Mengajukan Kompensasi di Deutsche BahnGambar Gratis di Pin: Dua Tangan Berjabat sambil Memegang Uang.

Jika Anda mengalami ketidaknyamanan perjalanan saat menggunakan tiket Deutschland dengan Deutsche Bahn, kini mengajukan klaim ganti rugi atau kompensasi menjadi lebih mudah melalui metode online dan juga offline. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah secara rinci untuk meminta kompensasi melalui akun pelanggan dan aplikasi DB Navigator. Kemudian, dengan fasilitas ini, penumpang dapat mengakses proses klaim dengan lebih efisien, menjadikan pengalaman perjalanan yang tidak menyenangkan dapat terselesaikan dengan cepat dan juga mudah.

Baca Juga: Deutschland Ticket: Tips Batalkan Kontrak, Rekening Aman!

Mengajukan Kompensasi Tiket dengan Deutsche Bahn: Secara Online

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk meminta kompensasi secara digital melalui akun pelanggan dan aplikasi DB Navigator.

1. Login

Pertama-tama, kunjungi situs Bahn.de atau buka aplikasi DB Navigator yang sudah Anda unduh. Untuk memulai proses klaim hak penumpang, login ke akun pelanggan Anda. Pastikan untuk mengatur ke bahasa yang Anda pahami agar lebih memahami langkah-langkahnya.

2. Pilih “My Trip” / “Affected Journey”

Kedua, buka riwayat pemesanan dan identifikasi tiket perjalanan atau komuter yang terkena dampak. Navigasi ke bagian “Hak penumpang” atau “Passenger rights“, lalu klik “Mengajukan kompensasi” atau “Applying for compensation“.

3. Masukkan Data dan Kirim

Ketiga ikuti panduan langkah demi langkah untuk memasukkan informasi yang diperlukan. Proses ini hanya membutuhkan beberapa klik untuk menyelesaikan klaim Anda.

Ingatlah bahwa Anda dapat memvalidasi hak penumpang Anda baik melalui situs web maupun aplikasi DB Navigator, asalkan tiket tersebut Anda beli atau Anda simpan melalui akun Anda. Dengan opsi ini, meminta kompensasi menjadi lebih mudah dan efisien bagi penumpang Deutsche Bahn yang mengalami ketidaknyamanan perjalanan.

Mengajukan Kompensasi Tiket dengan Deutsche Bahn: Secara Offline Via Post

1. Minta Kompensasi dengan Formulir Hak Penumpang:

  • Unduh formulir PDF dan isi secara online melalui Adobe Acrobat. Isi formulir yang disediakan oleh DB, Label Alamat dan Formulir.
  • Formulir juga tersedia dari staf layanan di kereta, DB Information, atau DB Travel Centre.

2. Lampirkan Kuitansi:

  • Sertakan tiket atau salinan tiket Anda.
  • Jika harga tidak tercetak pada tiket, lampirkan juga bukti harganya (kecuali Anda memiliki BahnCard 100).
  • Dokumen pendukung lainnya termasuk tanda terima reservasi, dokumen penggantian biaya, dan dokumen yang dikeluarkan di kereta.

3. Mengirim atau Menyerahkan Formulir dan Juga Dokumen Pendukung dalam Bentuk Kertas:

  • Kirim formulir dan dokumen pendukung via pos ke: Pusat Layanan DB Dialog GmbH Fahrgastrechte 60647 Frankfurt Jerman
  • Alternatifnya, serahkan dokumen di DB Travel Center atau tempat penjualan.

4. Proses Pengembalian:

  • Jika formulir lengkap Anda serahkan di DB Travel Centre dengan konfirmasi penundaan dan tiket asli, Anda akan segera menerima kompensasi dalam bentuk voucher atau pembayaran tunai.

Hak Penumpang Kereta Api: Memahami Persyaratan dan Kompensasi

Ketika menghadapi perjalanan kereta api yang tertunda atau dibatalkan, penting untuk mengetahui persyaratan yang memungkinkan Anda menegaskan hak penumpang. Berikut adalah poin-poin kunci yang perlu diperhatikan:

  • Tiket yang Valid: Pastikan Anda memiliki tiket yang valid untuk perjalanan yang mengalami keterlambatan atau pembatalan pada saat peristiwa berlangsung.
  • Hak Kompenasasi untuk Seluruh Rantai Perjalanan: Hak atas kompensasi berlaku untuk seluruh rantai perjalanan, termasuk perjalanan dengan kereta api dari perusahaan yang berbeda jika diakses dengan satu tiket. Namun, hanya penundaan dan pembatalan dari perusahaan kereta api yang berpartisipasi yang dapat dihitung.
  • Kontrak Pengangkutan Terpisah: Setiap tiket dianggap sebagai kontrak pengangkutan yang terpisah. Kompensasi untuk keterlambatan dihitung secara terpisah untuk setiap tiket. Pada tiket pulang pergi, kompensasi dihitung sebagai setengah dari tarif yang dibayarkan.
  • Perluasan Hak Penumpang untuk Perjalanan Malam: Hak penumpang atas transportasi kereta api juga berlaku untuk perjalanan malam, seperti EuroNight.
  • Peraturan Tambahan dan Tarif Regional: Peraturan tambahan mungkin berlaku untuk perjalanan dalam asosiasi transportasi dan jika tarif regional berlaku. Penumpang dengan tiket asosiasi transportasi sebaiknya menanyakan peraturan hak penumpang yang berlaku kepada asosiasi terkait. Perlu Anda ingat bahwa kereta bawah tanah dan trem tidak termasuk dalam peraturan standar hak penumpang.
  • Kompensasi Minimum: Kompensasi kurang dari EUR 4 tidak akan DB bayarkan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mengetahui persyaratan ini akan membantu penumpang dalam mengklaim hak mereka ketika menghadapi situasi yang tidak terduga selama perjalanan kereta api. Penting untuk mengetahui bahwa Deutsche Bahn (DB) memberikan kompensasi pengembalian dana dalam beberapa situasi tertentu. Jika terjadi Missed Connection karena keterlambatan lebih dari 60 menit, penumpang berhak atas kompensasi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai hak-hak penumpang, detail lengkap dapat Anda temukan di situs resmi DB: Passenger Rights – Legal Regulations. Pastikan untuk memahami hak-hak Anda sebagai penumpang dan mengakses sumber resmi DB untuk informasi terkini.

Kesimpulan: Tips Mengajukan Kompensasi di Deutsche Bahn

Dengan adanya metode online untuk mengajukan klaim kompensasi kepada Deutsche Bahn, penumpang dapat memanfaatkan kenyamanan dan juga keefisienan dalam proses tersebut. Melalui langkah-langkah yang sederhana di situs web Deutsche Bahn atau juga aplikasi DB Navigator, penumpang dapat dengan cepat mengidentifikasi perjalanan yang terpengaruh, memasukkan data yang DB perlukan, dan mengajukan klaim mereka. Meskipun tersedia juga opsi offline via POS, opsi online ini memberikan kemudahan dan aksesibilitas yang lebih besar, menciptakan pengalaman klaim yang lebih efisien dan transparan bagi penumpang Deutsche Bahn.

Sumber Terkait:

Website untuk Informasi Memesan Tiket Transportasi di Jerman

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan juga dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

Selanjutnya, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *