CV-GEN News

Lulusan SMK Indonesia Bisa Kuliah di Jerman?

Tahun 2022 sepertinya menjadi tahun yang baik bagi Indonesia maupun Jerman. Melalui hubungan bilateral dan kerja sama yang baik ke dua negara ini banyak melakukan perubahan peraturan yang bertujuan untuk mempermudah warganya. Salah satunya adalah peraturan yang menyatakan bahwa siswa SMK Indonesia bisa langsung memakai ijasah untuk mendaftar kuliah di Jerman tanpa melalui tahapan Penyetaraan Ijazah atau Anerkennung.

Terdaftar di Anabin

Sebelum peraturan ini dikeluarkan warga Indonesia yang khususnya lulusan SMK akan susah dan banyak melalui tahapan jika ingin menempuh pendidikan S1 si Jerman. Sekarang dengan terdaftarnya SMK di anabin (https://anabin.kmk.org/) maka akan lebih mempermudah proses penyetaraan ijazah SMK. Anabin sendiri merupakan website swasta yang berisi database terkait sekolah atau universitas yang telah diakui di Jerman.

Lantas langkah apa saja yang ditempuh bagi alumni SMK untuk melakukan kuliah di Jerman? Berikut langkahnya :

  • Lulus SMK
  • Kuliah di Indonesia 1 Tahun. Setelah lulus SMK kita tidak bisa langsung daftar kuliah di Jerman, Melainkan wajib mengikuti kuliah di salah satu universitas di Indonesia selama 2 semester.
  • Studienkolleg. Studienkolleg adalah kelas yang mempersiapkan anda untuk sebelum melakukan pendidikan lebih lanjut di Jerman. Mulai dari bahasa, Kultur, hingga sistem pendidikan di Jerman.

Kesempatan Lebih Besar

Peraturan ini tentu memberikan dampak yang baik bagi Indonesia khususnya lulusan SMK. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih besar untuk mengirikan putra putri bangsa dalam menempuh pendidikan lebih jauh ke Jerman. Apalagi Indonesia menghasilkan sekitar 1,5 juta lulusan SMK setiap tahunnya. Ini memberikan dampak positif bagi Indonesia sehingga dapat membangun negara ini lebih baik lagi lewat generasinya yang cerdas.

Bagi kamu alumni SMK apakah sudah siap kuliah di Jerman?