Program BFD Bangkit Kembali 2024, Bikin Lega!Photo by Mikhail Nilov: Man wearing blue volunteer shirt

Program Bundesfreiwilligendienst (BFD), salah satu program sosial terkemuka di Jerman yang sangat warga negara asing minati, mengalami kejutan yang signifikan akhir tahun lalu. Pemerintah Jerman, di tengah tekanan ekonomi dan penilaian ulang anggaran, mengumumkan rencana pemotongan atau pengurangan dana negara untuk sejumlah program sosial, termasuk program BFD.

Baca Juga: Perubahan di Jerman 2024, Makin Mudah atau Sulit?

Reaksi Masyarakat Terkait Penutupan BFD Menggugah Hati Pemerintah

Dampak langsung dari keputusan ini terasa begitu besar bagi BFD. Penerimaan calon baru pemerintah hentikan, lowongan tertutup, dan perpanjangan kontrak untuk peserta yang sedang menjalani program juga terhenti sementara. Alasan pemotongan anggaran tersebut karena kebutuhan mendesak negara Jerman akan sumber pendapatan tambahan, terutama mengingat situasi ekonomi yang kurang memuaskan.

Reaksi terhadap keputusan pemerintah tidak hanya berasal dari calon peserta BFD, tetapi juga dari politisi dan lembaga-lembaga terkait. Kelompok-kelompok ini menggambarkan dampak negatif yang signifikan terhadap kemampuan tempat-tempat BFD untuk memberikan gaji atau uang saku bagi peserta program. Protes dan diskusi muncul di berbagai forum, menggambarkan ketidaksetujuan yang kuat terhadap pemotongan anggaran yang diumumkan.

Namun, respons yang tak terduga ini membawa dampak positif. Dihadapkan dengan kehebohan dan kritik yang muncul, pemerintah Jerman secara cepat menanggapi dan berjanji untuk meninjau kembali keputusannya. Pemerintah menyatakan kesiapannya untuk mencari solusi guna meminimalkan dampak negatif pada program BFD.

Berita baik datang beberapa waktu setelahnya, dengan pengumuman bahwa rencana pemotongan dana untuk program sosial, termasuk BFD, pemerintah batalkan. Anggaran yang sebelumnya akan pemerintah kurangi kembali mereka pulihkan, memberikan harapan baru bagi tempat-tempat BFD dan para pesertanya. Ini menciptakan suasana lega, bukan hanya di kalangan warga negara asing yang berencana untuk mengikuti program BFD di Jerman, tetapi juga di dalam negeri.

Ada dua faktor utama yang mendukung keputusan pembatalan pemotongan anggaran ini. Pertama, kebutuhan mendesak akan tenaga kerja di Jerman, terutama di sektor kesehatan, membuat program BFD menjadi lebih vital. Kedua, kesadaran pemerintah akan pentingnya mendukung program-program sosial di tengah kekurangan tenaga kerja.

Masa Depan Program BFD

Namun, pertanyaan muncul mengenai stabilitas keputusan ini di masa depan. Meskipun saat ini program BFD dapat bernafas lega, tidak ada jaminan bahwa keputusan ini tidak akan diubah kembali dalam beberapa bulan atau tahun mendatang. Situasi ekonomi yang masih dalam proses pemulihan dan prioritas pemerintah yang mungkin berubah dapat memberikan ketidakpastian terkait anggaran program BFD.

Kesimpulan: Bangkitnya Program BFD

Untuk saat ini, fokus sebaiknya ditempatkan pada kenyataan bahwa pemerintah telah mengambil langkah positif dengan membatalkan pemotongan anggaran, mendukung kelancaran program BFD dan menyelamatkan kontribusinya terhadap kebutuhan masyarakat Jerman. Meskipun demikian, penolakan visa BFD yang masih terjadi mengindikasikan bahwa perbaikan tidak instan, dan calon peserta tetap diingatkan untuk memenuhi persyaratan dengan cermat dan memperkuat alasan mereka dalam surat motivasi.

Sumber Terkait:

Program BFD Aktif dan Kembali Lagi seperti Normal!

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan sistem hukum di Jerman yang bagus, kamu tak perlu terlalu khawatir untuk tinggal di Jerman.

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *