CV-GEN News

Pilih Jurusan Sekolah Sejak Dini di Jerman

Sebenarnya apa yang membuat negara ini begitu maju?. Kalau mau menelusuri lebih dalam mungkin ada banyak faktor yang mempengaruhi. Tapi apa? Yapppp … Sistem pendidikan di Jerman yang mendorong kita untuk bisa memilih sekolah sesuai dengan minat kita sedini mungkin. Lebih cepat siswa memilih sekolah sesuai minat maka semakin cepat pula menjadi ahli di bidangnya.

Sekolah Dasar Jerman

Sekolah Dasar atau SD di Jerman berdurasi selama 4 tahun. Usia anak pada sekolah tingkat ini mulai 6 tahun ke atas. Selain karena kualitas pendidikan yang bagus, pemerintah Jerman juga menggratiskan biaya pendidikan tingkat SD / Grundschule. Pemerintah hanya membebani orang tua pada peralatan tulis menulis dan kelengkapan sekolah anak. Akhir studi Grundschule tidak ada Ujian Nasional atau UN seperti di Indonesia melainkan penilaian biasa dan semua anak berhak melanjutkan pendidikan ke jenjang berkutnya.

Sekolah Menengah di Jerman

Setelah lulus dari Grundschule maka siswa dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya berdasarkan minat dan juga nilai mereka selama di SD. Berdasarkan minat siswa dapat melanjutkan ke 3 jenis sekolah menengah, yaitu Hauptschule, Realschule, Gesamtschule.

Hauptschule, bagi siswa yang lebih senang praktik ketimbang teori. Lanjut di sekolah ini merupakan pilihan yang tepat. Di sekolah jenis ini siswa dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja sesungguhnya. Bahkan lulus dari sini siswa dapat langsung mengikuti Ausbildung atau kerja praktik selama 3 tahun di bidang masing-masing. Tapi bukan berarti tidak bisa lanjut ke Universitas yah, tetap bisa tapi hanya siswa dengan nilai terpilih saja yang mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

Realschule, pada jenjang ini sebenarnya mirip dengan Hauptschule bedanya peluang masuk universitas dan masuk dunia kerjanya sama-sama 50%. Jadi siswa siap mengejar karier atau lanjut ke universitas di saat bersamaan.

Gymnasium, Sedangkan sekolah jenis ini berbanding terbalik dengan Hauptschule, di mana Gymnasium lebih menitikberatkan pada teori daripada praktik. Siswa di sini memang dipersiapkan untuk menjadi seorang akademisi dan lebih baik untuk melanjutkan ke jenjang universitas.

Sekolah Campuran

Ini menarik. Pemerintah Jerman juga tetap memberikan pilihan bagi mereka yang belum menentukan pilihan 3 jenis sekolah di atas. Jadi sistem pendidikannya adalah menggabungkan 3 jenis sekolah di atas. Hebatnya lagi para siswa bisa pindah sekolah sesuai minat agar kemampuan makin maksimal.

Tidak heran orang Jerman kalau sudah ahli pasti karena mereka telah menekuninya sejak lama. Bahkan jika di tengah jalan pindah minat sekolah untuk belajar yang lain pun tetap bisa, Hebat.