Haftpflichtversicherung: Asuransi Merusak Barang di JermanPhoto by Jay Tamboli: Broken iPhone. Phone still works, but the screen is cracked

Jika Anda menyebabkan kecelakaan di Jerman, konsekuensinya dapat merusak keuangan Anda secara signifikan. Jika korban menang dalam gugatan, Anda harus membayar ganti rugi yang bisa mencapai ribuan Euro, potensi menghancurkan keuangan Anda. Maka dari itu, di Jerman ada sebuah asuransi untuk menutupi kerusakan yang Anda perbuat tersebut, namanya asuransi Haftpflichtversicherung (Pertanggungjawaban).

Baca Juga: Profesional Indonesia di Jerman: IPA Germany!

Perlindungan dengan Haftpflichtversicherung

Asuransi pertanggungjawaban (Haftpflichtversicherung) adalah benteng pertahanan Anda. Saat Anda menyebabkan kecelakaan, perusahaan asuransi akan menanggung biaya hukum dan perbaikan, menghindarkan Anda dari beban finansial yang besar.

Pentingnya Haftpflichtversicherung

Meskipun asuransi ini tidak wajib, Haftpflichtversicherung memiliki peran krusial. Melindungi dari kejadian tak terduga seperti merusak properti orang lain atau juga menyebabkan cedera, asuransi ini menawarkan keamanan finansial di tengah risiko yang mungkin terjadi.

Contoh Kejadian dan Risiko Tanpa Asuransi

Dari merusak barang-barang di tempat tinggal sewa (Wohnung atau apartemen), merusak barang milik teman atau orang lain, menghilangkan kunci rumah sewa, dan bahkan meninggalkan masakan hingga berasap yang akhirnya menyalakan alarm kebakaran. Kejadian-kejadian itu mungkin jarang terjadi, tetapi tanpa asuransi, biayanya dapat mencapai ribuan Euro, meninggalkan Anda dengan beban finansial yang tak terduga.

Lain kali jika ingin tinggal di Jerman, penyakit kutil, kurap, dan juga kudis harus ditinggalkan. Jika merasa ceroboh, sewalah asuransi. Kalau Anda bisa, waktu menyewa Wohnung (tempat tinggal), sebaiknya Anda foto semua sudut ruangannya terus di check apakah ada kerusakan di dalamnya, jika ada minta kepada pemilik rumah untuk memperbaikinya.

Jenis Kerugian yang Dilindungi

Asuransi ini mencakup tiga jenis kerugian:

  • Personenschäden (kerugian personal),
  • Sachschaäden (kerusakan harta benda),
  • dan Vermögensschäden (kerugian finansial).

Tanpa asuransi, risiko keuangan klaim tersebut harus ditanggung sendiri, berpotensi menyebabkan kebangkrutan pribadi.

Perlindungan Keluarga dan Pilihan Tambahan

Haftpflichtversicherung juga melibatkan perlindungan keluarga Anda, kecuali anak-anak di bawah 7 tahun. Dalam situasi yang tidak terduga, asuransi ini menawarkan keamanan finansial yang lebih luas, seperti perlindungan untuk kehilangan kunci, kerusakan akibat hewan peliharaan, atau juga perlindungan di luar negeri.

Situasi yang Tidak Dilindungi dan Pertanggungan yang Disarankan

Namun, ada situasi tertentu yang tidak dilindungi, seperti kerusakan saat berkendara yang ditanggung oleh asuransi mobil. Penting untuk memilih jumlah pertanggungan yang memadai, direkomendasikan minimal 3 hingga 5 juta Euro, terutama untuk melindungi diri dari kerusakan properti yang dapat mencapai jutaan Euro.

Biaya Haftpflichtversicherung dan Penyedia Terkemuka

Biaya premi Haftpflichtversicherung umumnya terjangkau, kurang dari 5 € per bulan. Ada berbagai penyedia termasuk Adam Riese, AXA, Getsafe, HUK24, dan ERGO. Situs seperti Check24 memungkinkan perbandingan tarif untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menutup Pertanyaan: Apakah Saya Benar-Benar Membutuhkannya?

Meskipun tidak wajib, 83% rumah di Jerman memiliki asuransi pertanggungjawaban, menjadikannya asuransi terpenting setelah kesehatan. Keamanan finansial yang ditawarkan oleh Haftpflichtversicherung menjadikannya pilihan bijak untuk melindungi diri dari risiko keuangan yang tak terduga.

Kesimpulan: Haftpflichtversicherung untuk Masa Depan Tanpa Beban Finansial

Haftpflichtversicherung membuktikan peran vitalnya dalam melindungi finansial di Jerman. Artikel ini menyoroti bahwa tanpa asuransi tersebut, risiko kecelakaan dapat mengakibatkan beban finansial yang besar. Dengan menawarkan perlindungan terhadap klaim kerugian, baik yang berkaitan dengan cedera personal, kerusakan properti, atau juga kerugian finansial, Haftpflichtversicherung menjadi investasi cerdas untuk menjaga kestabilan finansial di masa depan. Dengan biaya premi yang terjangkau, keamanan finansial dapat dicapai tanpa mengorbankan stabilitas ekonomi pribadi.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan sistem hukum di Jerman yang bagus, kamu tak perlu terlalu khawatir untuk tinggal di Jerman.

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *