Perubahan di Jerman 2024, Makin Mudah atau Sulit?Picture by Trine Juel: German flag, The German flag

Tahun 2024 menjadi saksi bagi sejumlah perubahan signifikan di Jerman, sebuah negara yang terkenal dengan kestabilan ekonominya. Semua perubahan menciptakan dinamika baru dalam kehidupan sehari-hari penduduk Jerman. Inisiatif pemerintah ini secara kolektif memberikan dampak yang mencolok terhadap berbagai lapisan masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial.

Baca Juga: Kesenjangan Gaji Gender di Jerman, di Negara Maju Juga Ada!?

Perubahan Upah Minimum Regional di Jerman 2024

Pertama-tama, peningkatan Upah Minimum Regional (UMR) di Jerman menciptakan titik terang bagi pekerja. Dengan kenaikan dari 12 euro menjadi 12.14 euro per jam, meskipun tampak minor, perubahan ini memberikan dampak positif terutama jika Anda hitung dalam perspektif jam kerja per bulan atau tahun. Meski sayangnya, peningkatan ini tidak berlaku untuk mereka yang sedang mengikuti program Ausbildung atau FSJ/BFD.

Mini Job (Pekerjaan Kecil)

Kemudian, Mini Job, bentuk pekerjaan kecil yang umum di Jerman, melihat peningkatan batas penghasilan bulanan dari 520 euro menjadi 538 euro. Meskipun kenaikan ini tidak drastis, dampak positifnya terasa ketika Anda akumulasikan dalam setahun. Keputusan ini memberikan penguatan finansial kepada pekerja dengan mempertahankan gaji mereka tanpa potongan pajak.

Perubahan Pajak di Jerman 2024

Pentingnya perubahan juga tercermin pada peningkatan batas gaji bebas pajak. Dengan kenaikan dari 10.890 euro menjadi 11.604 euro per tahun, pemerintah memberikan keringanan pajak kepada individu dengan penghasilan di bawah batas tersebut. Meskipun kompleksitas perpajakan di Jerman tetap ada, perubahan ini berharap dapat merangsang kegiatan ekonomi dengan meningkatkan daya beli masyarakat.

Subsidi Energi

Namun, tidak semua perubahan bersifat positif. Subsidi energi, yang sebelumnya membantu meringankan tagihan energi, mengalami penurunan. Pemerintah mencabut program subsidi ini, yang berarti warga harus menghadapi kenaikan tagihan energi, terutama bagi 20% penggunaan energi yang tidak lagi mendapatkan bantuan.

Kewarganegaraan Ganda

Satu perubahan yang banyak orang nanti-nantikan adalah pengenalan kewarganegaraan ganda. Meskipun telah banyak menjadi perbincangan sejak dua tahun lalu, implementasi resmi akan bermula pada tahun 2024. Namun, berita kurang menggembirakan bagi warga negara Indonesia, yang tidak dapat memanfaatkan kebijakan ini. Meski Jerman sekarang mengizinkan kewarganegaraan ganda, ini tidak berlaku untuk paspor Indonesia, menuntut mereka yang ingin memiliki paspor Jerman untuk melepaskan kewarganegaraan Indonesia.

Kebijakan Imigrasi Jerman

Dalam kebijakan imigrasi Jerman tahun 2024, pemerintah mempersulit pencari suaka, namun mempermudah kedatangan pekerja terampil yang industri butuhkan. Kanselir Olaf Scholz mendukung deportasi “skala besar” bagi pemohon suaka yang ditolak, dengan perubahan undang-undang termasuk perpanjangan masa penahanan dan kewenangan baru bagi polisi. Pemulangan pemohon suaka juga menjadi fokus, dengan perjanjian dibicarakan dengan beberapa negara. Selain itu, reformasi bertujuan mempercepat proses permohonan suaka, mengurangi tunjangan, dan beralih ke sistem kartu sosial. Di sisi lain, kedatangan tenaga kerja terampil mendapat kemudahan dengan sistem poin, visa satu tahun, dan perluasan Kartu Biru Uni Eropa. Mulai Maret 2024, warga asing dari luar Uni Eropa dapat bekerja di Jerman selama kualifikasi mereka diproses.

Kesimpulan: Perubahan di Jerman 2024

Dengan demikian, perubahan-perubahan dalam kebijakan Jerman di tahun 2024 menciptakan pemandangan yang penuh warna dalam panorama kehidupan masyarakatnya. Meskipun beberapa perubahan dinilai positif, seperti peningkatan UMR dan batas gaji bebas pajak, namun kebijakan kontroversial terkait subsidi energi memberikan tantangan tersendiri. Sementara itu, pemberian izin untuk kewarganegaraan ganda menjadi langkah progresif, meskipun tidak semua warga dapat menikmatinya. Dengan perubahan ini, Jerman terus menghadapi tantangan global sambil berusaha memberikan kesejahteraan bagi warganya, menciptakan landasan yang solid untuk masa depan yang lebih baik.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan sistem hukum di Jerman yang bagus, kamu tak perlu terlalu khawatir untuk tinggal di Jerman.

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *