CV-GEN News

Immersion Suit: Pakaian Keselamatan Terobosan di Laut Dingin

Bagi kapal yang berlayar di musim dingin atau di wilayah dengan suhu rendah, satu alat yang tak boleh absen adalah “Immersion Suit” atau Survival Suit atau pakaian keselamatan terendam. Ini adalah perlengkapan wajib yang dapat menyelamatkan nyawa pelaut jika mereka terombang-ambing di dinginnya air laut, menunggu bantuan datang. Regulasi SOLAS mengatur standar ketat yang harus pakaian ini penuhi, sehingga pelaut dapat mengandalkan perlindungan yang optimal.

Baca Juga : Dry Dock Kapal Pesiar: Rahasia Pemeliharaan Kapal

Standar SOLAS dari Immersion Suit

Menurut SOLAS, immersion suit harus memenuhi sejumlah persyaratan penting. Pertama, pakaian ini harus berwarna merah atau oranye agar mudah terlihat di tengah laut. Kemudian, bahan pembuatannya harus tahan air, sehingga pemakai tidak mengalami kehilangan panas tubuh atau hipotermia. Kecepatan dalam mengenakannya juga menjadi fokus, harus bisa pelaut kenakan dalam waktu 2 menit tanpa bantuan. Selain itu, pakaian ini harus menutupi seluruh tubuh kecuali wajah, serta terdapat perangkat untuk mengurangi udara yang terperangkap di bagian kaki.

Pakaian ini juga harus dapat berguna untuk melompat dari ketinggian minimal 4,5 meter tanpa rusak dan tanpa air masuk. Keandalan pakaian ini diuji pada suhu air laut antara 30 derajat hingga 20 derajat Celsius. Dan yang tak kalah penting, penggunaannya tidak boleh menyebabkan suhu tubuh turun lebih dari dua derajat saat pelaut gunakan dalam durasi enam jam, sehingga pelaut tetap aman dalam air.

Perbedaan Antara Immersion Suit dan Life Jacket

Penting untuk memahami perbedaan antara immersion suit dan life jacket. Immersion suit dirancang khusus untuk melindungi pelaut di laut lepas, terutama dalam suhu air laut yang sangat rendah atau dingin. Suit ini menutupi seluruh tubuh kecuali wajah, menghindari hipotermia dengan lapisan tebal dan kedap air.

Sementara itu, life jacket atau jaket penyelamat adalah pakaian bantu apung yang dirancang untuk situasi laut secara umum. Meskipun dapat menjaga pelaut mengapung di air, life jacket tidak memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh pemakai jika suhu air laut turun drastis.

Kesimpulan

Dalam keseluruhan, immersion suit dan life jacket memiliki peran yang berbeda namun penting dalam menyelamatkan nyawa di laut, dengan immersion suit memberikan perlindungan ekstra dalam kondisi ekstrem.

Sumber Terkait :

Immersion Suit – YouTube Shorts

Immersion Suit – Velascoindonesia

Perbedaan Immersion Suit & Life Jacket – Velascoindonesia

Yuk, Jadi Kru Kapal Pesiar Profesional!

Tertarik menjadi seorang pelaut?

Yuk! Wujudkan impian menjelajahi lautan dunia sebagai seorang kru kapal pesiar profesional! cv-gen.com menghadirkan platform pelaut yang menjamin penempatan di kapal pesiar internasional.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari industri maritim yang menarik ini. Untuk itu, CV-Gen telah membuka pendaftaran untuk posisi kru kapal pesiar yang menarik di seluruh dunia. Kemudian, dengan mengunjungi Pelaut CVGEN, Anda akan memiliki akses ke berbagai peluang karir yang menantang dan mengasyikkan.

CVGEN dan layanan peluang kerja ke kapal pesiar dunia. Layanan termasuk pelatihan, dokumen kepelautan, STCW, diklat, dan juga tidak perlu cari kapal. Kemudian, yang paling penting, yaitu interview pihak perusahaan kapal pesiar datang langsung ke sekolah.

CVGEN dan layanan asrama bahasa inggris juga bekerjasama dengan kampung Inggris Pare. Asrama bahasa Jerman termasuk pemantapan bahasa Inggris dari nol sampai bisa conversation, lulus marlin test, atau lulus TOEFL dan IELTS sesuai target program ke negara maju.

Maka dari itu, bergabunglah dengan ribuan profesional maritim terampil dan berbakat yang telah memilih CV-Gen sebagai mitra karir mereka.

Kemudian, jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.