Serikat Buruh di Jerman Bangkit Kembali Pasca Isu Mogok KerjaPicture in PxHere: work, chinese, industrial, professional, industry, factory, workers, asia factory.

Mogok kerja lintas sektor yang mengguncang Jerman akhir-akhir ini ternyata memiliki dampak yang mengejutkan: memperkuat posisi serikat buruh. Setelah dua dekade terakhir mengalami penurunan anggota, sebagian besar serikat pekerja melaporkan lonjakan jumlah pendaftaran baru, menandai akhir dari tren penurunan tersebut.

Baca Juga: Beasiswa ke Jerman: 12 Rekomendasi Peluang Kuliah di Jerman

Melonjaknya Pendaftaran Anggota Baru

Verdi, sebagai salah satu serikat terkemuka yang mewakili 1,9 juta tenaga kerja lintas industri di Jerman, mencatat rekor pendaftaran anggota baru sejak 22 tahun berdiri, dengan 193.000 orang bergabung. Serikat lain juga melaporkan tren serupa, seperti Serikat Masinis GDL yang mencatat kenaikan keanggotaan sebesar 18 persen, dan serikat buruh gastronomi yang melaporkan 20.000 anggota baru tahun lalu. Fenomena ini menunjukkan semakin banyaknya tenaga kerja muda yang tertarik untuk bergabung dengan serikat buruh.

Stefan Körzell, dari Konfederasi Serikat Buruh Jerman (DGB), mengamini tren tersebut. Dia melaporkan lonjakan jumlah anggota di delapan organisasi perserikatan yang dinaunginya. Menurutnya, ini adalah isyarat positif dan hasil dari kebijakan dan advokasi yang baik dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, Körzell juga mengakui bahwa peningkatan anggota pada tahun lalu mungkin bersifat anomali. Sejak beberapa dekade terakhir, anggota serikat buruh di Jerman terus menurun, dari 9,3 juta orang pada pertengahan tahun 1990-an menjadi 5,6 juta orang saat ini. Hal ini disebabkan oleh pergeseran demografi yang ditandai dengan pensiunnya generasi tua.

Verdi menyadari bahwa mereka perlu mendapatkan 150.000 anggota baru setiap tahun untuk mengimbangi penurunan anggota yang alami. Meskipun demikian, peningkatan jumlah pendaftaran anggota baru, terutama yang berusia muda, dianggap sebagai hal yang positif.

Pentingnya Serikat Buruh di Jerman

Torsten Schulten, seorang peneliti dari Yayasan Hans Böckler yang dekat dengan DGB, menyatakan bahwa himpitan ekonomi telah meningkatkan peran serikat buruh, terutama di kalangan muda. Inflasi yang tinggi membuat upah buruh tidak lagi cukup, sehingga serikat buruh menjadi penting dalam menegosiasikan kompensasi atau perbaikan upah.

Stefan Körzell juga menyatakan bahwa dukungan yang meningkat bagi serikat buruh terkait dengan krisis tenaga kerja pasca pandemi COVID-19 dan konflik di Ukraina. Serikat buruh berperan dalam meminimalisir ancaman pemecatan massal dan memperjuangkan kontrak jangka pendek serta kompensasi.

Meskipun demikian, Marcel Fratzscher, seorang peneliti di Institut Penelitian Ekonomi Jerman DIW, menegaskan bahwa meskipun ada kelangkaan tenaga kerja, hal ini tidak menjamin perbaikan kondisi kerja. Oleh karena itu, aktivisme dan advokasi yang kuat masih dibutuhkan untuk memastikan kondisi kerja yang lebih baik bagi semua pekerja.

Kesimpulan: Bangkitnya Serikat Buruh di Jerman

Hal tersebut menggambarkan fenomena menarik di Jerman, di mana gelombang aksi mogok telah memicu peningkatan anggota baru untuk serikat buruh. Meskipun serikat buruh Jerman telah mengalami penurunan anggota selama beberapa dekade terakhir, lonjakan ini menandai titik balik yang potensial dalam kekuatan dan relevansi mereka. Peningkatan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk himpitan ekonomi, pergeseran demografi, dan upaya serikat buruh dalam memperjuangkan kondisi kerja yang lebih baik bagi para pekerja. Meskipun masih ada tantangan di depan, seperti kelangkaan tenaga kerja dan perlunya advokasi yang kuat, fenomena ini menunjukkan bahwa serikat buruh tetap menjadi kekuatan penting dalam memperjuangkan hak dan kesejahteraan pekerja di Jerman.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan inovasi teknologi terbarukan di Jerman yang sangat bagus, ini sangat berguna bagi Anda yang mau belajar lebih luas!

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Kemudian, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *