulasan tentang teknologi kapal pesiar berikut ini, kemungkinan besar kamu akan semakin terinspirasi merealisasikan rencana liburan via jalur laut:

Proses Unduh saat Menggunakan Internet Berlangsung Lebih Cepat

Salah satu kendala yang mengganggu momen liburan di kapal pesiar adalah kecepatan unduh yang kurang memadai saat menggunakan internet. Namun, kamu tak perlu khawatir lagi karena teknologi kapal pesiar terbaru menggunakan koneksi serat optik super cepat. Teknologi tersebut mendukung kecepatan unggah dan unduh data internet di laut sama seperti ketika kamu berada di darat. Informasi yang dilansir dari situs Defiance ETFs menyatakan bahwa tujuh jalur pelayaran kapal pesiar internasional telah mengimplementasikan SpeedNet. Akses situs populer melalui SpeedNet (seperti Facebook, Amazon, dan CNN) tidak membebani bandwidth utama sehingga kecepatan internet tidak melambat.

Akses Tayangan TV Favorit Secara Mobile

Sumber: Pixabay

Tayangan TV favorit kerap membuat seseorang merasa berat ketika harus berlibur di kapal pesiar. Namun, masalah ini juga dapat diatasi dengan teknologi kapal pesiar yang rencananya siap memfasilitasi akses tayangan TV selama pelayaran berlangsung. Inovasi ini memungkinkan kamu untuk tetap menyaksikan tayangan TV favorit sambil bersantai di dek atau melakukan aktivitas hiburan lain di kapal pesiar.

Penetapan Rentang Harga Tertentu untuk Akses Internet

Gaya liburan setiap individu tentu berbeda-beda sehingga pengelola kapal pesiar berencana menerapkan rentang harga tertentu untuk akses internet. Teknologi kapal pesiar akan mengelompokkan pelancong berdasarkan kebutuhan internetnya. Contohnya, pelancong yang hanya mengakses email bisa membayar tarif lebih murah daripada pelancong yang ingin mengakses media sosial atau membuat konten siaran langsung (live streaming) sepanjang hari. Dengan demikian, sistem baru ini diharapkan mampuh memfasilitasi semua pelancong yang menggunakan kapal pesiar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Koneksi Internet di Kapal Pesiar Makin Aman

Sumber: Pixabay

Para pelancong yang sedang berlayar dengan kapal pesiar biasanya tidak bisa meninggalkan rutinitas harian penting, seperti pemeriksaan portofolio saham, transaksi bisnis, atau transfer info penting untuk klien. Oleh sebab itu, teknologi kapal pesiar terbaru wajib menyediakan koneksi internet yang aman demi memfasilitasi berbagai aktivitas penting tersebut. Pelancong bisa tetap menjalani rutinitas secara lancar di sela-sela momen liburan dengan dukungan teknologi.

Teknologi Kapal Pesiar Menyudahi Penggunaan Satelit Besar

Sebagian besar kapasitas dek kapal pesiar biasanya tersita oleh antena berbentuk bola raksasa untuk memancarkan sinyal wifi dari satelit ke kapal dan sebaliknya. Kini, perusahaan teknologi mulai mengembangkan antena panel datar berukuran minimalis yang mampu memancarkan sinyal setara dengan antena besar. Inovasi teknologi kapal pesiar ini akan menghasilkan ruang ekstra pada dek kapal sehingga pelancong lebih leluasa menikmati suasana laut sambil berjemur atau bersantai di bar.

Implementasi Sistem Interaksi Tanpa Kontak Fisik

Sumber: Pixabay

Pandemi Covid-19 turut mempengaruhi teknologi kapal pesiar sekaligus memaksimalkan implementasi Internet of Things (IoT). Sistem kapal pesiar memungkinkan pelancong melakukan check in dengan cara selfie sekaligus memindai paspor tanpa berinteraksi dengan petugas.

Di samping itu, pelancong juga mendapatkan gelang yang terkoneksi dengan berbagai sistem kapal pesiar, misalnya untuk membayar restoran, membuka pintu kabin, atau berbelanja. Selain praktis dan efektif, teknologi terbaru ini juga dapat membantu meminimalkan penularan penyakit melalui kontak fisik.

Kalau kamu tertarik berwisata dengan kapal pesiar dalam waktu dekat, yuk segera siapkan bujet dan mulai mencari referensi penyedia layanan wisata terbaik. Selamat menikmati liburan keliling dunia bersama kapal pesiar mewah!