CV-GEN News

Pentingnya Sertifikat Bahasa Jerman untuk Berkarir

Sertifikat bahasa menjadi hal yang perlu anda perhatikan utamanya yang ingin bekerja di luar negeri. Adanya sertifikat ini sendiri sebagai identifikasi bagi calon pekerja bahwasanya mereka sanggup berkomunikasi dengan baik saat bekerja di luar negeri.

Sertifikat bahasa, dalam hal ini adalah bahasa Jerman jadi suatu kewajiban untuk anda miliki. Utamanya bagi mereka yang ingin mencari pekerjaan maupun berkarir di negeri industri tersebut. Jerman sendiri termasuk negara yang bahasanya sulit untuk orang luar kuasai.

Baca Juga: Rayakan Kesucian Natal, Jerman Punya Tradisi Ikonis!

Karenanya dengan memiliki sertifikat bahasa Jerman di level tertentu akan memudahkan siapapun yang ingin berkarir di sana. Untuk menguasai bahasa Jerman perlu waktu yang cukup untuk bisa menguasainya. Meski terbilang sulit, namun bukan berarti bahwa bahasa Jerman ini tidak bisa di taklukan. 

Dapatkan Sertifikat Bahasa Jerman Lewat Institusi Resmi

Agar lebih sempurna sudah seyogyanya anda mendapatkan sertifikat bahasa Jerman dari lembaga resmi yang negara tersebut akui. Dengan ikut sertifikasi bahasa Jerman pada lembaga yang resmi maka usaha anda pun tidak akan sia-sia dan berujung penolakan saat hendak berkarir di Jerman.

Institusi resmi yang ada dan Jerman akuin pun banyak. Salah satunya adalah Goethe-Institut yang terdapat di beberapa wilayah Indonesia. 

Ada juga institusi resmi lain yang mengeluarkan sertifikat ini. Seperti Österreichisches Sprachdiplom (OSD), ECL Prüfungszentrum, hingga TestDaF-Institut e.V. Tiga organisasi ini sendiri ada di wilayah Indonesia. Ada juga telc GmbH, namun sayang institusi tersebut belum ada di Indonesia.

Tingkatkan Level di Dalamnya

Untuk sertifikat ini memiliki level-level tertentu di dalamnya. Mulai dari A1, A2, B1, B2, C1 dan C2. Semua level tersebut memiliki fungsi yang berbeda antara satu sama lain.

Untuk level A1 dan A2 merupakan level dasar yang harus anda kuasai apabila ingin bisa mendapatkan visa berkunjung ke Jerman. Sedangkan untuk level B1 dan B2 merupakan sertifikat yang bisa digunakan dalam rangka berkarir di negeri tersebut.

Ada juga level lanjutan yakni C1 dan C2, kedua level ini biasanya berguna untuk yang ingin melanjutkan pendidikan di Jerman.

Jangan Lupa Latihan

Meski nantinya sudah mendapatkan sertifikat yang anda harapkan, bukan berarti tidak lagi melakukan latihan berbahasa Jerman. Latihan adalah sesuatu yang harus dilakukan terus menerus supaya bahasa Jerman anda tidak hilang begitu saja.Salah satu langkah yang bisa anda lakukan seperti membaca buku atau bahkan film dengan subtitle Jerman.