CV-GEN News

Dry Dock Kapal Pesiar: Rahasia Pemeliharaan Kapal

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada kapal pesiar saat berada di dermaga kering ? Saat kapal pesiar bersandar di dry dock, sebuah proses yang menarik dan sangat penting terjadi. Secara hukum, kapal pesiar wajib untuk menjalani dry dock setidaknya setiap tiga tahun sekali, meskipun beberapa perusahaan pelayaran memilih untuk mengeringkan kapal mereka lebih sering untuk melakukan perbaikan dan, dalam beberapa kasus, pemugaran.

Baca Juga : Bagaimana Menjadi Nahkoda Kapal? Adakah Sekolah Khusus?

Apa itu dok kering (Dry Dock)?

Dok kering, serupa dengan sistem kunci kanal, adalah jenis fasilitas dok yang dapat terbanjiri air, sehingga kapal pesiar dapat mengapung di dalamnya. Setelah kapal pesiar berada dalam dok kering dan ditempatkan pada penyangga, air akan terkuras. Ini mengungkapkan seluruh lambung kapal, memberikan akses kepada para pekerja galangan kapal untuk melakukan inspeksi yang Konvensi Internasional wajibkan untuk Keselamatan Kehidupan di Laut, dan melakukan perbaikan yang perlu.

Dry dock adalah fasilitas di mana kapal atau perahu dapat ditarik keluar dari air untuk perbaikan, pemeliharaan, atau konstruksi. Ini adalah area yang disediakan dengan dinding beton atau baja yang kedap air, sehingga air dapat dipompa keluar untuk menjaga kapal tetap kering selama pekerjaan dilakukan. Dry dock memungkinkan akses yang lebih mudah ke bagian bawah kapal yang biasanya terendam dalam air.

Selama berada di dok kering, kapal pesiar menjalani pemeliharaan, perbaikan, dan pemugaran. Pemeliharaan terjadwal mencakup pemeriksaan menyeluruh, pembersihan, dan kadang-kadang, pengecatan ulang. Baling-baling dan pendorong kapal juga harus mendapat pemeriksaan dengan cermat. Ketika kapal pesiar mengalami perubahan struktural atau perbaikan kosmetik, ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya.

Kapal pesiar yang lebih baru biasanya hanya perlu masuk ke dok kering setiap tiga hingga lima tahun sekali, sementara kapal pesiar yang lebih tua memerlukan perhatian lebih sering, mungkin setiap dua tahun sekali.

Lama waktu yang di dok kering habiskan bisa bervariasi, mulai dari beberapa hari hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, tergantung pada jenis perbaikan dan pemeliharaannya.

Kesimpulan : Dry Dock Kapal Pesiar

Dry Dock adalah alasan mengapa kapal pesiar terkenal sebagai salah satu tempat kerja teraman. Kapal-kapal ini menjalani pemeliharaan berkala yang ketat, mulai dari mesin hingga bodi, dan tidak ada yang terlupakan. Dengan proses dok kering yang mengesankan ini, kapal pesiar tetap dalam kondisi prima, memberikan pengalaman yang aman dan tak terlupakan bagi para penumpangnya.

Sumber Terkait :

Yuk, Jadi Kru Kapal Pesiar Profesional!

Tertarik menjadi seorang pelaut?

Yuk! Wujudkan impian menjelajahi lautan dunia sebagai seorang kru kapal pesiar profesional! cv-gen.com menghadirkan platform pelaut yang menjamin penempatan di kapal pesiar internasional.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari industri maritim yang menarik ini. Untuk itu, CV-Gen telah membuka pendaftaran untuk posisi kru kapal pesiar yang menarik di seluruh dunia. Kemudian, dengan mengunjungi Pelaut CVGEN, Anda akan memiliki akses ke berbagai peluang karir yang menantang dan mengasyikkan.

CVGEN dan layanan peluang kerja ke kapal pesiar dunia. Layanan termasuk pelatihan, dokumen kepelautan, STCW, diklat, dan juga tidak perlu cari kapal. Kemudian, yang paling penting, yaitu interview pihak perusahaan kapal pesiar datang langsung ke sekolah.

CVGEN dan layanan asrama bahasa inggris juga bekerjasama dengan kampung Inggris Pare. Asrama bahasa Jerman termasuk pemantapan bahasa Inggris dari nol sampai bisa conversation, lulus marlin test, atau lulus TOEFL dan IELTS sesuai target program ke negara maju.

Maka dari itu, bergabunglah dengan ribuan profesional maritim terampil dan berbakat yang telah memilih CV-Gen sebagai mitra karir mereka.

Kemudian, jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.