CV-GEN News

6 Sertifikat Minimum Ini Jadi Hal Wajib untuk Jadi Crew di Kapal Pesiar

Sertifikat minimum ini jadi hal wajib yang harus ada dan perlu oleh siapa saja yang berkeinginan serta hendak menjadi crew di atas kapal pesiar. Semua sertifikat ini wajib ada sebagai tanda bahwa semua calon crew siap bekerja di atas kapal tersebut. Para pemilik kapal pastinya berkeinginan memiliki crew yang tangguh.

Lewat sertifikat minimum yang sudah anda siapkan maka jalan untuk bekerja di kapal pesiar impian anda menjadi kian terbuka nantinya. Bekerja di kapal pesiar sendiri sebenarnya merupakan hal-hal yang jadi impian bagi banyak orang. Ada banyak alasan di dalamnya.

Selain karena gajinya yang sangat menggiurkan, namun bekerja di tempat tersebut memberikan anda kesempatan untuk berkeliling dunia secara gratis. Siapa lagi yang tidak menginginkan dua kenyamanan tersebut bisa anda peroleh sekaligus.

Baca juga: Pertama di Indonesia! Ami, Sang Electrician Kapal Pesiar Wanita

Karena banyaknya peminat yang ingin bekerja di tempat ini, maka seleksi penerimaan untuk bisa bekerja di sini menjadi ketat. Tidak semua orang bisa bekerja di kapal pesiar dengan seenak hati. Ada banyak hal yang perlu di lalui supaya masuk ke tempat tersebut dan bekerja di sana.

Syarat Sertifikat Minimum

Sama seperti pekerjaan lainnya, untuk bekerja di kapal pesiar ada syarat minimum yang para kandidat perlu siapkan. Dalam artikel ini akan ada ulasan mengenai apa-apa saja sertifikat yang perlu calon crew kapal pesiar bawa.

Sedikitnya ada enam buah sertifikat yang perlu disiapkan bagi seseorang untuk bisa bekerja di atas kapal pesiar. Keenam sertifikat ini menjadi hal yang perlu ada ketika anda hendak melamar dan bekerja di kapal pesiar. Sertifikat minimum tersebut akan ada dalam artikel berikut ini.

Paspor Jadi Sertifikat Minimum Pertama

Sama seperti ketika anda hendak pergi ke luar negeri maka paspor ini menjadi salah satu syarat supaya bisa menjadi crew di kapal pesiar. Adanya paspor ini menjadi penanda bahwa seseorang bisa melakukan perjalanan antar negara. Paspor sendiri menjadi penanda yang memuat identitas dari pemegangnya.

Buku Pelaut

Atau juga memiliki nama lain yakni seaman’s book menjadi hal yang perlu anda bawa untuk bisa menjadi seorang anggota di kapal pesiar. Buku ini menjadi penanda bahwa seseorang memiliki pengalaman atau track record sebagai pelaut.

BST Jadi Sertifikat Minimum Selanjutnya

Sertifikat BST atau Basic Safety Training jadi syarat minimum lain yang harus dibawa oleh calon crew di atas kapal pesiar. Adanya sertifikat ini membuktikan anda memiliki wawasan terkait keselamatan ketika bekerja sebagai pelaut.

Sertifikat CMT

Bagi para pelaut, sertifikat Crowd Management Training atau CMT harus ada ketika melamar jadi crew kapal pesiar. Sertifikat ini menandakan pelaut mahir dalam menangani penumpang dan kerumunan besar yang terjadi karena keadaan darurat. Saat keadaan genting, para crew kapal pesiar dituntut untuk tetap tenang dalam berbagai kemungkinan.

Sertifikat SAT

Tidak hanya sertifikat BST dan CMT para calon crew kapal pesiar pun juga harus menyiapkan sertifikat lain yakni Security Awareness Training (SAT). Output dari SAT ini membuktikan bahwa para pelaut memiliki keterampilan dalam hal keamanan ketika melintas di laut atau berlabuh.

Surat Pengalaman Kerja

Hal terakhir yang perlu anda bawa ketika hendak menjadi crew di kapal pesiar adalah surat pengalaman kerja minimal satu tahun. Dengan surat ini maka anda memiliki kesempatan besar untuk bisa bekerja di kapal pesiar.