CV-GEN News

Resolusi Karier 2023 untuk Tingkatkan Profesionalitas Anda

Tanpa terasa kita sudah memasuki penghujung tahun 2022. Kemungkinan besar banyak resolusi tahun ini yang belum tercapai. Namun, Anda tak perlu berkecil hati. Masih ada kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan ragu membuat resolusi karier 2023 demi memotivasi diri sendiri.

Membuat resolusi karier 2023 tidak harus dilakukan secara muluk-muluk. Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana ini untuk mendukung kelancaran karier pada tahun mendatang:

Mengurangi Berbagai Kebiasaan Buruk

2 resolusi karier 2023 kebiasaan menunda pekerjaan
Sumber: Medical News Today

Hambatan karier kerap berasal dari kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa sadar secara terus-menerus. Oleh sebab itu, Anda harus bertekad mengurangi kebiasaan buruk yang rentan menghambat karier. Buatlah resolusi karier 2023 yang sederhana tetapi efektif menjadikan Anda semakin profesional.

Beberapa kebiasaan yang rentan mempengaruhi karier antara lain:

  • Sering menunda-nunda pekerjaan (prokrastinasi).
  • Ketagihan mengakses media sosial.
  • Datang terlambat ke tempat kerja, khususnya bila ada agenda penting seperti meeting.
  • Gagal fokus dengan pekerjaan karena pikiran terdistraksi dengan hal-hal lain.

Mencoba Berkata Tidak untuk Hal-Hal Tertentu

Anda tak harus selalu berkata iya selama mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Sebab tidak semua perintah atasan atau klien pasti tepat. Jadi, resolusi karier 2023 membuat Anda harus berani berpikir dan bersikap kritis terhadap hal-hal yang berada di sekitar Anda. Tak perlu ragu mengemukakan pendapat bila menemukan kekeliruan dalam suatu proses kerja. Namun, pastikan bahwa sikap ini diimbangi dengan wawasan yang memadai serta riset tentang permasalahan yang sedang dihadapi.

Mempelajari Banyak Hal Baru Sesuai Minat

3 belajar hal baru SDM profesional
Sumber: Great Learning

Rutinitas pekerjaan tak boleh jadi halangan untuk mempelajari hal baru. Bila selama ini Anda terjebak dalam kegiatan pekerjaan yang membosankan, cobalah meluangkan waktu untuk mempelajari hal baru yang sesuai minat Anda. Contohnya, jika Anda bekerja di bidang mesin tetapi punya ketertarikan terhadap dunia desain, tak ada salahnya mempelajari desain melalui jalur pendidikan non formal. Hal sederhana tersebut akan menambah nilai pribadi Anda sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) profesional.

Menjalin Relasi Profesional dengan Banyak Orang

Resolusi karier 2023 juga tak lepas dari jalinan relasi profesional dengan banyak orang. Jangan pernah menyepelekan manfaat relasi yang Anda miliki selama bekerja. Bukan mustahil bila relasi tersebut membuat kesempatan karier atau bisnis yang lebih cemerlang untuk Anda di masa depan. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mempertahankan relasi profesional saat berkarier:

  • Berikan kesan pertama yang baik kepada orang-orang yang baru Anda kenal.
  • Tetap berkabar untuk mempertahankan komunikasi dengan para relasi, misalnya dengan mengucapkan selama hari raya atau menyampaikan undangan acara.
  • Usahakan membantu relasi yang sedang membutuhkan pertolongan dengan tetap memprioritaskan sisi profesionalitas.

Memperbarui Akun LinkedIn Secara teratur

4 menggunakan pengguna media sosial LinkedIn
Sumber: Real Business

Penggunaan berbagai jenis media sosial untuk alasan hiburan tentu sah-sah saja. Namun, jangan lupa dengan manfaat LinkedIn bila Anda ingin menyukseskan resolusi karier 2023. LinkedIn ibarat etalase yang menunjukkan kemampuan para profesional pada masing-masing bidangnya. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk menunjukkan talenta terbaik Anda. Mulailah menggunakan LinkedIn secara intensif sebagaimana Anda menggunakan media sosial lainnya. Buatlah dan bagikan konten-konten bermanfaat. Jalinlah relasi baru dengan pengguna LinkedIn dari bidang yang sama atau lintas bidang untuk memperkaya wawasan.

Jangan bersikap apatis karena resolusi tahun-tahun lalu hanya jadi sekadar wacana. Mari menyusun resolusi karier 2023 yang baru untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam diri Anda.