Peralatan Rumah Tangga di Jerman VS IndonesiaMesin cuci

Peralatan rumah tangga di Jerman, serupa dengan di Indonesia, adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Namun, ada beberapa perbedaan yang menarik, terutama dalam hal penggunaan mesin. Di Jerman, penggunaan mesin-mesin ini sangat ditekankan untuk menghemat sumber daya dan energi.

Baca Juga : Magang di Jerman : Kisah Sedih Mahasiswa Indonesia

1. Peralatan Rumah Tangga: Mesin Cuci Baju dan Pengering (Waschmaschine + Trockner)

Mesin cuci dan pengering baju adalah salah satu peralatan rumah tangga yang paling umum di Jerman gunakan. Namun, penggunaannya lebih terperinci daripada yang mungkin di tempat lain. Suhu air adalah hal penting dalam mencuci pakaian. Untuk mencuci handuk, seprai, kaos kaki, kain lap, dan pakaian dalam, gunakan suhu air minimal 60 hingga 90 derajat untuk memastikan semua kotoran dan kuman mati. Sedangkan, untuk pakaian biasa hanya 30 sampai 40 derajat saja. Setiap pakaian memiliki etiket yang mengindikasikan suhu dan waktu yang sesuai untuk mencuci dan mengeringkannya, etiket biasanya tertempel di sela-sela pakaian itu sendiri. Juga, musim dingin adalah waktu yang tepat untuk menggunakan mesin pengering untuk menghindari pembekuan. Namun, jika ada pakaian yang tidak bisa menggunakan mesin pengering, maka lebih baik keringkan di dalam ruangan saja, jangan di luar ruangan.

2. Alat Mesin Cuci Piring (Spülmaschine)

Menggunakan mesin cuci piring di Jerman juga memiliki aturannya. Agar lebih hemat, mesin ini harus Anda isi hingga penuh, bukan hanya beberapa piring kotor. Sabunnya berbentuk batangan yang ditempatkan di tempatnya di tutup mesin. Tombol pengaturan waktu sangat penting, dan biasanya digunakan sekitar satu setengah jam untuk mencuci piring, bisa lebih namun satu setengah jam lebih baik. Tapi, tidak semua alat memasak dapat Anda masukkan ke mesin ini karena ukuran yang terlalu besar, sehingga Anda harus mencucinya secara manual di wastafel khusus mencuci piring.

3. Vacuum Cleaner (Staubsaugen)

Jerman menawarkan berbagai jenis vakum pembersih. Ada vakum konvensional, robot vakum (Saugroboter) yang secara otomatis membersihkan lantai, vakum tangan (Handstaubsauger) untuk area kecil, dan vakum lantai (Bodenstaubsauger) yang dirancang untuk lantai keras dan karpet. Ada juga vakum dengan teknologi siklon (Zyklonstaubsauger) yang membantu memisahkan debu dari udara. Jerman memiliki merek terkemuka seperti Miele dan Bosch.

Berbeda dengan di Indonesia. Malahan, lebih banyak yang masih menggunakan sapu, ketimbang vakum pembersih.

Perlu Anda tekankan, bahwa jika ingin vakum Anda tidak mudah rusak. Sebaiknya jangan menyedot benda-benda yang ukurannya terlalu besar, serpihan kaca atau benda tajam, dan benda-benda yang lengket misalnya permen karet.

4. Peralatan Rumah Tangga: Kompor Listrik dan Oven (Herd + Backofen)

Umumnya, kompor di Jerman menggunakan listrik, bukan tungku atau kompor gas seperti yang umum di Indonesia. Kompor di Jerman sering memiliki bentuk rata dan menggunakan teknologi modern, termasuk sentuhan layar dan tombol kontrol. Tempat penyimpanan alat makan biasanya terdapat di bawah kompor, dan oven sering ditempatkan di tempat yang nyaman dalam dapur. Namun terkadang, oven juga bisa Anda tempatkan langsung di bawah kompornya.

Kesimpulan : Peralatan Rumah Tangga di Jerman VS Indonesia

Peralatan rumah tangga di Jerman mengutamakan efisiensi dan hemat energi, dan pemahaman yang baik tentang cara menggunakannya adalah kunci. Dengan perhatian terhadap detail seperti suhu dan waktu, orang Jerman menjaga peralatan rumah tangga mereka agar berfungsi dengan optimal, sambil menjaga lingkungan dan sumber daya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk memahami peralatan rumah tangga di Jerman dan praktik penggunaannya.

Sumber Terkait : YouTube : Household Appliance di Jerman | Natasha

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan juga dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))
  • Ferienjob (Magang 3 bulan di Jerman)

Selanjutnya, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

Website untuk Informasi & Memesan Tiket Transportasi di Jerman

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *