Praktikum atau Internship di Jerman - Panduan MendaftarGambar dari Shawn: Career and Internship Fair - 09

Mencari kesempatan untuk praktikum atau internship di Jerman dapat menjadi langkah yang menarik dan berharga bagi karier Anda. Namun, prosesnya bisa rumit, terutama jika Anda memilih untuk melakukannya secara mandiri. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mendaftar secara mandiri.

Baca Juga: Lulusan Sarjana S1 di Indonesia, Apakah Bisa Bekerja di Jerman?

1. Temukan Perusahaan yang Sesuai

Sebelum Anda mulai, carilah perusahaan di Jerman yang menyediakan kesempatan praktikum atau internship. Salah satu perusahaan yang menerima lamaran dari Indonesia adalah International Recruitment GmbH (www.ir-germany.de). Pastikan untuk meneliti perusahaan dengan cermat dan juga sesuaikan dengan minat dan kualifikasi Anda.

2. Persiapkan Dokumen Persyaratan

Setelah menemukan perusahaan yang tepat, pastikan untuk memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Berikut, beberapa persyaratan penting termasuk:

  • Imatrikulasi Form dari ZAV: Dokumen ini penting untuk proses pendaftaran Anda. Anda dapat mengunduhnya dari tautannya.
  • Einwillgung Datenschutz ZAV: Ini adalah pernyataan persetujuan untuk pengolahan data pribadi Anda oleh ZAV. Unduh formulirnya di sini.
  • Declaration of Consent: Isilah bagian ini dengan nama perusahaan di Jerman yang menerima lamaran Anda.

3. Perhatikan Persyaratan Tambahan untuk Praktikum atau Internship di Jerman

Selain dokumen-dokumen di atas, ada beberapa persyaratan tambahan yang perlu Anda perhatikan:

  • Pertama, Anda harus menjadi mahasiswa aktif dari universitas yang terdaftar di ANABIN.
  • Jika pernah ferienjob tahun sebelumnya, baik berhasil berangkat maupun tidak berhasil berangkat. Autoreject, jika isian poin 13 di lmatrikulasi Form diisi akan lulus di 2024, anda tidak dapat mengajukan ferienjob ke Jerman lagi. Kecuali jika anda peroleh surat keterangan sebagai mahasiswa S2 atau lanjut pendidikan ke degree setelahnya
  • Mahasiswa dari Universitas Terbuka juga diterima. Pastikan universitas Anda terdaftar di ANABIN.

Jurusan Apa Saja yang Dapat Dipilih untuk Praktikum/Internship di Jerman


1. Hotel/Gaststätte
2. Systemgastronomie
3. Landwirtschaft
4. Gebäude-/Industriereinigung
5. Industrielle Produktion
6. Sonstige (möglichst genaue Angaben) -> Dapat diisi sendiri jika jurusan yang relevan tidak ada di pilihan saat submit aplikasi.

4. Jika Ada Pertanyaan atau Kebingungan Tentang Parktikum atau Internship di Jerman

Jangan ragu untuk menghubungi admin CVGEN melalui nomor +6285298649951 jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut. Karena mereka siap membantu Anda dalam proses pendaftaran.

Kesimpulan : Peluang Praktikum atau Internship di Jerman

Mendaftar praktikum atau internship di Jerman secara mandiri membutuhkan perencanaan dan juga persiapan yang teliti. Dengan menemukan perusahaan yang sesuai, memenuhi semua persyaratan dokumen, memperhatikan persyaratan tambahan seperti status mahasiswa aktif dan batasan waktu, serta juga memanfaatkan sumber daya seperti bantuan admin jika diperlukan, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam mengikuti kesempatan tersebut. Maka dari itu, dengan memperhatikan semua langkah ini dengan cermat, Anda dapat memaksimalkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pengalaman berharga dalam karier Anda di Jerman.

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan sistem hukum di Jerman yang sangat bagus, ini sangat berguna bagi Anda yang ingin belajar lebih luas!

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Kemudian, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *