Jenis Tempat Tinggal di Jerman - Tips AusbildungFoto dari Wikimedia Commons: Immobilienfotografie wohnung chemnitz moebliert

Dalam merencanakan perjalanan atau tinggal di Jerman, pemilihan akomodasi menjadi salah satu keputusan kunci yang memengaruhi pengalaman Anda. Jerman menawarkan berbagai opsi akomodasi dengan karakteristik dan harga yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa jenis tempat tinggal di Jerman yang umum dicari, serta tips untuk menemukan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Baca Juga: Berhijab saat Ausbildung di Jerman, Aman Nggak Ya?

Beberapa Jenis Tempat Tinggal di Jerman

Dalam mencari tempat tinggal, penting untuk memahami opsi yang tersedia. Berikut adalah beberapa tipe akomodasi yang biasa dicari di Jerman:

1. Haus (Rumah)

Pertama-tama, ada Haus (Rumah). Ini cocok untuk mereka yang sudah berkeluarga atau bekerja dengan gaji yang mencukupi. Harganya mungkin tinggi, sekitar 3.500 euro atau lebih, sehingga kurang direkomendasikan untuk murid atau yang baru pertama kali ke Jerman.

2. Studentenwohnheim (Apartemen untuk Murid-Murid)

Kedua, ada Studentenwohnheim (Apartemen untuk murid-murid). Ini merupakan gedung apartemen yang bekerja sama dengan universitas, cocok untuk mahasiswa dengan biaya sekitar 300 euro per bulan. Terdapat pilihan untuk tinggal sendiri atau berbagi dengan teman sekamar.

3. Raum/Wohngemeinschaft (WG Zimmer)

Ketiga, ada Raum/Wohngemeinschaft (WG Zimmer). Ini merupakan pilihan terjangkau (sekitar 250 euro ke atas) untuk mereka yang baru datang. Konsepnya mirip rumah kos di Indonesia, bangunan yang berisi beberapa kamar, biasanya minimal 2 kamar. Di mana fasilitas seperti kamar mandi, dapur, dan ruang tamu dibagi bersama dengan penghuni kamar lain.

4. Wohnung (Apartemen)

Selanjutnya, ada Wohnung (Apartemen). Ini untuk yang memiliki gaji cukup dan pengalaman tinggal di Jerman lebih dari satu tahun. Proses penyewaan bisa rumit, dengan pertemuan langsung dengan pemilik dan pertanyaan terkait pekerjaan dan pengalaman.

5. Wohnen auf Zeit (Tempat Tinggal Sementara)

Terakhir, ada Wohnen auf Zeit (Tempat Tinggal Sementara). Ini merupakan tempat tinggal sementara untuk mereka yang sedang mencari apartemen. Harga sewanya lebih tinggi, sekitar 900 euro atau lebih per bulan, dengan batas waktu maksimal 6 bulan.

Bagaimana Cara Mencari Tempat Tinggal di Jerman?

Dari lima rekomendasi di atas, jika kalian ingin Ausbildung dan mencari tempat tinggal secara mandiri, lebih baik tinggal di Raum/Wohngemeinschaft yang lebih hemat, namun mencari tempat Ausbildung lebih direkomendasikan yang perusahaannya menyediakan tempat tinggal. Untuk mencari tempat tinggal, aplikasi seperti wg-gesucht.de sangat membantu. Dalam menggunakan aplikasi ini, penting untuk memperkenalkan diri dengan jelas kepada pemilik rumah, menjelaskan pekerjaan dan niat tinggal di Jerman, serta berbagi hobi untuk memastikan kesesuaian dengan pemilik dan teman seakomodasi. Jika cocok, proses penandatanganan kontrak bisa dimulai.

Apakah worth it dengan gaji Ausbildung sendiri jika menggunakan WG? Untuk 2023 sekarang, kabarnya gaji Ausbildung mulai dinaikan menjadi kurang lebih 900 euro per bulan. Jadi, masih ada sisa untuk kebutuhan lainnya dan menabung, ini tergantung dari cara kamu mengelola kalian. Namun, setelah lulus Ausbildung dan kalian mendapatkan penawaran untuk bekerja kembali di perusahaan Ausbildung kalian (dalam arti, ingin masih berkarir di Jerman), gaji kalian akan naik sesuai UMK Jerman per bulannya.

Kesimpulan : Jenis & Cara Mencari Tempat Tinggal di Jerman untuk Ausbildung

Secara keseluruhan, proses pencarian akomodasi di Jerman merupakan langkah krusial dalam menentukan kenyamanan dan adaptasi Anda di negeri ini. Mulai dari opsi yang lebih tradisional seperti rumah hingga apartemen modern, setiap tipe akomodasi menawarkan pengalaman unik dengan pertimbangan harga dan fasilitas yang berbeda. Penggunaan platform seperti wg-gesucht.de dapat memudahkan pencarian, namun keputusan akhir tetap bergantung pada pemahaman yang baik terhadap kebutuhan pribadi, fase kehidupan, dan anggaran. Dengan memilih akomodasi yang sesuai, Anda dapat memulai perjalanan di Jerman dengan lebih tenang, menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, dan meraih pengalaman tinggal yang memuaskan.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan juga dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

Selanjutnya, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *