CV-GEN News

3 Program Kerja di Jerman Gratis Dan Dibayar

Untuk bisa mengikuti program kerja di Jerman memang bukan perkara yang mudah. Selain perbedaan bahasa, kultur dan kondisi negara tersebut juga berbeda jauh dengan di Indonesia. Disamping itu, banyak keuntungan yang bakal Anda dapatkan ketika bekerja di negara maju, seperti gaji yang besar hingga tunjangan fasilitas.

Banyak anak muda Indonesia yang tertarik untuk bekerja di Jerman. Khususnya para lulusan SMA yang ingin bekerja sekaligus melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Jika tertarik untuk kerja di Jerman tanpa agen, coba untuk mengikuti program-program yang diinisialisasi oleh pemerintah Jerman.

3 Program Kerja di Jerman Gratis Dan Dibayar

Berikut ini beberapa program kerja di Jerman yang bisa Anda ikuti. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

FSJ

FSJ merupakan sebuah program sosial yang dirancang oleh pemerintah Jerman. Program ini memberikan kesempatan bagi pemuda dan warga negara asing untuk bisa mencari pengalaman di dunia sosial. Jika Anda mengikuti program ini, berkesempatan untuk bekerja di beberapa departemen layanan dan jasa yang ada di Jerman.

Meski berupa program sosial, Anda tetap akan mendapatkan tunjangan berupa gaji dari pemerintah Jerman. Setiap bulannya, bisa memperoleh gaji sekitar €300 – €650 dan tunjangan lain seperti tempat tinggal hingga transportasi. Selama bekerja, Anda juga akan mendapatkan tujangan kesehatan.

Jika sudah menyelesaikan program selama 6 – 18 bulan, Anda akan mendapatakan sertifikat kerja yang bernama Bescheinigung (sertifikat partisipasi) dan Zeugnis (sertifikat kualifikasi). Dengan sertifikat ini, Anda bisa menggunakannya untuk melamar kerja di tempat lain. Meskipun nantinya ada program penyaluran kerja ke institusi sosial maupun kesehatan yang bisa Anda ikuti.

Untuk mengikuti program ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya sebagai berikut.

  • Peserta FSJ harus berada pada usia 16 – 26 tahun, sementara BFD harus di atas 27 tahun
  • Mahir berbahasa Jerman, disarankan hingga tingkat B1
  • Membuat resume/CV dalam Bahasa Jerman
  • Membuat terjemahan ijazah terakhir ke Bahasa Jerman
  • Disarankan memiliki pengalaman kerja sosial
  • Memiliki paspor dan visa kerja

Aupair

Program Aupair ini  cukup mudah untuk syarat dan ketentuannya. Defisini Aupair berarti seseorang yang ingin mengenal dan mempelajari budaya negara lain. Caranya dengan mengunjungi negara tersebut dan hidup bersama orang tua asuh. Tidak ada hubungan profesional antara keluarga asuh dengan Aupair.

Dalam program ini, akan ada kontrak masa tinggal dan juga pemberian sejumlah uang setiap bulannya. Hal itu yang membuat banyak orang menganggap Aupair sebagai sebuah pekerjaan. Adanya kontrak ini bertujuan agar tidak ada perselisihan antara keluarga asuh dengan aupair. 

Pemberian uang ini bukanlah sebuah gaji, melainkan seperti uang saku layaknya orang tua memberikan uang kepada anaknya. Untuk mengikuti program ini, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi.

  • Berusia antara 18 – 26 tahun
  • Belum menikah dan belum memiliki anak
  • Memiliki kemampuan Bahasa Jerman setidaknya di tingkat dasar (A1)
  • Memiliki paspor yang masih berlaku
  • Membuat visa khusus Aupair

Ausbildung

Untuk program ini, memiliki kaitan erat dengan dunia kerja. Pasalnya, peserta akan mendapatkan pelatihan dan juga berkesempatan untuk kerja magang. Tujuannya untuk menghasilkan tenaga kerja yang berpengalaman dan kompeten.

Dalam program ini, peserta tidak hanya bekerja saja melainkan juga belajar dan mengikuti pelatihan. Akan ada tes untuk setiap peserta untuk bisa lulus dari program ini. Tawaran gajinya cukup menggiurkan, mencapai €650/bulan.

Untuk bisa mengikuti program ini, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi, seperti berikut ini.

  • Memiliki kemampuan Bahasa Jerman dengan bukti sertifikat bahasa setingkat B1
  • Usia di 18 – 35 tahun
  • Untuk yang berusia 26 tahun ke atas, perlu mempunyai pengalaman kerja terlebih dahulu
  • Menyerahkan berkas-berkas seperti transkrip nilai, ijazah terakhir dan sertifikat yang bersangkutan serta sudah diterjemahkan ke Bahasa Jerman
  • Mempunyai paspor dan telah membuat visa khusus Ausbildung

Demikian informasi mengenai program kerja di Jerman yang bisa cocok untuk orang Indonesia. Untuk mengikuti program-program ini, sebaiknya menguasai bahasa Jerman terlebih dahulu.

Informasi dan Komunitas Yang Membantu Orang Indonesia Bisa Berkarir ke Jerman

Bergabung dengan komunitas komunitas di WA seperti German Club dan di facebook seperti Deutsch Ecke juga akan sangat membantu memperoleh informasi, tempat ujian, kelas kelas yang sedang berjalan dan masih banyak lagi perihal persiapan bekerja dan belajar ke Jerman. Selain itu juga ada platform seperti cv-gen.com yang dapat membantu siapa saja yang kebingungan membuat CV/resume yang benar dan baik sesuai standar Jerman untuk melamar kerja.