CV-GEN News

Aneka Produk Lokal yang Diminati Pangsa Pasar Jerman

Membahas seputar negara-negara maju di Eropa tentu tak lengkap tanpa menyebut Jerman. Negara industri ini memang memiliki hubungan bilateral yang baik dengan Indonesia. Tak hanya memberikan kesempatan bagi mahasiswa tanah air untuk magang, produk-produk lokal asli Indonesia juga berhasil menggugah minat pangsa pasar Jerman.

Bila Anda berencana mengembangkan bisnis dengan pangsa pasar Jerman sebagai target utama, berarti Anda harus menyiapkan produk yang tepat. Aneka produk lokal berikut ini ternyata sangat laris manis di kalangan masyarakat Jerman:

Makanan

2 makanan di toserba toko kelontong
Sumber: Taste Cooking

Ternyata makanan Indonesia juga termasuk produk yang laku keras di Jerman. Bukan hanya warga Indonesia yang bermukim di Jerman saja yang membeli makanan tersebut, melainkan juga pangsa pasar Jerman berupa penduduk asli dan warga multi etnis lainnya. Cita rasa makanan Indonesia terasa lebih sedap dan sangat berbumbu. Berbagai jenis produk seperti mi instan, sambal, bumbu masakan instan, tahu tempe, dan kerupuk dapat dibeli di toko Asia yang terdapat di Jerman.

Mebel

Kualitas mebel kayu asal Indonesia memang sangat tersohor hingga ke kancah internasional. Itulah sebabnya Jerman menjadi salah satu negara importir mebel terbesar dari tanah air karena minat yang tinggi terhadap produk tersebut. Mebel asli Indonesia memiliki mutu tinggi dan model yang sangat menarik. Pada umumnya, pangsa pasar Jerman menyukai mebel bernuansa minimalis yang menampilkan kesan elegan dan tidak pernah ketinggalan zaman. Ada berbagai bahan dasar mebel yang menjadi primadona di kalangan warga Jerman, antara lain kayu jati, rotan, dan bambu.

Produk Herbal

3 rempah-rempah Indonesia
Sumber: Facts of Indonesia

Pangsa pasar jerman juga sangat menyukai produk herbal asal Indonesia karena terbuat dari bahan-bahan natural. Beragam produk herbal tersebut biasanya berasal dari rempah-rempah yang tidak dapat ada di Jerman. Selain dianggap lebih manjur dan minim efek samping, produk herbal dari tanah air juga efektif menghangatkan tubuh, khususnya saat Jerman memasuki musim salju. Kini, banyak produk herbal Indonesia yang mulai populer dan menjadi kegemaran masyarakat Jerman.

Batik

Tahukah Anda kalau batik juga termasuk komoditas andalan yang berhasil merebut hati pangsa pasar Jerman?

Lebih hebatnya lagi, Adidas sebagai salah satu perusahaan mode raksasa asal jerman pernah mengeluarkan seri pakaian edisi batik. Keindahan corak batik senantiasa berhasil membuat masyarakat Jerman berdecak kagum. Tak cuma berhasil meraih omzet penjualan yang tinggi, batik juga memiliki tempat khusus di hati warga Jerman. Eksistensi tersebut juga terlihat dari beberapa galeri yang secara spesial memamerkan batik asli Indonesia.

Ikan Hias

4 bisnis ikan hias cupang
Sumber: IDN Times

Indonesia adalah negara tropis yang kekayaan alamnya sangat melimpah. Kelebihan tersebut juga membuat Indonesia mempunyai banyak spesies ikan hias cantik yang diminati berbagai negara, termasuk pangsa pasar Jerman. Hal tersebut tercermin melalui pameran ikan hias tanah air yang rutin diselenggarakan di Jerman setiap tahun. Sifat ikan yang unik serta warna yang mencolok membuat warga Jerman jatuh cinta dengan satwa asal Indonesia tersebut.

Alas Kaki

Banyak orang beranggapan bahwa produk asal luar negeri lebih berkualitas, termasuk produk dari Jerman. Padahal, Indonesia termasuk negara eksportir produk fashion terbesar ke Jerman, khususnya alas kaki. Pangsa pasar Jerman menyukai produk alas kaki asal Indonesia memiliki kualitas tinggi, desain menarik, dan harganya cukup terjangkau. Anda tak akan kesulitan menemukan sepatu hasil produksi lokal ketika berada di Jerman.

Selain beberapa produk tersebut, tentu masih banyak varian produk lokal lainnya yang menarik bagi pangsa pasar Jerman. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang berencana melakukan ekspansi bisnis ke Jerman sehingga produk lokal kebanggaan tanah air makin mendunia.