CV-GEN News

Pertama Kali ke Jerman? Siapkan Hal ini

Seiring dengan perkembangan teknologi, kehidupan sosial, dan juga ekonomi, Jerman memiliki daya tarik tersendiri. Pendidikan dan Karir merupakan dua hal yang paling banyak menjadikan alasan kenapa kita harus ke Jerman. Tapi ibarat kata bayi bru lahir nih, ke negara orang juga perlu persiapan lho karena kita pasti harus beradaptasi. Siapkan hal-hal ini sebelum ke negara Jerman

Persiapkan dokumen Jerman yang perlu

Terbang ke Jerman ini butuh persiapan yang lumayan memakan waktu. Mulai dari urus passport dan juga visa. Visa Jerman termasuk yang paling susah untuk terbit, jika tinggal lebih dari 3 bulan maka memerlukan sertifikat bahasa. Kecuali Visa Schengen tidak perlu sertifikat bahasa namun wajib mempunyai tiket pesawat pulang pergi dan dokumen pendukung lainnya. Jika membawa dokumen lain seperti ijazah akta kelahiran dalam bahasa Indonesia jangan lupa untuk menerjemahkan terlebih dulu ke bahasa Jerman tersumpah. Agar mempermudah pengurusan dokumen saat tiba di Jerman

Siapkan rekening yang berlaku di Jerman

Berikutnya adalah Rekening. Persiapan ini tidak kalah penting karena hidup di Jerman pun butuh uang, dan membutuhkan transaksi keuangan. Untuk memudahkan semua itu maka jangan lupa untuk membuka akun Bank. Kamu bisa kok membuka bank yang juga berlaku di Indonesia dan juga Jerman yaitu WISE. Wise adalah perusahaan Fintech yang bergerak di bidang keuangan elektronik.

Siapkan Dasar percakapan Bahasa Jerman

Penting juga untuk mempelajari bahasa Jerman. Seperti yang kita tahu warga Jerman menjunjung tinggi bahasa mereka. Sehingga tidak banyak warganya yang dapat berbahasa inggris untuk percakapan sehari-hari. Guten Morgen (Selamat Pagi), Guten Tag (Selamat siang), Danke schön (terima kasih) dan lain sebagainya.

Sediakan selalu uang tunai

Walaupun Jerman masuk sebagai salah satu negara maju di dunia. Tapi transaksi di toko, Bar, atau Kafe jarang menyediakan mesin kartu serta tidak menerima kartu kredit. Jadi sediakan uang tunai Euro mu dan juga belajar kenali nilai mata uangnya yah sebelum ke mana-mana.

Bawa pakaian yang sesuai

Bukan seperti Indonesia yang hanya punya dua musim. Jerman memiliki 4 musim berbeda, dan tiap musim punya ciri pakaiannya masing-masing. Jadi kenali jadwal berangkatmu dan tiba di musim yang sesuai dengan pakaian yang telah kamu sediakan.

Repot yah? tapi semua itu harus kamu hadapi biar mendapatkan kesan yang baik selama di Jerman, auf wiedersehen tschüss