CV-GEN News

Rayakan Kesucian Natal, Jerman Punya Tradisi Ikonis!

Natal di Jerman merupakan saat yang paling banyak orang-orang di Jerman nantikan. Mereka ternyata punya tradisi tersendiri yang tak kalah unik. Walaupun ada beberapa tradisi yang sama dengan negara lain. Namun, berikut ini adalah ulasan tentang tradisi Natal yang memang terkesan “Jerman banget” alias sangat ikonis dengan Jerman.

Baca Juga : Deretan Startup Jerman dengan Reputasi Mendunia

Rayakan Kesucian Natal, Jerman Punya Tradisi Ikonis

1. Adventskalender (Kalender Advent)

Adventskalender Natal Jerman

Sumber gambar : Jacus

Adventskalender merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menghitung hari-hari menjelang Natal. Terdapat 24 jendela atau kotak yang berisi makanan, kosmetik, dan lain-lain.

Setiap satu hari, seseorang harus membuka satu jendela tersebut sesuai dengan angka yang sudah tertera. Misalnya, jendela yang pertama harus dibuka di angka satu, sesuai dengan tanggal pertama di bulan Desember. Kemudian, lanjutkan di hari dan angka seterusnya sampai tanggal 24 Desember sebelum hari Natal tiba. Biasanya, di jendela terakhir merupakan barang yang paling istimewa. Karena memang satu hari sebelum Natal merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Adventskalender banyak terjual di toko-toko di Jerman saat Natal akan tiba. Namun, ada juga yang lebih memilih untuk membuatnya sendiri, biasanya para orang tua yang membuatkannya untuk anak-anak mereka.

2. Adventskrantz (Lilin Advent)

Adventskranz untuk Natal di Jerman

Sumber gambar : S.H.exclusiv

Yang satu ini adalah rangkaian bunga dan empat lilin. Satu lilin dibakar setiap hari minggu sebelum Natal. Kemudian, berlanjut di minggu berikutnya.

Hampir semua masyarakat atau keluarga di Jerman memiliki Adventskrantz. Saat sudah sampai minggu terakhir menjelang Natal, mereka akan duduk bersama, melakukan doa, menyanyikan lagu Natal, dan sejenisnya.

Toko-toko menjualnya di saat akhir bulan November dan banyak sekali variasi yang tersedia.

3. Glühwein (Anggur Jerman)

Sumber gambar : ALDI

Glühwein merupakan minuman anggur fermentasi tradisional Jerman. Minuman ini salah satu terfavorit orang Jerman pada saat musim dingin atau musim natal. Walaupun termasuk jenis wine, namun sedikit berbeda dengan wine yang lainnya. Wine yang satu ini mengandung beberapa bahan lain. Seperti, kayu manis, jeruk, dan bahan rempah-rempah lainnya yang bertujuan memberi rasa hangat pada tubuh.

Biasanya orang Jerman akan menikmatinya di Wine X Mart atau pasar Natal bersama keluarga, teman, atau pasangan.

4. Sankt Nikolaus dan Krampus Nacht (Karakter Natal Khas Anak-Anak di Jerman)

Nikolaus dan Krampus di Natal Jerman

Sumber gambar : Joglland

ankt Nikolaus dan Krampus Nacht merupakan tokoh yang anak-anak di Jerman nantikan atau bahkan takutkan saat bulan Natal tiba.

Untuk Sankt Nikolaus sendiri, biasanya anak-anak akan memoles sepatu mereka dan meninggalkannya di luar pintu rumah sebelum tidur. Kemudian, keesokan harinya mereka akan menemukan beberapa permen, camilan, dan hadiah kecil lainnya dari Sankt Nikolaus.

Berikutnya, Krampus Nacht yang merupakan karakter iblis yang dengan Sankt Nikolau. Ia biasanya berkeliling di jalanan Jerman dan suka menghajar anak-anak yang nakal. Lucunya, ada beberapa orang tua yang rela mengundang Krampus ke rumah mereka untuk menghajar anak-anak mereka yang nakal.