Kesenjangan Gaji Gender di Jerman, di Negara Maju Juga Ada!?Gambar gartis di Pickpik: Wanita dan pria sedang bekerja bersama di kantor

Kesenjangan gaji gender antara laki-laki dan perempuan bukan hanya menjadi isu di beberapa negara maju, tetapi juga di Jerman, sebuah negara dengan ekonomi kuat dan sistem pendidikan yang canggih. Menurut laporan terbaru dari Kantor Statistik Federal Jerman (Destatis) pada Kamis (18/01), perempuan di Jerman mengalami kesenjangan gaji rata-rata sebesar 18% dibandingkan dengan rekan laki-laki sepanjang tahun 2023.

Baca Juga: Haftpflichtversicherung: Asuransi Merusak Barang di Jerman

Angka Kesenjangan Gaji Gender di Jerman

Menariknya, setelah beberapa penyesuaian, kesenjangan tersebut dapat berkurang menjadi 6%, menyoroti kompleksitas dalam menilai dan mengatasi isu ini. Data statistik menunjukkan bahwa perempuan Jerman rata-rata menghasilkan 20,84 euro per jam, sementara laki-laki mendapatkan 25,3 euro dalam periode yang sama. Perbandingan ini mencerminkan disparitas yang signifikan dalam penghasilan per jam di antara dua gender.

Kesenjangan Regional

Tidak hanya itu, perbedaan juga terlihat di tingkat regional di Jerman. Bagian barat negara ini mengalami kesenjangan gaji sebesar 19%, sementara di negara bagian yang dulunya merupakan bagian dari Jerman Timur, kesenjangan tersebut lebih rendah, hanya 7%. Ini menunjukkan kompleksitas dalam faktor-faktor regional yang dapat mempengaruhi disparitas ekonomi antara laki-laki dan perempuan.

Faktor Penyebab Kesenjangan Gaji Gender di Jerman

Destatis mengidentifikasi beberapa alasan di balik kesenjangan gaji ini. Salah satunya adalah stagnasi penghasilan perempuan sejak usia 30 tahun, usia rata-rata ketika perempuan di Jerman menjadi ibu untuk pertama kalinya. Penghentian karir sementara dan pekerjaan paruh waktu yang sering terkait dengan tanggung jawab keluarga juga disorot sebagai faktor kontributor.

Tantangan Struktural

Selain itu, alasan struktural turut berperan dalam kesenjangan ini. Perempuan cenderung bekerja di sektor dan profesi dengan gaji lebih rendah, dan lebih sering berada dalam pekerjaan paruh waktu atau marjinal dibandingkan dengan rekan laki-laki mereka. Ini menciptakan ketidaksetaraan dalam kesempatan kenaikan gaji dan kemajuan karier bagi perempuan.

Kesenjangan Global

Bukan hanya di Jerman, kesenjangan upah berdasarkan gender menjadi isu global. Di Uni Eropa, perempuan dibayar 13% lebih rendah daripada laki-laki untuk pekerjaan yang sama, menurut Komisi Eropa. Upaya untuk menutup kesenjangan ini memang ada, tetapi berjalan lambat.

Langkah Menuju Kesetaraan

Pada Maret 2020, Komisi Eropa menetapkan strategi untuk mengatasi kesenjangan upah berdasarkan gender pada tahun 2025. Salah satu langkah konkret adalah pengenalan Pedoman Transparansi Gaji pada Juni 2023. Pedoman ini memberikan kesempatan kepada pekerja untuk mengidentifikasi diskriminasi gaji, sementara bagi pemberi kerja, itu menjadi landasan untuk menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan gaji.

Kesimpulan: Kesenjangan Gaji Gender di Jerman

Kesenjangan gaji laki-laki dan perempuan di Jerman tidak hanya menjadi permasalahan ekonomi, tetapi juga mencerminkan tantangan sosial yang kompleks. Untuk mencapai kesetaraan, diperlukan upaya kolektif baik dari pemerintah, perusahaan, maupun masyarakat. Pengenalan kebijakan dan pedoman transparansi adalah langkah positif, tetapi implementasinya harus diawasi secara ketat untuk memastikan dampak yang nyata dalam mengatasi kesenjangan gaji yang masih membebani perempuan di berbagai belahan dunia.

Sumber Terkait:

Kesenjangan Gaji Laki-laki dan Perempuan Juga Ada di Jerman – DW

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan sistem hukum di Jerman yang bagus, kamu tak perlu terlalu khawatir untuk tinggal di Jerman.

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *