Sertifikat Pelaut CCM - Pengertian dan SyaratnyaGambar dari Pixexid: A sailor in dress whites stands rigid at attention in front of a naval ship

Setiap pelaut yang bertugas di kapal penumpang harus memahami pentingnya Sertifikat Pelaut CCM (Crowd Management dan Crisis and Human Behavior Management). Apa itu CCM?

Baca Juga: USPH: Pengawas Ketat Keselamatan dan Sanitasi di Kapal

Crowd Management

Pelatihan Crowd Management bertujuan untuk melatih awak kapal agar dapat mengelola situasi darurat dengan memperhatikan perilaku penumpang. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya kepanikan yang dapat mengakibatkan krisis di kapal. Dalam pelatihan ini, pelaut mendapay pengajaran untuk menganalisis perilaku penumpang potensial yang dapat menyebabkan krisis dan memberikan pengarahan yang jelas serta tegas untuk menghindari kepanikan.

Untuk penumpang yang agresif, mereka dapat ikut serta dalam tim penyelamat atau komandan penumpang, karena pada dasarnya orang yang agresif akan mudah petugas arahkan dan perintahkan terutama pada saat puncak agresif (pada saat dia memunculkan banyak ide yang kebanyakan tidak masuk akal) dengan ucapan halus dan santun. Sedangkan untuk penumpang yang depresi, mereka harus mendapat perlakuan secara khusus dengan pendekatan personal agar mau mengikuti petunjuk. Pelatihan ini mempersiapkan pelaut untuk menghadapi berbagai situasi darurat dengan tenang dan terarah.

Crisis and Human Behavior Management

Pelatihan Crisis and Human Behavior Management bertujuan untuk mengajarkan pelaut cara mengatasi penumpang yang mengalami kepanikan atau konflik di kapal. Pelatihan ini sangat penting agar para pelaut dapat bertindak dengan tepat dalam menghadapi situasi darurat yang melibatkan penumpang yang panik atau saling berkelahi.

Seperti yang tergambar dalam film Titanic, kepanikan yang melanda penumpang bisa sangat mengancam keselamatan semua orang di kapal. Oleh karena itu, pelatihan CCM ini harus diberikan kepada semua pelaut yang bertugas di kapal penumpang, ferry, atau Ro-Ro.

Persyaratan untuk Mendapatkan CCM:

  1. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap.
  2. Melampirkan foto copy E-KTP.
  3. Melampirkan foto copy sertifikat BST.
  4. Surat kesehatan dari dokter.

Kesimpulan: Sertifikat Pelaut CCM

Dalam kesimpulannya, bahwa Sertifikat Pelaut Crowd Management dan Crisis and Human Behavior Management (CCM) adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam mempersiapkan para pelaut untuk menghadapi situasi darurat di kapal penumpang. Melalui pelatihan ini, para pelaut mendapat pelatihan untuk mengelola kerumunan penumpang dengan tenang dan tegas guna mencegah terjadinya kepanikan yang dapat mengancam keselamatan. Selain itu, mereka juga dipersiapkan untuk mengatasi konflik dan kepanikan dengan cara yang profesional dan efektif, sehingga dapat menjaga keamanan dan keselamatan semua penumpang dan awak kapal. Dengan memenuhi syarat-syarat pendaftaran dan mengikuti pelatihan dengan baik, para pelaut akan siap menghadapi berbagai situasi darurat dengan keahlian dan keterampilan yang diperlukan.

Sumber Terkait:

Yuk, Jadi Kru Kapal Pesiar Profesional!

Tertarik menjadi seorang pelaut?

Yuk! Wujudkan impian menjelajahi lautan dunia sebagai seorang kru kapal pesiar profesional! cv-gen.com menghadirkan platform pelaut yang menjamin penempatan di kapal pesiar internasional.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari industri maritim yang menarik ini. Untuk itu, CV-Gen telah membuka pendaftaran untuk posisi kru kapal pesiar yang menarik di seluruh dunia. Kemudian, dengan mengunjungi Pelaut CVGEN, Anda akan memiliki akses ke berbagai peluang karir yang menantang dan mengasyikkan.

CVGEN dan layanan peluang kerja ke kapal pesiar dunia. Layanan termasuk pelatihan, dokumen kepelautan, STCW, diklat, dan juga tidak perlu cari kapal. Kemudian, yang paling penting, yaitu interview pihak perusahaan kapal pesiar datang langsung ke sekolah.

CVGEN dan layanan asrama bahasa inggris juga bekerjasama dengan kampung Inggris Pare. Asrama bahasa Jerman termasuk pemantapan bahasa Inggris dari nol sampai bisa conversation, lulus marlin test, atau lulus TOEFL dan IELTS sesuai target program ke negara maju.

Maka dari itu, bergabunglah dengan ribuan profesional maritim terampil dan berbakat yang telah memilih CV-Gen sebagai mitra karir mereka.

Kemudian, jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *