CV-GEN News

Persiapan Kerja Musim Hujan agar Selalu Profesional

Musim hujan tahun ini sepertinya tiba lebih cepat daripada tahun-tahun sebelumnya. Curah hujan tinggi dan minimnya drainase bahkan menyebabkan timbulnya titik banjir di berbagai tempat. Kendati demikian, tentu saja hujan dan banjir tak boleh menghalangi pekerjaan Anda. Justru Anda harus melakukan persiapan kerja musim hujan agar segala rencana aktivitas berlangsung lancar.

Jangan resah menghadapi kedatangan musim hujan yang biasanya mengganggu aktivitas kerja. Lakukan beberapa persiapan kerja musim hujan berikut ini supaya Anda tetap profesional:

Menjaga Stamina Diri Sendiri

2 bekal makanan kantor bergizi
Sumber: Jawa Pos

Hal penting seputar persiapan kerja musim hujan yang kerap diabaikan banyak orang adalah menjaga stamina diri sendiri. Padahal, stamina sangat penting supaya Anda tak mudah sakit dan tetap produktif saat bekerja. Lakukan beberapa hal sederhana ini untuk menjaga kesehatan Anda:

  • Segera makan supaya kondisi perut tidak kosong, terutama setelah kehujanan.
  • Berganti baju bila baju yang sedang Anda gunakan sudah basah terkena hujan atau banjir.
  • Prioritaskan makanan hangat dengan kandungan gizi seimbang.
  • Konsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan gizi harian (jika perlu).
  • Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan di sela-sela kesibukan.
  • Siapkan jaket, payung, jas hujan, dan pelindung lain agar tubuh tidak basah kuyup.

Menyiapkan Perlengkapan Pribadi Cadangan

Menempuh perjalanan ke tempat kerja saat hujan kerap bikin penampilan Anda berantakan dan basah kuyup. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan persiapan kerja musim hujan berupa perlengkapan pribadi cadangan. Simpanlah perlengkapan cadangan di kantor yang terdiri dari baju ganti, alas kaki, dan kantung plastik untuk menyimpan benda-benda basah. Kebiasaan sederhana ini membantu Anda membenahi penampilan usai kehujanan sesaat setelah sampai di kantor.

Mengantisipasi Kemacetan Lalu Lintas

3 macet saat hujan
Sumber: Liputan 6

Persiapan kerja musim hujan lainnya yang tak kalah penting adalah mengantisipasi kemacetan lalu lintas. Bila Anda tetap ingin mengemudikan kendaraan pribadi, pastikan bahwa kondisi kendaraan Anda sudah prima sehingga siap menerjang banjir. Isilah bahan bakar kendaraan hingga penuh agar tidak repot mencari Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) sewaktu terjebak kemacetan. Anda juga dapat memilih alternatif berupa kendaraan umum bila tak ingin repot mengemudi saat hujan. Siapkan uang kecil dalam jumlah memadai atau e-money untuk menempuh perjalanan pulang dan pergi dengan kendaraan umum.

Menjadwalkan Pertemuan Penting Secara Cermat

Ingatlah bahwa persiapan kerja musim hujan bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk juga penyelesaian pekerjaan secara keseluruhan. Alangkah lebih baik jika Anda menjadwalkan pertemuan penting secara cermat selama musim hujan. Hindari penjadwalan pertemuan di lokasi outdoor atau tempat yang jauh dari kantor. Sebagai gantinya, Anda bisa membuat jadwal di kantor atau lokasi lain yang posisinya sangat dekat dengan kantor. Meskipun terkesan simpel, hal ini sangat krusial untuk mengantisipasi rencana pertemuan yang gagal akibat hujan deras atau banjir.

Memperkirakan Hambatan Lain yang Rentan Mengganggu Pekerjaan

4 jaringan wifi internet mati
Sumber: Kumparan

Hambatan lainnya yang tidak terduga juga dapat mengganggu kelancaran kerja, misalnya jaringan internet yang terputus dan mati lampu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dan tim kerja harus melakukan persiapan kerja musim hujan yang matang. Sebaiknya kantor sudah menyiapkan fasilitas genset atau sigap membuat jaringan internet cadangan sehingga pekerjaan tetap bisa diselesaikan tepat waktu sesuai rencana.

Sekarang, cobalah mengingat-ingat pengalaman Anda bekerja di musim hujan tahun lalu. Semoga pengalaman baik maupun buruk di tahun-tahun lalu membuat Anda lebih mahir melakukan persiapan kerja secara matang. Sehingga hujan dan banjir tidak mengganggu produktivitas Anda serta tim kerja.