CV-GEN News

Ikut Ferienjob Boleh, Tapi Jangan Sampai Begini!

Ikut program Ferienjob dapat menjadi salah satu pengalaman yang luar biasa. Apalagi kalau kamu yang sudah punya keinginan ke Jerman atau Eropa sedari kecil, pasti menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Jika kamu akan menjadi peserta Ferienjob, maka kamu wajib juga mencari info-info seputar Ferienjob di berbagai sumber yang terpercaya. Seperti di news.cv.gen.com dan https://youtube.com/@cvgen_overseas. Mengapa demikian? Karena agar kamu bisa meminimalisir hal-hal yang dapat merepotkan diri sendiri maupun para koordinator. Sehingga kamu dapat bekerja dan tinggal di Jerman dengan sebaik mungkin.

Baca Juga : Tak Perlu Bingung! Ini Loh, Proses Pengurusan Untuk Ferienjob!

Ikut Ferienjob Boleh, Tapi Jangan Sampai Begini!

Terlalu Menggantungkan Tanggung Jawab Kepada Orang Lain

Memang selama mengikuti Ferienjob kamu akan didampingi dengan para koordinator. Namun, tak semua urusan harus mereka yang tanggung. Urusan pribadi seperti bayar pajak, visa, gaji atau jemur pakaian pun itu termasuk tanggung jawab kamu sendiri. Perlu kamu ingat, semua itu adalah hal yang bersifat rahasia. Maksudnya, hanya kamu dan orang yang bersangkutan saja untuk mengurusnya. Lagipula, kalau semisal semuanya para koordinator yang tanggung, kapan kamu akan menjadi pribadi yang mandiri, kan?

Ferienjob bukan hanya tentang kamu bekerja dan mendapatkan gaji. Tapi, di Jerman sana kamu akan belajar banyak hal-hal positif. Orang Jerman sangat menjunjung tinggi kemandirian dan tanggung jawab. Namun sebenarnya, itulah dunia kerja yang sesungguhnya di Jerman, loh.

Koordinator Bukanlah Belahan Jiwamu Saat Ikut Ferienjob

Perlu kamu ketahui, tanggung jawab utama para Koordinator kepada para peserta Ferienjob adalah sampai ke tahap persetujuan dari Badan Otoritas Jerman. Kemudian, disusul dengan urusan untuk pulang ke Indonesia. Jadi, selain urusan itu adalah urusan pribadi dan institusi. Sebisa mungkin, kamu jangan sampai salah atau typo dalam mengisi semua dokumennya. Ada baiknya kamu cek kembali setelah menyelesaikan semua dokumen kamu, ya.

Jadi intinya, pihak koordinator hanyalah untuk menjadi semacam kompas dan peta saja. Mereka memberi arahan, petunjuk dan informasi penting untuk urusan Ferienjob kamu, bukan menjadi seperti layaknya asisten pribadi atau belahan jiwa kamu. Ingat, kamu sudah dewasa. Sikap manja sebaiknya harus dikurangi. Karena tidak selamanya kamu akan terus bergantung dengan orang lain.

Ferienjob Adalah Kerja Saat Musim Liburan di Jerman

Perlu kamu garis bawahi, jika Ferienjob merupakan kerja saat musim liburan di Jerman. Jadi, bukan liburan atau trip ke Jerman. Kamu jangan sampai salah kaprah mengenai hal ini. Bekerja berarti kamu harus fokus dengan kemampuan kamu untuk pencapaian target suatu perusahaan. Kemudian, peraturan yang ada juga jangan kamu sepelekan. Sebagai contoh, saat liburan kamu bisa bebas bangun pagi. Namun, saat bekerja kamu harus bangun 1 atau 2 jam sebelum jam masuk kerja. Jadi, bila kamu terlambat walau hanya satu menit. Bisa saja kamu akan dipecat oleh perusahaan.

Tapi, jangan khawatir. Ferienjob ini juga ada jatah hari liburnya. Kamu bisa bebas untuk melakukan apapun saat hari libur kerja di Jerman, asalkan masih dalam batasan-batasan yang tidak melanggar hukum Jerman.