CV-GEN News

Petualangan Mutiara: Keajaiban Ferienjob di Jerman

Mutiara Dwi Putri, seorang mahasiswa berusia 21 tahun dari Universitas Binawan, telah menjalani pengalaman menarik sebagai peserta program Ferienjob di Jerman. Meskipun awalnya tidak begitu tertarik, Mutiara akhirnya memutuskan untuk mendaftar setelah didorong oleh teman-temannya dan mendapatkan dukungan finansial dari orangtuanya. Sayangnya, dari sejumlah teman yang awalnya tertarik, hanya Mutiara yang bertahan hingga akhir.

Baca Juga: Menggapai Impian Luar Biasa: Amirudin, Ferienjob ke Jerman

Hal Baru di Jerman Memacu Semangat Mutiara

Salah satu hal yang disukai Mutiara dari program ini adalah kesempatannya untuk menjalin persahabatan dengan orang-orang baru di Jerman. Teman-teman barunya memberikan pengenalan tentang lingkungan di Jerman, kebiasaan lokal, serta berbagai hal menarik lainnya. Mutiara bahkan pernah diajak mengunjungi salah satu pasar Natal yang besar di ibu kota, sebuah pengalaman yang luar biasa dan sebanding dengan usahanya untuk pergi ke sana.

Tantangan Mutiara di Jerman

Namun, pengalaman itu juga memiliki beberapa tantangan. Salah satunya adalah ketika Mutiara merasa lapar, namun tidak bisa memasak karena toko-toko seperti Aldi/Kaufland, yang merupakan semacam minimarket di Indonesia, tutup sebelum malam. Selain itu, tempat tinggalnya tidak dilengkapi dengan dapur atau kulkas yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan. Hal ini sedikit menyedihkan bagi Mutiara yang sering terbangun di malam hari karena lapar.

Pesan dari Mutiara untuk Mahasiswa Lainnya yang Tertarik dengan Ferienjob

Mutiara ingin memberikan nasihat kepada mahasiswa lain yang masih ragu untuk mendaftar program ini. Ia menyadari bahwa biaya dan kehidupan di Jerman mungkin menjadi hal yang membuat ragu. Namun, ia meyakinkan bahwa meskipun biaya menjadi tantangan, dengan bekerja keras, mereka akan mendapatkan pengembalian biaya tersebut bahkan lebih.

Terkait dengan kehidupan di Jerman, Mutiara menekankan bahwa tidak perlu terlalu takut. Tinggal jauh dari rumah atau tinggal dengan lingkungan yang berbeda adalah hal yang biasa, dan orang-orang Jerman sangat ramah. Mereka akan dengan senang hati membantu dan menjawab pertanyaan dengan jelas.

Bagi yang khawatir dengan bahasa, Mutiara menyarankan untuk belajar sedikit demi sedikit bahasa Inggris dan Jerman sebelum berangkat. Jika tidak bisa, Google Translate selalu bisa menjadi solusi, karena di tempat umum di Jerman tersedia Wi-Fi gratis. Rekan kerja atau atasan di sana juga lebih suka jika kita berbicara dalam bahasa Inggris, meskipun tidak sempurna, dan mereka akan berusaha untuk memahaminya dengan baik melalui kata-kata dan bahasa tubuh.

Kenal Lebih Dekat dengan Mutiara di Media Sosial

Dengan pengalamannya yang berharga ini, Mutiara berbagi kisahnya melalui akun Instagram pribadinya. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang pengalaman Mutiara selama program Ferienjob di Jerman, Anda dapat mengunjungi akun Instagramnya di https://instagram.com/yunjian_md?igshid.

Yuk, Berkarir di Jerman dengan Ferienjob

Apa itu Ferienjob? Ferienjob merupakan pekerjaan singkat selama 3 bulan di musim panas di Jerman. Selain gaji yang sesuai dengan UMR Jerman, Anda juga bisa menambah pengalaman dan relasi yang berguna untuk masa depan Anda. Yuk, daftar segera di ferienjobs.cv-gen.com.

Jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke https://resume.cv-gen.com/cv-generator.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :