CV-GEN News

Kerja Pakai Jasa Agen Atau Mandiri? Ketahui Dulu Bedanya!

Jasa agen kerja biasanya menjadi pilihan untuk beberapa orang yang ingin bekerja ke luar negeri. Agen sendiri merupakan individu atau kelompok yang bertugas sebagai perantara antara perusahaan dan calon pekerja. Selain itu, ada juga orang yang lebih memilih mengurusnya secara mandiri alias tanpa agen.

Saat Anda memilih menggunakan jasa agen atau mandiri, itu semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, sebelum Anda memilih yang mana, ada baiknya Anda sudah memantapkan niat untuk bekerja ke luar negeri.

Nah, maka dari itu. Saya akan memberikan informasinya dengan singkat mengenai hal-hal tersebut. Baca baik-baik, ya.

Baca Juga : Ikut Ferienjob Boleh, Tapi Jangan Sampai Begini!

Bekerja Dengan Jasa Agen

Jika Anda memilih dengan jasa agen kerja. Maka, kelebihannya adalah Anda akan lebih banyak dibantu. Entah itu untuk mengurus dokumen, visa, passport, bahkan akan mencarikan pekerjaan baru jika Anda dipecat oleh perusahaan yang lama.

Namun demikian, Anda perlu membayar biaya untuk jasa agen tersebut. Besar atau sedikit, itu tergantung oleh mereka pemberi jasa. Perlu Anda ketahui juga, jasa agen yang Anda pilih harus benar-benar terpercaya. Karena, ada juga jasa agen yang abal-abal alias penipu. Mereka hanya memberikan janji manis saja kepada peserta calon pekerja, namun ternyata hanyalah omong kosong belaka. Selain itu, ada juga yang sistemnya sedikit nakal. Anda membayar dengan jumlah besar, namun gaji yang Anda terima nanti tidak sebanding dengan biaya untuk jasa agennya. Akhirnya, Anda yang akan merugi.

Maka dari itu, sangat penting juga bagi Anda untuk mencari informasi yang terpercaya dan benar-benar sudah resmi. Seperti di cv-gen.com. Tautan itu bisa menjadi referensi Anda untuk mencari informasi bekerja ke luar negeri secara resmi.

Bekerja Dengan Mandiri

Nah, untuk bisa bekerja ke luar negeri, Anda bisa juga melakukannya dengan mandiri. Itu artinya, Anda harus mengurus dokumen, visa, passport dan lain-lain dengan sendiri. Jika beruntung, mungkin biayanya bisa lebih murah daripada dengan jasa agen.

Kemudian, jika Anda pekerja non skill. Syaratnya lebih mudah daripada pekerjaan skill. Yaitu, hanya perlu CV dan Passport. Namun, Anda harus membayar untuk keperluan semua proses keberangkatan dan dokumennya.

Sedangkan, jika Anda pekerja skill, syaratnya lebih banyak. Yaitu, harus mempunyai CV yang bagus, kemampuan bahasa asing yang bagus, pengalaman kerja yang terbukti dan masih hanyak lagi syarat lainnya. Namun, itu biasanya sebanding dengan fasilitas banyak yang Anda terima oleh perusahaan, jika Anda memenuhi syarat yang ada.

Namun menurut saya, jika Anda memilih untuk secara mandiri, maka resikonya lebih besar daripada dengan jasa agen. Kenapa? Karena ketika Anda dipecat oleh perusahaan, Anda kemungkinan besar akan repot sendiri atau malah merasa bingung. Kecuali, Anda mempunyai kenalan di negara tempat Anda bekerja dan bisa membantu Anda dengan baik.