CV-GEN News

Rapat DPR : Penguatan Tata Kelola Keamanan Laut Nasional

Pada Senin, 18 September 2023, Komisi I DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI), Director of Paramadina Graduate School of Diplomacy, dan Pemerhati Kemaritiman (Wakil Bupati Natuna). Rapat ini dipimpin oleh Sugiono, Ketua Panja Keamanan Laut Komisi I DPR RI, dan tempat untuk menyelenggarakan rapat di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Gedung Nusantara II, Jakarta.

Baca Juga : Mengenal Organisasi Persatuan Electro Technical Officer Indonesia (PETOI)

Tujuan dan Fokus Rapat DPR

Rapat ini bertujuan untuk mengkaji dan mendapatkan pandangan serta masukan terkait penguatan tata kelola keamanan laut nasional. Dalam pembukaan rapat, Sugiono, selaku Ketua Panja Keamanan Laut, mengungkapkan bahwa tujuan pembentukan Panja Keamanan Laut adalah untuk menjalankan beberapa fungsi utamanya.

Salah satu fokus utama rapat adalah mengkaji hambatan kelembagaan atau institusional, dan legal formal dalam pengamanan laut Indonesia. Hal ini termasuk tumpang tindih tugas dan fungsi antar institusi yang dapat menghambat optimalisasi pelaksanaan pengamanan laut.

Selain itu, rapat juga bertujuan untuk mengkaji strategi kebijakan keamanan laut nasional yang berdasarkan pada analisis dinamika regional dan global, serta potensi ancaman yang ada.

Pemaparan Pandangan dan Masukan

RDPU ini melibatkan pandangan dan masukan dari berbagai pihak, termasuk Dr. Mas Achmad Santosa dari IOJI, Dr. Phil. Shiskha Prabawaningtyas dari Paramadina Graduate School of Diplomacy, dan Rodhial Huda, Pemerhati Kemaritiman (Wakil Bupati Natuna), beserta jajaran.

Pihak-pihak tersebut memberikan pandangan dan masukan yang akan menjadi bahan pertimbangan Panja Keamanan Laut Komisi I DPR RI dalam menyusun rekomendasi terkait tata kelola keamanan laut nasional.

Penutup Rapat DPR

Rapat mereka tutup pada pukul 12.45 WIB. Rapat ini menjadi langkah awal dalam upaya menguatkan tata kelola keamanan laut nasional, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya, hasil dari rapat ini akan menjadi landasan untuk langkah-langkah selanjutnya dalam mewujudkan keamanan laut yang optimal bagi Indonesia.

Sumber Terkait :

Yuk, Jadi Kru Kapal Pesiar Profesional!

Tertarik menjadi pelaut Indonesia?

Yuk! Wujudkan impian menjelajahi lautan dunia sebagai seorang kru kapal pesiar profesional! cv-gen.com menghadirkan platform pelaut yang menjamin penempatan di kapal pesiar internasional.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari industri maritim yang menarik ini. Untuk itu, CV-Gen telah membuka pendaftaran untuk posisi kru kapal pesiar yang menarik di seluruh dunia. Kemudian, dengan mengunjungi Pelaut CVGEN, Anda akan memiliki akses ke berbagai peluang karir yang menantang dan mengasyikkan.

CVGEN dan layanan peluang kerja ke kapal pesiar dunia. Layanan termasuk pelatihan, dokumen kepelautan, STCW, diklat, dan juga tidak perlu cari kapal. Kemudian, yang paling penting, yaitu interview pihak perusahaan kapal pesiar datang langsung ke sekolah.

CVGEN dan layanan asrama bahasa inggris juga bekerjasama dengan kampung Inggris Pare. Asrama bahasa Jerman termasuk pemantapan bahasa Inggris dari nol sampai bisa conversation, lulus marlin test, atau lulus TOEFL dan IELTS sesuai target program ke negara maju.

Maka dari itu, bergabunglah dengan ribuan profesional maritim terampil dan berbakat yang telah memilih CV-Gen sebagai mitra karir mereka.

Kemudian, jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.