CV-GEN News

Hybrid Working Antar Negara: Solusi Karier Modern

Dahulu, bekerja identik dengan presensi dan aktivitas seharian di kantor. Namun, anggapan tersebut mulai memudar seiring dengan perkembangan teknologi yang makin pesat. Hybrid working menjadi solusi karier modern yang membuatmu bisa bekerja tanpa batasan ruang dan waktu. Bahkan, Anda bisa mencicipi pengalaman karier dua negara secara bersamaan.

Bekerja di Singapura, Jerman, atau negara lainnya tanpa meninggalkan tanah air bukan lagi hal mustahil. Mau tahu lebih banyak seputar hybrid working? Mari simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Hybrid Working?

2 bekerja hybrid working WFH WFA
Sumber: Breathe HR

Hybrid working adalah istilah untuk menyebut sistem kerja yang tidak terbatas pada rutinitas kantor karena pekerjaan bisa diselesaikan pada berbagai tempat. Pada umumnya, sistem kerja ini tidak mengharuskan Anda pergi kerja ke kantor setiap hari. Ada kantor yang menerapkan hybrid working dengan sistem tertentu, misalnya Work From Office (WFO) selama 2 hari dan Work From Anywhere (WFA) selama 3 hari dalam seminggu. Namun, ada pula perusahaan internasional yang menerapkan WFO satu hingga beberapa bulan sekali.

Pengaturan rutinitas kerja tersebut membuat Anda tidak harus pergi ke negara lain dan bermukim dalam waktu lama. Perjalanan bisnis ke negara lain setiap periode tertentu akan membuat perkembangan karier Anda lebih fleksibel.  

Keuntungan Menjalani Sistem Kerja Hibrida

3 bekerja dari rumah WFH
Sumber: Worxspace

Beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh bila menjalani sistem hybrid working antar negara adalah sebagai berikut:

  • Lebih mudah mewujudkan work life balance karena korespondensi pekerjaan akan rampung tanpa harus bepergian ke tempat kerja setiap hari.
  • Punya kesempatan menjalin relasi profesional antar negara dengan banyak orang.
  • Total gaji lebih besar, khususnya jika perusahaan tempat Anda bekerja menggunakan standar gaji negara maju seperti Jerman, Singapura, Amerika Serikat, dan lainnya.
  • Bisa mengatur waktu untuk menekuni side hustle (bisnis atau pekerjaan sampingan) jika sisa waktu Anda memungkinkan.
  • Kemampuan berbahasa asing makin meningkat sebab Anda wajib berkomunikasi dengan bahasa internasional atau bahasa negara setempat.
  • Dapat melakukan perjalanan bisnis ke negara lain sehingga berpeluang mendapatkan pengalaman baru yang menakjubkan.
  • Hemat biaya transportasi ke tempat kerja, terutama jika perusahaan menyiapkan akomodasi sewaktu Anda harus WFO ke luar negeri.

Persiapan Penting untuk Menjalani Sistem Kerja Hibrida

4 bekerja dari rumah WFH
Sumber: Wolipop

Meskipun terdengar sangat menyenangkan, tentu saja sistem working hybrid memiliki tantangan tersendiri yang tidak ada pada sistem kerja biasa. Oleh sebab itu, Anda patut melakukan beberapa persiapan penting ini supaya bisa bekerja secara profesional:

  • Jadilah pribadi mandiri yang tidak membutuhkan pengawasan atasan selama bekerja. Hal positif ini akan menjadi nilai tambah bagi diri sendiri sebab Anda bisa menyelesaikan pekerjaan semaksimal mungkin secara mandiri.
  • Perkaya kemampuan berbahasa asing semaksimal mungkin agar komunikasi dengan tim kerja berlangsung lancar tanpa kendala bahasa.
  • Jadilah pribadi yang fast response supaya tidak mengganggu ritme kerja tim meskipun sedang menjalani WFA dari tanah air.
  • Perhatikan perbedaan waktu antar negara sewaktu melakukan korespondensi kerja. Sehingga Anda menghubungi tim kerja atau klien dari negara lain pada waktu yang tepat di jam kerja setempat.
  • Jangan lupa mengajukan cuti bila memang ada keperluan pribadi mendesak. Rutinitas WFA tak boleh menjadi alasan untuk mengabaikan profesionalitas sewaktu bekerja.

Tertarik menjalani karier dengan sistem hybrid working?

Saat ini banyak perusahaan asing yang membuka lowongan kerja dengan sistem tersebut. Luangkan waktu untuk mencari lowongan kerja hibrida yang paling cocok dengan kualifikasi Anda. Selamat berkarier!