Berhijab saat Ausbildung di Jerman, Aman Nggak Ya?Foto oleh Anna Tarazevich: Wanita berjilbab hitam menutupi wajah dengan tangan.

Dalam perjalanan mengejar pendidikan di Jerman, pertanyaan muncul: “Kamu mau Ausbildung, tapi kamu muslim dan berhijab? Apakah boleh?” Jawabannya adalah, boleh saja. Jerman memberikan kebebasan bagi mereka yang ingin menjalani Ausbildung sambil berhijab.

Baca Juga: Wawancara Ausbildung – Tips Lulus & Siap Berkarir di Jerman

Adakah Risiko Jika Berhijab di Jerman?

Berdasarkan pengalaman beberapa orang Indonesia Muslim berhijab di Jerman, sebagian besar menyatakan bahwa walaupun masih ada stereotip dan sindiran negatif, banyak juga orang Jerman yang open-minded terhadap hijab dan Islam. Meskipun ada beberapa orang yang tidak suka atau menyindir, kebanyakan sindiran tersebut tidak berujung pada kekerasan.

Jurusan Ausbildung di Jerman yang Memiliki Peraturan Terkait Berhijab

Bagi yang ingin mengikuti Ausbildung, perlu diingat bahwa peraturan perusahaan tetap harus diikuti. Sebagai contoh, jika kamu ingin berhijab dan mengikuti Ausbildung perawat, perlu memastikan hijab tidak terlalu lebar dan baju perawat yang biasanya berlengan pendek harus sesuai dengan standar kebersihan dan kerapihan.

Penting untuk berkomunikasi dengan perusahaan terkait aturan penggunaan hijab. Jika situasi tidak memungkinkan, tetaplah terbuka untuk mencari perusahaan lain yang lebih mendukung keputusan berhijab.

Bagi mereka yang tertarik dengan Ausbildung di bidang koki, saran untuk bekerja di restoran Turki di Jerman dapat menjadi alternatif. Namun, jika khawatir dengan masakan yang menggunakan daging babi, bidang konditor atau patissier bisa menjadi pilihan yang lebih aman, tanpa menghadapi kendala daging babi dalam menu.

Tantangan Lain di Jerman sebagai Muslim

Tantangan bagi Muslim di Jerman juga termasuk mencari tempat untuk sholat. Meskipun terdapat banyak masjid dan rumah ibadah, masih ada kesulitan, terutama di kota kecil. Solusi sementara termasuk beribadah di ruang ganti pakaian, rumah pribadi, atau tempat yang bersih dan sepi.

Waktu sholat menjadi tantangan lain karena bertabrakan dengan jam Ausbildung. Ausbildung umumnya mengikuti jadwal yang telah ditentukan perusahaan. Oleh karena itu, beberapa Muslim di Jerman menggabungkan waktu sholat, mengikuti prinsip jamak atau qada.

Adapun diskriminasi, seperti halnya di negara lain, juga ada di Jerman. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang memiliki pandangan negatif terhadap agama atau budaya tertentu.

Dalam hal makanan halal, setiap kota besar di Jerman memiliki restoran atau pasar halal. Namun, di kota kecil, mencari makanan halal mungkin lebih sulit. Meskipun demikian, keberagaman kuliner di Jerman memberikan peluang untuk menemukan makanan halal yang sesuai dengan preferensi dan keyakinan.

Kesimpulan: Berhijab saat Ausbildung di Jerman

Meskipun tantangan seperti stereotip dan sindiran masih ada, menjadi Muslim berhijab di Jerman untuk mengejar Ausbildung dapat berhasil dengan komunikasi terbuka, kepatuhan pada aturan perusahaan, dan pemilihan bidang pekerjaan yang sesuai dengan keyakinan. Kesabaran dan adaptasi menjadi kunci sukses dalam menghadapi dinamika keberagaman budaya.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan juga dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

Selanjutnya, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *