SV Nummer: Pekerja Indonesia di Jerman Harus Tahu Ini!Sumber Gambar Dokumen Pribadi: SV Nummer di Slip Gaji

SV Nummer atau Social Security Number menjadi aspek krusial bagi para pekerja di Jerman. Nomor identifikasi ini dikeluarkan oleh pemerintah Jerman melalui Deutsche Rentenversicherung, memiliki peran vital dalam menentukan jenis asuransi kesehatan yang seseorang miliki di Jerman, juga termasuk pembayarannya.

Baca Juga: Perubahan di Jerman 2024, Makin Mudah atau Sulit?

Proses Perolehan SV Nummer

1. Bagi Mereka yang Baru Pindah ke Jerman:

  • Jika mendapatkan asuransi kesehatan masyarakat, SV Nummer diberikan secara otomatis.
  • Untuk asuransi kesehatan swasta atau ekspatriat, hubungi Deutsche Rentenversicherung atau juga perusahaan asuransi.

2. Cara Mendapatkan SV Nummer:

  • Petunjuk spesifik dari asuransi kesehatan masyarakat seperti TK, Barmer, AOK, dan DAK dapat diakses dalam bahasa Jerman.
  • Bagi yang memiliki asuransi kesehatan swasta, hubungi Deutsche Rentenversicherung melalui email, secara langsung, melalui broker asuransi, atau dengan bantuan majikan.

3. Alternatif Mendapatkan Nomor Asuransi Sosial:

  • Nomor Sozialversicherungs dapat seseorang temukan di slip gaji, dokumen Jahresmeldung, perusahaan tempat bekerja sebelumnya, atau dengan bantuan penasihat pajak. Contoh di Slip Gaji berikut adalah SV Nummer dan Jenis Asuransi Kesehatan Anda di Jerman yang oleh Perusahaan sediakan bagi Anda.

Nomor Tambahan dalam Deutsche Rentenversicherung

1. Pertama, ada nomor PANR, BXNR, dan ZANR:

  • PANR (Postabrechnungsnummer für Rentenzahlungen), BXNR (Nomor Bescheid), dan juga ZANR memiliki peran khusus dalam formulir Deutsche Rentenversicherung tergantung pada situasi penerimaan pensiun.

2. Kedua, Kennzeichen (Arbeitsgruppe atau Tim):

  • Kennzeichen berupa 4 digit menentukan departemen atau juga tim yang menangani rekening pensiun, berubah jika kasus dipindahkan.

Perbedaan SV Nummer dengan Steuer ID

SV Nummer, seiring dengan Steuer ID (nomor pajak Jerman), menjadi identitas seumur hidup. Sementara Steuer ID dikeluarkan oleh Finanzamt untuk keperluan pajak, SV Nummer diberikan oleh Deutsche Rentenversicherung untuk keperluan asuransi sosial.

Kesimpulan: SV Nummer

Dalam keseluruhan, SV Nummer bukan hanya sekadar nomor identifikasi; ini adalah kunci akses ke berbagai layanan asuransi kesehatan di Jerman. Bagi para pekerja Indonesia, pemahaman mendalam terkait proses perolehan dan juga perbedaan dengan Steuer ID sangat penting untuk menjalani kehidupan yang aman dan terlindungi di Jerman.

Sumber Terkait:

All About Berlin – Guide German Versicherungsnummer

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan sistem hukum di Jerman yang bagus, Anda tak perlu terlalu khawatir untuk tinggal di Jerman.

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *