Profesi Pelayan Restoran di Kapal Pesiar: Pengertian & TugasnyaPicture by Wallpaperflare: Waiter serving beverages waiter holding tray with drinking glasses

Waiter atau waitress di kapal pesiar adalah profesi sebagai seorang pelayan restoran yang menyajikan makanan dan minuman di dalam sebuah restoran atau bar di kapal pesiar. Mereka tidak hanya menyajikan makanan dan minuman, tetapi juga bertanggung jawab atas keseluruhan pengalaman makan tamu. Dalam industri perhotelan, peran mereka seringkali banyak orang anggap remeh, namun sebenarnya, mereka adalah tulang punggung dari industri ini. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai peran, tanggung jawab, dan standar profesi mereka.

Baca Juga: F&B Service di Kapal Pesiar, Apa Pengertian & Tugasnya?

Peran dan Tanggung Jawab Pelayan Restoran di Kapal Pesiar

Seorang waiter atau waitress tidak hanya sekadar menyajikan hidangan kepada tamu, tetapi mereka juga bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman bersantap yang menyenangkan dan nyaman. Dari menyambut tamu dengan ramah hingga menyediakan suasana yang bersih dan rapi, peran mereka sangat penting dalam menjaga reputasi restoran di kapal pesiar.

Di antara sejumlah tanggung jawab mereka, seorang Captain Waiter memiliki peran yang krusial dalam memastikan kelancaran operasional di restoran. Mulai dari memastikan kebersihan seragam hingga menginventarisasi alat-alat makan, tanggung jawabnya sangatlah beragam. Mereka juga bertanggung jawab atas pengawasan para waiter lainnya, memastikan bahwa standar pelayanan dan kerapihan tetap terjaga.

Kriteria Seorang Waiter/Waitress yang Profesional

Seorang waiter atau waitress yang profesional harus memenuhi sejumlah kriteria tertentu. Mereka tidak hanya dituntut untuk memiliki keterampilan teknis dalam menyajikan hidangan, tetapi juga harus memiliki kesadaran sosial yang tinggi dan kemampuan berkomunikasi yang efektif. Keramahan, kesopanan, dan kepedulian terhadap kebutuhan tamu adalah hal-hal yang tidak boleh absen dari seorang profesional dalam bidang ini.

Selain itu, kebersihan dan kerapihan pribadi juga merupakan aspek penting dari seorang waiter atau waitress yang profesional. Mereka harus menjaga kebersihan diri mereka sendiri dengan cermat, termasuk merawat rambut, menggunakan make-up dengan bijaksana, dan menghindari penggunaan perhiasan yang berlebihan. Seragam yang mereka kenakan juga harus selalu terawat dengan baik dan sesuai dengan standar yang perusahaan tetapkan.

Standar Kerapihan dan Penampilan

Standar kerapihan dan penampilan sangatlah penting dalam industri perhotelan, termasuk di kapal pesiar. Berikut adalah beberapa detail mengenai standar kerapihan dan penampilan yang harus seorang waiter atau waitress penuhi:

  1. Kebersihan Diri: Merupakan hal yang mendasar bagi seorang waiter/waitress untuk menjaga kebersihan diri mereka. Mulai dari menjaga kuku yang terawat hingga menggunakan deodorant, semua hal ini penting untuk memberikan kesan yang baik kepada tamu.
  2. Rambut: Rambut harus mereka rawat dengan bersih dan rapi. Selain itu, ada standar tertentu mengenai panjang rambut dan gaya potong yang di aturan perbolehkan, terutama dalam hal penggunaan warna dan gaya potongan yang alami.
  3. Make Up/Penampilan: Penggunaan make-up haruslah sesuai dengan standar yang perusahaan tetapkan, dengan menggunakan warna-warna yang tidak mencolok dan tidak berlebihan.
  4. Perhiasan: Penggunaan perhiasan harus dibatasi, dengan hanya diperbolehkan mengenakan perhiasan minimalis seperti cincin kawin atau anting-anting kecil.
  5. Seragam: Seragam haruslah mereka pakai dengan rapi dan sesuai dengan standar yang perusahaan kapal pesiar tetapkan. Hal ini mencakup pemakaian kaos kaki berwarna hitam, sepatu yang disemir, serta penggunaan stocking atau sepatu dengan tinggi tertentu sesuai dengan jenis kelamin dan peran pekerja.

Kesimpulan: Profesi Pelayan Restoran di Kapal Pesiar

Dalam industri perhotelan, seorang waiter atau waitress memegang peran yang sangat penting dalam menjaga kualitas pelayanan dan pengalaman tamu. Melalui keramahan, kesopanan, dan keterampilan teknis mereka, mereka berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan restoran di kapal pesiar. Dengan memenuhi standar kerapihan dan penampilan yang sesuai aturan, mereka tidak hanya menciptakan kesan yang baik kepada tamu, tetapi juga menjaga integritas profesi mereka sebagai seorang profesional dalam bidang ini.

Yuk, Jadi Kru Kapal Pesiar Profesional!

Tertarik menjadi seorang pelaut?

Yuk! Wujudkan impian menjelajahi lautan dunia sebagai seorang kru kapal pesiar profesional! cv-gen.com menghadirkan platform pelaut yang menjamin penempatan di kapal pesiar internasional.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari industri maritim yang menarik ini. Untuk itu, CV-Gen telah membuka pendaftaran untuk posisi kru kapal pesiar yang menarik di seluruh dunia. Kemudian, dengan mengunjungi Pelaut CVGEN, Anda akan memiliki akses ke berbagai peluang karir yang menantang dan mengasyikkan.

CVGEN dan layanan peluang kerja ke kapal pesiar dunia. Layanan termasuk pelatihan, dokumen kepelautan, STCW, diklat, dan juga tidak perlu cari kapal. Kemudian, yang paling penting, yaitu interview pihak perusahaan kapal pesiar datang langsung ke sekolah.

CVGEN dan layanan asrama bahasa inggris juga bekerjasama dengan kampung Inggris Pare. Asrama bahasa Jerman termasuk pemantapan bahasa Inggris dari nol sampai bisa conversation, lulus marlin test, atau lulus TOEFL dan IELTS sesuai target program ke negara maju.

Maka dari itu, bergabunglah dengan ribuan profesional maritim terampil dan berbakat yang telah memilih CV-Gen sebagai mitra karir mereka.

Kemudian, jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *