CV-GEN News

Deretan Startup Jerman dengan Reputasi Mendunia

Membicarakan perkembangan ekonomi dunia tentu tak lengkap tanpa membahas startup. Satu dekade belakangan ini, banyak sekali startup yang berkembang dan mendunia karena berhasil menghadirkan inovasi menarik. Seakan tak ingin ketinggalan dengan negara-negara lain, startup Jerman juga mendunia dengan berbagai kreativitas yang membuat siapa pun berdecak kagum.

Ingin tahu apa saja startup Jerman yang populer dan inspiratif? Inilah ulasan selengkapnya!

ZkSystems

Startup teknologi yang berbasis di Berlin ini telah berdiri sejak tahun 2018. ZkSystems menyediakan solusi perangkat lunak (software) yang sejalan dengan resolusi industri 4.0. Salah satu inovasi paling menarik dari startup Jerman ini adalah sistem bot tanpa konsep coding yang rumit. Keistimewaan tersebut berhasil memikat para investor hingga  berhasil memperoleh suntikan dana mencapai $ 3,4 juta.

JINA AI

2 Startup JINA AI
Sumber: Kube World

Perkembangan Artificial Intelligence (AI) tentu turut menyertai sepak terjang berbagai startup Jerman, salah satunya yaitu JINA AI. Startup ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk membantu berbagai sektor bisnis menyaring data berukuran besar demi mencari informasi yang dibutuhkan. Solusi tersebut membuat JINA AI yang baru berdiri sejak tahun 2020 berhasil meraih pendanaan investor dengan nilai mencapai $ 37,5 juta.

Perfeggt

Dominasi startup Jerman tak hanya berkutat pada bidang teknologi, tetapi juga turut berkontribusi untuk bidang pangan. Salah satu startup asal negeri panzer yang peduli terhadap perkembangan pangan adalah Perfeggt. Kehadiran Perfeggt disertai misi menyediakaan bahan pangan berbahan dasar nabati (plant-based) sebagai alternatif pengganti makanan berbahan dasar hewani. Startup yang didirikan tahun 2022 ini berhasil meraih minat investor yang berencana memberikan pendanaan hingga € 2,5 juta.

Pockid

3 Startup Jerman Pockid
Sumber: Rasmus und Christin

Soal urusan fasilitas finansial bagi generasi muda, startup Jerman punya Pockid sebagai andalan. Startup yang berbasis di Hamburg ini menyediakan rekening bank yang terintegrasi dengan kartu debit Mastercard fisik maupun virtual. Integrasi tersebut mempermudah para pemiliki rekening yang berniat mengelola uang serta menggunakan rekening bank secara aman. Hingga awal tahun 2022, Pockid berhasil memperoleh pendanaan investor sebesar € 4 juta.

Combyne

Ternyata Jerman juga punya startup yang berkecimpung di bidang fashion, yaitu Combyne. Startup yang berbasis di Munich ini berupa media sosial yang memungkinkan penggunanya membuat versi digital dari pakaian asli kemudian bereksplorasi dengan memadukan ide-ide fashion terbaru. Kehadiran Combyne tentu menjadi solusi menarik bagi orang-orang yang menyukai dunia fashion. Sejak berdiri tahun 2014 hingga awal tahun 2022, Combyne berhasil meraih pendanaan sebesar € 6.9 juta.

Cirplus

5 cirplus startup jerman
Sumber: Behance

Kepedulian Jerman terhadap isu lingkungan hidup dibuktikan melalui startup bernama Cirplus yang berdiri sejak tahun 2018. Cirplus memadukan teknologi blockchain dan Artificial Intelligence (AI) untuk memastikan bahwa pengelolaan limbah berlangsung efektif. Selanjutnya, upaya mengurangi sampah plastik tersebut berlanjut dengan memasarkan produk hasil daur ulang secara global. Dedikasi Cirplus dalam menjaga kelestarian lingkungan memperoleh apresiasi berupa pendanaan senilai € 3,7 juta dari para investor.

Dance

Satu lagi startup Jerman yang memikat perhatian dunia adalah Dance. Startup ini memfasilitasi layanan berlangganan e-bike sehingga penggunanya mendapatkan akses penyewaan sepeda secara praktis. Selanjutnya, para pelanggan bisa menggunakan sepeda tersebut untuk berkeliling kota dan mendukung rutinitas hariannya. Meskipun terkesan sederhana, Dance meraih pendanaan fantastis senilai $ 41,6 juta dari total 19 investor.

Selain beberapa startup tersebut, tentu saja Jerman masih punya banyak startup lain yang tak kalah bermanfaat dan berprospek cerah di masa depan. Semoga kehadiran startup tersebut turut menginspirasi Indonesia untuk mengembangkan kreativitas yang lebih istimewa lagi.