Beasiswa ke Jerman: 12 Rekomendasi Peluang Kuliah di JermanFoto oleh Davis Sánchez: Foto wanita tersenyum berbaju akademik hitam memegang ijazah berpose.

Jerman telah lama menjadi magnet bagi para pencari ilmu dari seluruh penjuru dunia, tidak hanya karena reputasi akademisnya yang kuat, tetapi juga karena beragam kesempatan beasiswa yang ditawarkan. Bagi para pelajar dan juga peneliti yang bermimpi mengejar pendidikan di negeri yang dikenal dengan sistem pendidikan berkualitas tinggi ini, ada beberapa opsi yang patut mereka pertimbangkan.

Baca Juga: 4 Hari Kerja di Jerman Mulai Dicoba, Bagaimana Hasilnya?

Beasiswa ke Jerman dari Pemerintah

  1. IGSP (Indonesia-German Scholarship Programme)

Pertama, ada program beasiswa IGSP, ini merupakan kemitraan antara pemerintah Indonesia dan Jerman yang menyasar dosen tetap perguruan tinggi di Indonesia. Khusus untuk jenjang pendidikan S3, dengan persyaratan usia maksimal 50 tahun dan kemampuan bahasa Inggris yang teruji. Informasi selengkapnya, bisa klik di: Indonesia-German Scholarship Programme

  1. Erasmus + (Erasmus Mundus)

Kedua, ada beasiswa Erasmus. Mendapat fasilitasi oleh European Commission, Erasmus+ menyediakan dukungan finansial bagi pelajar dari luar Uni Eropa yang ingin menempuh studi di Jerman. Program ini mencakup berbagai biaya seperti biaya kuliah, perjalanan, dan juga tunjangan bulanan. Informasi selengkapnya, bisa klik di: Erasmus + (Erasmus Mundus)

  1. LPDP

Pemerintah Indonesia juga menawarkan beasiswa melalui LPDP untuk studi S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. Beasiswa ini mencakup biaya hidup dan kuliah serta menyediakan pelatihan kepemimpinan sebelum mulai studi. Informasi selengkapnya, bisa klik di: LPDP.

  1. DAAD Scholarships

Kemudian, ada German Academic Exchange Service (DAAD) yang menawarkan beragam jenis beasiswa yang mendapatkan dana oleh pemerintah, memberikan dukungan finansial yang signifikan bagi pelajar internasional. Infromasi selengkapnya, bisa klik di: DAAD Scholarship.

Beasiswa ke Jerman dari Universitas dan Lembaga Non-Pemerintah

Selain beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, terdapat juga kesempatan yang dihadirkan oleh universitas dan lembaga non-pemerintah di Jerman:

  1. Friedrich Ebert Stiftung (FES)

Selanjutnya, ada beasiswa FES. Merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah berada di Jerman, dengan persyaratan kemampuan bahasa Jerman yang kuat. Informasi selengkapnya, bisa klik di: Friedrich Ebert Stiftung (FES).

  1. Friedrich Naumann Stiftung (FNS)

Kemudian, ada FNS. Ditujukan bagi mahasiswa internasional yang terdaftar dalam program master di Jerman, dengan nilai bantuan finansial yang menarik. Informasi selengkapnya, bisa klik di: Friedrich Naumann Stiftung (FNS).

  1. Heinrich Boll Stiftung

Selanjutnya, ada beasiswa yang terkait dengan Partai Hijau di Jerman, dengan dua gelombang pendaftaran setiap tahunnya. Informasi selengkapnya, klik di: Heinrich Boll Stiftung.

  1. Deutschland Stipendium

Memberikan dukungan finansial kepada mahasiswa berprestasi dengan kerjasama antara sektor publik dan juga swasta. Informasi selengkapnya, bisa klik di: Deutschland Stipendum.

  1. Kurt Hansen Science Scholarships

Beasiswa ini untuk mahasiswa internasional yang tertarik dalam karier di bidang ilmu pengetahuan. Informasi selengkapnya, klik di: Kurt Hansen Science Scholarships.

  1. Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers

Potongan biaya kuliah bagi mahasiswa doktorat dengan program Bahasa Inggris. Infromasi selengkapnya, bisa klik di: Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers.

  1. RWTH Aachen University Scholarships

Setelah itu, ada kampus yang murah hati dalam memberikan beasiswa bagi mahasiswa internasional dan domestik. Infromasi selengkapnya, bisa klik di: RWTH Aachen University Scholarships.

  1. FRIAS Cofund Fellowship Programme untuk Peneliti Internasional

Terakhir, ada beasiswa untuk penelitian bagi mahasiswa internasional di University of Freiburg. Info selengkapnya, bisa klik di: FRIAS Cofund Fellowship Programme untuk Peneliti Internasional.

Kesimpulan: Rekomendasi Beasiswa ke Jerman

Secara keseluruhan, beragam kesempatan beasiswa yang tersedia di Jerman, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh universitas dan lembaga non-pemerintah, menawarkan peluang yang sangat menarik bagi para pelajar dan peneliti internasional. Dukungan finansial yang diberikan mencakup biaya kuliah, hidup, dan bahkan pelatihan tambahan, memungkinkan akses ke pendidikan berkualitas tinggi di negara dengan sistem pendidikan yang terkenal di seluruh dunia. Maka dari itu, dengan persyaratan yang jelas dan persiapan yang matang, beasiswa ini membuka pintu bagi pencapaian impian pendidikan internasional bagi individu dari berbagai latar belakang dan bidang studi.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan inovasi teknologi terbarukan di Jerman yang sangat bagus, ini sangat berguna bagi Anda yang mau belajar lebih luas!

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Kemudian, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *