CV-GEN News

Schnuppertag: Office Tour ala Jerman Sebelum Bekerja

Perjalanan karier setiap orang memang tak selalu berlangsung mulus. Bahkan, tak sedikit orang yang merasa keliru memilih jalur karier sejak hari pertama kerja. Hal tersebut berusaha diminimalkan Jerman agar setiap tenaga kerja bisa menjalankan kewajibannya secara profesional dan suka hati. Salah satu upaya Jerman untuk meminimalkan risiko salah pilih pekerjaan bagi para Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aktivitas schnuppertag.

Apakah Anda merasa familiar dengan istilah schnuppertag?

Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini agar semakin mengenal schnuppertag ala Jerman.

Mengenal Tahapan Lamaran Kerja di Jerman

Schnuppertag merupakan salah satu bagian penting dalam proses melamar kerja sebelum Anda melangkah ke tahap selanjutnya dalam proses seleksi. Secara garis besar, ada beberapa tahapan melamar kerja di Jerman yang harus Anda lewati, yaitu:

  • Menerima panggilan telepon dari perusahaan untuk melakukan perkenalan singkat selama 10 hingga 15 menit. Pada tahapan ini, Anda juga akan membuat janji temu dengan pihak perusahaan untuk melakukan wawancara teknis secara lebih rinci.
  • Melakukan wawancara teknis dalam waktu kurang lebih 1 jam secara langsung maupun online.
  • Menjalani sesi schnuppertag supaya kandidat karyawan lebih mengenal lingkungan kerja dan kewajibannya ketika resmi menjadi karyawan.
  • Menunggu keputusan akhir dari perusahaan tentang lolos atau tidaknya Anda dalam lamaran pekerjaan.

Apa Itu Schnuppertag?

2 Schnuppertag wawancara kerja interview kerja
Sumber: Inc Magazine

Secara sederhana, schnuppertag adalah office tour ala Jerman bagi calon karyawan yang telah lolos wawancara teknis. Dalam sesi office tour tersebut, kandidat karyawan akan diajak berkeliling lingkungan kerja, terutama lingkungan yang akan menjadi tempat bekerja si kandidat. Selain itu, kandidat berkesempatan melihat tugas-tugas yang akan menjadi tanggung jawabnya secara lebih dekat.

Pada umumnya, tahapan pengenalan lingkungan kerja ini membutuhkan waktu kurang lebih setengah hari kerja. Kandidat karyawan juga bisa berkenalan dengan calon rekan-rekan kerja maupun keseluruhan anggota tim. Proses ini menjadi tahapan yang penting bagi kandidat karyawan maupun perusahaan untuk mengenal satu sama lain secara lebih detail.

Manfaat Office Tour Bagi Karyawan

Beberapa manfaat aktivitas schnuppertag bagi kandidat karyawan maupun perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan dapat mempelajari karakter dan kemampuan kerja kandidat karyawan sehingga berkesempatan menempatkannya pada bidang pekerjaan yang paling tepat.
  • Kandidat karyawan punya kesempatan mempelajari bidang pekerjaannya secara lebih rinci sekaligus menanyakan berbagai hal rinci terkait pekerjaan .
  • Kecanggungan dan kebingungan ketika mulai bekerja akan berkurang sebab kandidat karyawan sudah meninjau bidang kerjanya secara langsung.
  • Risiko salah pilih pekerjaan juga semakin kecil sebab kandidat karyawan sudah melihat sendiri aktivitas pekerjaan yang akan menjadi rutinitasnya.

Hal Apa yang akan Dilakukan setelah Schnuppertag?

3 tanda tangan kontrak kerja
Sumber: Generis Global Legal Services

Saat schnuppertag selesai, perusahaan akan langsung mempertimbangkan lolos atau tidaknya kandidat karyawan. Kemudian, perusahaan segera menghubungi kandidat karyawan yang lolos untuk menawarkan kontrak kerja. Kesepakatan kerja antara dua belah pihak akan berlanjut ke proses masa percobaan (probezeit) selama kurang lebih 6 bulan. Pada masa awal bekerja, karyawan baru juga akan menjalani sesi training selama kurang lebih 1 bulan.

Anda tak perlu khawatir akan kesulitan menjalani probezeit karena ada pendampingan mentor yang akan mengunjungi Anda secara teratur, misalnya 2 minggu atau 1 bulan sekali. Jangan ragu menyampaikan kesulitan yang terjadi selama bekerja kepada sang mentor agar bisa lekas mendapatkan solusinya.

Apapun tahapan pekerjaan yang akan Anda hadapi, berusahalah selalu bersikap profesional supaya bisa mendapatkan pekerjaan impian secara lancar. Mari menyiapkan kemampuan semaksimal mungkin bila ingin bekerja di Jerman.