ÖSD : Sertifikat Bahasa Jerman dari AustriaGambar In PxHere: Teknologi, peralatan elektronik, pengetahuan, Laptop, fon, komputer, komputer pribadi, situs web, rekayasa Perangkat Lunak, papan ketik komputer, pekerjaan, meja tulis.

ÖSD, atau “Österreichisches Sprachdiplom Deutsch,” adalah sistem ujian resmi untuk Bahasa Jerman sebagai Bahasa Asing dan Bahasa Kedua. Ini sejalan dengan Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Profile deutsch, menunjukkan komitmen pada standar bahasa Eropa.

Baca Juga: Dunia Kerja di Jerman: Calon Azubi Wajib Tahu!

ÖSD : Keberagaman Bahasa di 3 Negara

Sebagai anggota ALTE (Asosiasi Penguji Bahasa di Eropa), ÖSD menjalani uji kualitas ketat, memastikan pengakuan internasional terhadap kompetensi bahasa Jerman. Ini juga singkatan dari “Österreich, Schweiz, Deutschland” (Austria, Swiss, Jerman), mencerminkan wilayah tempat Bahasa Jerman digunakan.

Kemudian, sistem ini memandang Bahasa Jerman sebagai bahasa plurisentris, menghargai keragaman di Austria, Swiss, dan Jerman. Ujiannya mencakup tugas membaca dan mendengarkan dari ketiga negara ini. Terdiri dari modul tertulis (Membaca, Mendengarkan, Menulis) dan Ujian Lisan (Berbicara), ujian sertifikat ini terus berkembang.

Kelebihan ÖSD

Manfaat ÖSD:

  1. Sertifikat ÖSD resmi secara internasional.
  2. Sertifikat ini tidak bergantung pada kursus bahasa, sehingga Anda dapat mengikuti ujian tanpa harus mengikuti kursus bahasa penuh.
  3. Ujian ÖSD memiliki pendekatan komunikatif, terutama menilai kemampuan linguistik dan komunikatif kandidat dalam situasi kehidupan nyata.
  4. Ujian ini merupakan persiapan menghadapi realitas linguistik di Austria, Swiss dan Jerman. Perbedaan bahasa di negara-negara berbahasa Jerman ini dianggap setara dan dimasukkan ke dalam setiap ujian.
  5. Ujian ini dilakukan dan dinilai berdasarkan standar terpadu.

ÖSD Vs. Goethe

Kedua sertifikat mendapat pengakuan resmi oleh kedutaan Jerman sebagai syarat visa. Saran praktis adalah memilih berdasarkan waktu Anda, karena proses pengumuman dan pengiriman sertifikat berbeda. Goethe-Institut relatif lebih cepat, sementara ÖSD membutuhkan waktu lebih lama. Namun, biasanya ÖSD lebih murah daripada Goethe.

Tempat Ujian ÖSD yang Resmi

Bagi yang berminat mengikuti ujian ÖSD dari Indonesia, bisa kunjungi tautan resmi ini. Informasi pendaftaran dan tanggal ujian dapat Anda temukan di situs resmi ÖSD. Dokumen identitas yang valid, seperti paspor, diperlukan untuk pendaftaran, dan biaya ujian bervariasi sesuai tingkat dan lokasi ujian.

Penting untuk mencatat bahwa pusat ujian akan memberikan informasi rinci mengenai sertifikat ini. Oleh karena itu, calon peserta disarankan untuk menghubungi pusat ujian terkait untuk panduan lebih lanjut.

Dengan lebih dari 100.000 kandidat mengikuti ujian ÖSD setiap tahun, sistem ini membuka pintu bagi individu yang ingin membuktikan kemampuan Bahasa Jerman mereka secara resmi dan terakui secara internasional.

Kesimpulan

ÖSD, singkatan dari “Österreichisches Sprachdiplom Deutsch,” membuka pintu bagi individu yang ingin membuktikan kompetensi Bahasa Jerman secara internasional. Sebagai sistem ujian resmi yang mengikuti standar Common European Framework of Reference for Languages, ÖSD menekankan pengakuan internasional, kemerdekaan dalam mengikuti ujian tanpa kursus bahasa penuh, dan juga pendekatan komunikatif yang menilai kemampuan dalam situasi kehidupan nyata.

Sumber Terkait:

Tentang ÖSD – SPITZE STUDIUM

Lebih Baik Pilih Ujian Goethe atau ÖSD? – Quora

Dapatkan sertifikat ÖSD Anda

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan juga dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

Selanjutnya, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *