CV-GEN News

Dilema Setelah Lulus SMA, Kuliah kah? Atau Bekerja ke Luar Negeri?

Dilema Setelah Lulus SMA SMK, Kuliah kah? Atau Bekerja ke Luar Negeri?. Dilema yang seringkali dihadapi oleh banyak siswa siswi SMA SMK di Indonesia. Minta pendapat senior, sering. Minta pendapat ortu juga malah sudah disiapkan jauh jauh hari. Bahkan ada ortu yang ngomong, terserah apa pilihanmu nak, kami mendukung. Eh malah jadi tambah bingung. Cari cari informasi di internet, banyak sih, tapi yang langsung menjawab kebimbangan belum ada. Kuliah atau Bekerja ke Luar Negeri?.

Lalu? Minta pendapat siapa yah baiknya? Semoga tulisan ini membantu. Sebagai generasi yang dikelilingi oleh informasi, masukan dari generasi lebih tua (seperti saya), selalu ada saja loh ibrahnya. 😉

Kuliah atau Bekerja ke Luar Negeri

Ketika dihadapkan pada pilihan, otomatis, kita harus melakukan perbandingan perbandingan logis agar dapat memutuskan dengan bijak.

Kelebihan Lanjut Kuliah Setelah Lulus SMA SMK

Beberapa kelebihan jika memilih untuk kuliah setelah lulus SMA SMK

  • Memiliki banyak teman di kampus
  • Dipelonco rame rame sama sama dengan teman seusia. Seru seru gitu lah buat jadi kenangan. Dampak ke kesejahteraan masa depan? Ada lah, tapi tipis.

Kelemahan Lanjut Kuliah Setelah Lulus SMA SMK

Beberapa Kelemahan memilih untuk kuliah setelah lulus SMA SMK

  • Harus rela waktu 4 tahun akan digunakan untuk belajar.
  • Tidak hanya waktu, bahkan dana yang harus dikeluarkan untuk kuliah 4 tahun, minimal dibutuhkan 200juta rupiah jika dikalkulasi. Ini bahkan untuk pengeluaran paling minimum yang tanpa uang gedung, tanpa uang seragam, gak beli laptop, minjam minjam lah ibaratnya, yang uang kosan masih 500rb/bulan, yang makan mie sama lapis obat sakit mag. Coba deh hitung hitung lagi. Pasti kaget udah irit banget, tetapi ternyata setelah 4 tahun bisa sentuh angka fantastis.
  • Tidak ada jaminan akan bekerja berkarir sebagai apa setelah sarjana
  • Akan menghadapi dosen dan asisten yang seringkali memberikan tugas tanpa akhir. Pakai drama nyeleneh kadang kadang. Eh sering deng.
  • Tidak memiliki waktu untuk belajar di luar ilmu dari jurusan atau fakultas yang dipilih.
  • Belum lagi kalau dihitung beban dan kerugian mentalnya.

Kelebihan Pelatihan Jaminan Kerja Setelah Lulus SMA SMK

Beberapa kelebihan memilih untuk mengikuti Pelatihan Jaminan Kerja Setelah Lulus SMA SMK

  • Karir dan Skill sudah terasah sejak mendaftar masuk
  • Pengenalan tentang perusahaan tujuan berkarir sudah sejak hari pertama
  • Pelatihan yang lebih terfokus pada pengembangan keahlian dan siap kerja
  • Budget dan biaya sudah ada sejak awal, sehingga persiapan bisa lebih matang
  • Waktu pelatihan lebih singkat, Bahkan ada yang 3 bulan doang, terus sudah bisa mulai meniti karir dan bekerja.

Kelemahan Pelatihan Jaminan Kerja Setelah Lulus SMA SMK

Beberapa kelemahan memilih untuk mengikuti pelatihan jaminan kerja setelah lulus SMA SMK

  • Apakah memiliki penghasilan sendiri setelah pelatihan merupakan kelemahan?. Kita semua setuju, ini adalah kelebihan.
  • Tidak memiliki gelar kesarjanaan atau gelar akademik. Tapi kalau sudah punya duit mah, gelar akademik dan kesarjanaan bisa terkejar sambil kerja/digaji tetap.

Nah, hayo, gimana? Kuliah atau Bekerja ke Luar Negeri?.

Tulisan ini sudah memberikan sedikit gambaran mau jadi apa dan mau bagaimana setelah lulus SMA SMK? Pilihan kecil anda sekarang, menentukan 10 tahun bagaimana anda di masa depan. Akan sudah berlayar keliling dunia atau masih berkutat dengan amplop amplop dan email lamaran kerja.

Informasi Tambahan dan Informasi Penting Bagi Lulusan SMA SMK nih

Pelatihan Gratis

Tau gak sih kalau banyak komunitas komunitas orang Indonesia yang berkarir dan mapan di luar negeri membentuk komunitas komunitas di dunia maya untuk saling membantu mendukung orang Indonesia lainnya yang belum mendapatkan pengarahan yang benar.

Kelas Bahasa Jerman Gratis oleh Pengajar Jerman Orang Indonesia

Untuk peroleh kelas bahasa jerman gratis dan sharing serta informasi informasi komprehensif mengenai Jerman dan berkarir atau menetap di Jerman. Grup German Club termasuk salah satu fasilitator terpercaya di grup WA yang menaungi orang Indonesia. Dengan berbagai member dari berbagai latar belakang baik di Jerman maupun di Indonesia, grup German Club lumayan membantu banyak orang Indonesia ke Jerman dan atau mempelajari dan mencari informasi yang valid. Selain informasi kelas bahasa Jerman gratis, di grup tersebut juga banyak informasi komunitas komunitas eksklusif lainnya.

Layanan WA Konsultasi Gratis Bagi Yang Masih Bingung Harus Ke Mana Setelah Lulus SMA SMK

  • Saya harus bagaimana setelah lulus SMA SMK?
  • Keputusan masa depan saya di tangan ortu atau di keputusan saya sekarang?
  • Mengapa banyak anak muda lainnya sudah bisa mapan di usia 21, tetapi lebih banyak yang enggak?
  • Padahal ortu mereka juga pas pasan. Keputusan apa yang mereka ambil sehingga membuat mereka tampak mampu sangat mapan di usia yang masih sangat muda?

Seringkali banyak pertanyaan berkecamuk seperti itu di benak para mahasiswa yang sudah mulai bosan dengan aktifitas kampus dan melihat masa depan tampak masih buram dan abu abu. Atau bahkan ada yang masih SMA sudah terpikirkan hal hal seperti ini. Butuh rasanya mendiskusikan ini dengan orang yang tepat.

Tau gak sih, kalau ada nomor hotline CS WA ini: +628115995950 khusus untuk melayani mereka yang masih bingung harus bagaimana dan mengambil langkah apa terkait keputusan setelah lulus SMA SMK.

Bahkan layanan konsultasi itu juga seringkali menyelesaikan masalah karir client client luar negeri loh. Bukan hanya orang Indonesia.